logo etawaku
Search
Close this search box.

Bun, Ini 3+ Resep MPASI 7 Bulan Penambah Berat Badan Si Kecil

Tahukah Bunda? Memasuki usia 7 bulan, umumnya bayi akan mengalami peningkatan berat badan sebesar 0,5 kg dari berat badannya saat usia 6 bulan loh! Tentu ini menjadi salah satu indikator yang baik bahwa bayi tumbuh dengan sempurna

Nah, agar pertumbuhannya semakin optimal, Bunda bisa memberikan resep mpasi 7 bulan penambah berat badan. Penasaran dengan rekomendasi resepnya? Yuk simak dalam artikel berikut ini!

Bunda, di periode emasnya, Si Kecil memang mengalami pertumbuhan fisik, motorik, serta kognitif yang sangat pesat. Memasuki usia 7 bulan saja, normalnya anak sudah mulai belajar merangkak, memutar badan, atau duduk lebih lama. 

Sudahkah Si Kecil Punya Berat Badan Ideal?

MPASI 7 BULAN

Selain kemampuannya yang semakin meningkat, berat badan Si Kecil juga perlu dipantau ya! Karena peningkatan berat badan bayi menjadi salah satu indikator pertumbuhan yang baik, sekaligus tanda bahwa Si Kecil terhindar dari stunting. 

Seperti dikutip dari laman Alodokter, rata-rata berat badan bayi perempuan usia 7 bulan adalah 6-9,5 kg, sementara bayi laki-laki adalah 7-10 kg. 

Tentu saja, perkembangannya ini harus didukung dengan memberikan stimulasi serta nutrisi yang tepat dan seimbang. Maka dari itu, Bunda bisa memberikan Si Kecil asupan nutrisi dengan memberikannya makanan pendamping ASI untuk bayi usia 7 bulan.

Resep MPASI 7 Bulan Penambah Berat Badan

Sebelumnya, ada satu hal yang perlu Bunda perhatikan sebelum membuat makanan pendamping ASI untuk anak usia 7 bulan, yaitu kadar gula dan garam yang digunakan. Pasalnya, pemberian gula dan garam berlebih pada bayi justru bisa meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan.

Asupan garam tambahan maksimal yang boleh dikonsumsi bayi usia 7 bulan yaitu 1 gram saja ya Bunda, atau setara dengan 0,4 gram natrium.

Sementara itu, pemberian gula tambahan bagi bayi usia 7 bulan sangat tidak disarankan. Jadi, biarkan Si Kecil merasakan rasa alami dari berbagai makanan ya Bun!

Sebagai referensi, Bunda bisa mencoba beberapa resep mpasi 7 bulan penambah berat badan berikut ini, yang tentunya disukai oleh anak-anak, nutrisinya lengkap, dan yang tak kalah penting resep ini mudah dibuat. Yuk simak!

1. Nasi Tim Daging Sapi

resep mpasi 7 bulan penambah berat badan - nasi tim daging sapi

Daging sapi yang digunakan dalam resep ini mengandung berbagai nutrisi seperti lemak yang bisa membuat berat badan meningkat dengan cara yang sehat. 

Selain itu, daging sapi juga menjadi sumber protein, zat besi, zinc, dan omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otaknya. Nah, Bunda bunda bisa membuat mpasi ini dengan mengikuti langkah berikut:

Bahan:

  • 75 gram daging sapi tenderloin yang teksturnya lembut dan empuk
  • 1 siung bawang putih
  • 1 buah bawang merah
  • Sedikit bawang bombay
  • 2 sendok teh tepung panir 
  • 1 sendok makan telur kocok lepas
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • Garam dan lada

Cara membuat:

  1. Potong daging kecil-kecil, lalu haluskan dengan food processor atau chopper. Jika tidak ada, Bunda juga bisa menggunakan blender maupun cincang manual.
  2. Haluskan bawang putih dan bawang merah, cincang halus bawang bombay.
  3. Campurkan daging yang telah dicincang dengan telur, tepung panir, tepung terigu, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, serta garam dan lada secukupnya, lalu aduk sampai rata. 
  4. Masukkan adonan ke dalam wadah anti panas, lalu kukus dengan api sedang selama 15-20 menit hingga matang.
  5. Sembari menunggu, Bunda bisa memasak nasi dengan tekstur lembek agar mudah dicerna oleh bayi ya!
  6. Setelah matang, matikan kompor, tunggu hingga hangat, dan nasi tim daging sapi yang lezat siap dinikmati. 

2. Alpukat Santan

resep mpasi 7 bulan penambah berat badan - alpukat santan

Bahan:

  • ½ buah alpukat
  • 1 sendok makan santan
  • ½ sendok makan tepung maizena
  • 1 keju belcube atau keju yang aman untuk mpasi
  • Air 

Cara membuat:

  1. Cuci alpukat dengan air mengalir hingga bersih.
  2. Kupas kulit alpukat, potong dagingnya kecil-kecil, dan haluskan dengan blender. 
  3. Setelah halus, masukkan di wadah terpisah. 
  4. Rebus air di dalam panci hingga mendidih. Masukkan santan, lalu aduk sebentar.
  5. Tambahkan tepung maizena dan keju ke dalam panci, aduk sampai mengental.
  6. Siramkan saus ke atas alpukat, tunggu sampai hangat, dan mpasi siap disantap.

3. Bubur Uduk Ayam

resep mpasi 7 bulan penambah berat badan - nasi uduk ayam

Menu ini memiliki nutrisi yang sangat lengkap loh, Bun! Mulai dari bubur sebagai sumber karbohidrat agar Si Kecil semakin berenergi, daging ayam sebagai sumber protein, serta aneka sayuran untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral hariannya.

Bahan:

  • 70 gram nasi
  • 30 gram dada ayam
  • 1 sendok teh wortel parut
  • 1 sendok teh tomat potong dadu
  • 25 mL air santan
  • Unsalted butter
  • 1 siung bawang putih
  • 1 butir bawang merah

Cara membuat:

  1. Masak nasi di dalam panci, campurkan dengan air santan dan air putih secukupnya.
  2. Tunggu hingga airnya menyusut dan tersisa sedikit. 
  3. Sambil menunggu bubur matang, cincang daging ayam dan haluskan bawang putih serta bawang merah.
  4. Di wadah lain, panaskan unsalted butter, tumis bumbu halus sampai harum.
  5. Masukkan daging ayam cincang, tambahkan air, tunggu sampai daging benar-benar matang dan bumbu meresap. Lalu, campurkan wortel parut. Aduk sebentar hingga rata.
  6. Setelah itu angkat tumisan daging ayam, dan campurkan ke dalam bubur.
  7. Tunggu sebentar sambil diaduk agar merata.
  8. Setelah matang, matikan kompor. Tunggu sampai hangat, ambil secukupnya, lalu saring bubur uduk daging ayam sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan. 

Baca Juga Artikel Lainnya: Resep MPASI 9 Bulan Penambah Berat Badan.

Buah Penambah Berat Badan Bayi 7 Bulan

Selain beberapa resep mpasi 7 bulan penambah berat badan di atas, Bunda juga bisa memberikan Si Kecil buah-buahan untuk menambah berat badannya ya! Nah, berikut ini beberapa rekomendasi buah yang bisa meningkatkan berat badan Si Kecil:

1. Pisang 

Buah yang memiliki tekstur lembut dan mudah dicerna ini memang disukai oleh anak-anak. 

Tak hanya memiliki rasa manis yang pas, pisang juga kaya akan kandungan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, serta mineral lain yang bisa meningkatkan berat badan Si Kecil.

Bunda bisa berkreasi dengan bahan ini saat membuat makanan pendamping ASI untuk Si Kecil ya, seperti dengan membuat bubur pisang, atau beragam makanan lain yang sedap dan menarik minat Si Kecil.

2. Peach 

Buah peach memiliki kandungan serat, niacin, vitamin A, serta vitamin C yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil. Tentunya, jika daya tahan tubuhnya baik, nafsu makannya bisa meningkat, sehingga berat badan Si Kecil pun bisa bertambah. 

3. Pear 

Buah ini sangat baik untuk dijadikan makanan padat pertama yang kaya akan nutrisi sekaligus bisa meningkatkan berat badan anak usia 7 bulan loh Bun! Selain disajikan dengan potongan kecil-kecil, Bunda juga bisa menghaluskan buah ini terlebih dahulu agar lebih mudah dikonsumsi ya!

4. Alpukat 

Siapa yang tidak tahu buah alpukat? Buah berkulit hijau ini memang dikenal sebagai sumber lemak nabati yang sangat baik untuk meningkatkan berat badan Si Kecil dengan sehat. Jadi, berikan alpukat sebagai selingan menu mpasi Si Kecil ya, Bun!

5. Pepaya 

Tahukah Bunda? Rupanya pepaya menjadi salah satu buah yang tinggi kalori loh! Jadi, Bunda bisa menggunakan pepaya sebagai menu mpasi Si Kecil dalam menambah berat badannya ya!

6. Mangga 

Perpaduan rasa manis, asam, dan segar dari buah mangga sangat cocok digunakan sebagai camilan sehat untuk Si Kecil dalam masa pertumbuhannya. Tak hanya itu, konsumsi mangga juga bisa meningkatkan berat badan Si Kecil.

7. Apel 

Kandungan antioksidan dan kalori dalam apel cukup tinggi, sehingga buah ini sangat cocok untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil sekaligus meningkatkan berat badannya.

Artikel Lainnya:

Cara Menambah Berat Badan Bayi Usia 7 Bulan

Memberikan resep mpasi 7 bulan penambah berat badan memang sangat penting. Namun, ada beberapa cara lain untuk menambah berat badan Si Kecil agar lebih optimal, yaitu:

  • Tetap berikan ASI. (Sebagai langkah aman untuk memperlancar ASI, Bunda bisa coba konsumsi susu Etawaku Platinum)
  • Jangan beri camilan terlalu sering karena dapat membuat Si Kecil enggan makan makanan pokok, sehingga berpengaruh pada berat badannya. 
  • Tentukan jadwal makan yang konsisten agar pola makan Si Kecil bisa terbentuk lebih dini.
  • Beri Si Kecil vitamin dan suplemen.

Itu dia informasi mengenai resep mpasi 7 bulan penambah berat badan, buah yang bisa digunakan untuk meningkatkan berat badan Si Kecil, serta tips lain untuk menambah berat badannya agar tetap ideal sesuai dengan pertumbuhannya. Selamat mencoba!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar