logo etawaku
Search
Close this search box.

4 Sayur yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Apa Saja?

Asam urat merupakan salah satu radang sendi yang umum terjadi. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri dan bengkak pada area kaki sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Banyak masyarakat yang mempercayai jika penderita asam urat dilarang mengonsumsi beberapa jenis sayuran. Lalu, apa sayur yang tidak boleh dimakan penderita asam urat?

Asam urat muncul saat terjadi penumpukan kristal urat pada sendi. Kristal urat ini terbentuk saat tubuh memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Sebagai informasi, secara alamiah, tubuh menghasilkan asam urat yang berfungsi untuk mengurai purin.

Setelah asam urat digunakan, maka asam urat akan dikeluarkan melalui urin. Namun, pada beberapa kasus, tubuhnya menghasilkan lebih banyak asam urat. Hal ini lah yang membuat asam urat dapat menumpuk kemudian membentuk kristal urat tajam di bagian sendi yang menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan rasa sakit.

Faktor Penyebab Asam Urat

asam urat

1. Riwayat Medis

Adanya riwayat medis tertentu dapat memicu munculnya asam urat. Adapun jenis riwayat medis dengan risiko asam urat yaitu diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi yang tidak diobati, penyakit ginjal, penyakit jantung, dan sindrom metabolik.

2. Berat Badan Berlebih

Banyak yang belum mengetahui, namun faktanya orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki risiko terkena asam urat. Sebab, orang dengan berat badan berlebih maka akan memproduksi lebih banyak asam urat. Di satu susu, ginjal juga akan lebih susah mengeluarkan asam urat dari tubuh.

3. Usia dan Jenis Kelamin

Umumnya, asam urat lebih sering terjadi pada laki-laki karena memiliki kadar asam urat yang lebih rendah. Namun, setelah wanita mengalami menopause, maka kadar asam urat dalam tubuhnya hampir sama dengan laki-laki. Sedangkan asam urat pada pria akan terjadi sekitar usia 30an.

Itu berarti, asam urat bisa terjadi baik untuk laki-laki maupun wanita, terutama di usia 30 an (bukan berarti di usia muda tidak mungkin terkena).

4. Obat-Obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan tertentu sangat tidak direkomendasikan karena bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Adapun jenis obat yang dapat meningkatkan asam urat yaitu obat untuk mengontrol hipertensi atau obat yang ditujukan bagi orang yang menjalani transplantasi organ.

5. Makanan Tertentu

Asam urat bisa terjadi karena disebabkan oleh makanan. Beberapa makanan dapat memicu asam urat seperti daging merah, minuman dengan fruktosa, dan alkohol. Tak hanya itu saja, beberapa jenis sayuran juga berisiko tinggi menyebabkan asam urat. 

Sayur yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

sayuran hijau yang tidak boleh dimakan penderita asam urat

1. Kembang Kol

Kembang kol merupakan jenis sayur yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Sebab, kembang kol memiliki kandungan purin yang tinggi yaitu 51 gram dalam takaran 100 gram kembang kol. Oleh karena itu sayuran ini menjadi pantangan bagi penderita asam urat. 

2. Bayam

Bayam memiliki kandungan zat besi, vitamin C, luteins, betakaroten dan flavonoid yang bagus untuk tubuh. Namun sayangnya bayam tidak baik untuk dimakan oleh penderita asam urat. Sebab, bayam memiliki kandungan purin yang tinggi yaitu 57 gram dalam takaran 100 gram bayam.

3. Brokoli

Brokoli terkenal sebagai sayuran yang memiliki gizi tinggi dan purin yang rendah. Wah berarti bisa dong dimakan penderita asam urat? Sayangnya tidak juga, meskipun memiliki kandungan purin yang rendah, namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gejala asam urat.

4. Asparagus

Asparagus masuk dalam golongan sayur yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat. Meskipun asparagus memiliki kandungan kalium dan tinggi folat, namun disatu sisi sayuran ini juga memiliki kandungan purin yang tinggi. Dalam takaran 100 gram asparagus memiliki kandungan purin sebanyak 23 gram. 

5. Kangkung

Siapa yang tidak suka kangkung? Pastinya hampir semua orang suka dengan sayuran yang satu ini. Sayangnya, kangkung menjadi sayuran hijau yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Meskipun kangkung memiliki kandungan purin yang rendah, namun jika dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan asam urat. Maka dari itu, penderita asam urat tidak boleh makan kangkung.

Itulah jenis sayur yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Meskipun begitu, bukan berarti penderita asam urat sama sekali tidak boleh mengonsumsi jenis sayuran tersebut. Tetap boleh, namun tidak boleh berlebihan.

Baca Juga: Tertarik mengobati asam urat dengan bekam? Kamu bisa ketahui tentang titik bekam asam urat di tangan.

Selain Sayuran Hijau, Berikut Makanan Lain Penyebab Asam Urat

Selain Sayuran Hijau, Berikut Makanan Lain Penyebab Asam Urat

Selain jenis sayuran di atas, ada beberapa makanan lain yang dapat menyebabkan asam urat yaitu:

1. Kismis

Kismis merupakan jenis anggur kering yang biasanya digunakan sebagai topping pada kue dan roti.

Kismis memiliki kandungan nutrisi yang baik seperti potasium, zat besi dan vitamin B. Meskipun kandungan nutrisinya banyak, namun kismis memiliki kandungan purin yang tinggi juga yaitu 107 mg dalam takaran 100 gram kismis.

Oleh karena itu, bagi penderita asam urat tidak boleh mengonsumsi kismis secara berlebihan.

2. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan ternyata dapat menyebabkan asam urat loh. Sebab, kacang-kacangan memiliki kandungan purin sebanyak 200 mg dalam takaran 100 gram. Bagi penderita asam urat, tidak boleh mengonsumsi kacang-kacangan secara berlebihan.

3. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang banyak disukai orang. Buah ini memiliki kandungan potasium yang baik untuk menetralkan aliran darah. Namun disatu sisi, buah ini juga mengandung purin sebanyak 57 mg dalam takaran 100 gram. Sebenarnya tidak masalah penderita asam urat mengonsumsi pisang, namun secukupnya saja.

4. Udang 

Udang merupakan makanan laut yang dapat meningkatkan risiko kolesterol. Tak hanya itu, dalam udang juga mengandung 147 mg purin untuk takaran 100 gram. 

5. Tiram

Oyster atau tiram saat ini sangat diminati masyarakat. Selain enak, makanan ini mengandung sejumlah gizi baik seperti selenium, zink, dan zat besi. Namun bagi penderita asam urat, sangat tidak disarankan mengonsumsi tiram dalam jumlah banyak. Sebab, tiram mengandung 90 mg purin dalam takaran 100 gram, oleh karena itu harus hati-hati.

6. Kerang

Kerang kaya akan vitamin B12 untuk mencegah anemia dan lelah. Namun, kerang juga memiliki kandungan purin sebanyak 136 mg dalam takaran 100 gram. Artinya, kerang dapat memicu asam urat apabila dikonsumsi secara berlebihan. 

7. Jamur

Jamur saat ini menjadi makanan yang banyak disukai orang-orang. Selain rasanya yang lezat, jamur juga memiliki kandungan gizi seperti selenium, vitamin D, dan betaglukan.

Tak hanya itu saja, jamur juga memiliki kandungan purin sebanyak 58 gram untuk takaran 100 gram. Dengan demikian, mengonsumsi jamur berlebihan akan menyebabkan asam urat.

8. Daging Ayam

Daging ayam menjadi makanan favorit semua orang. Selain rasanya yang enak, daging ayam juga memiliki sejumlah kandungan gizi seperti protein, vitamin B3, dan selenium. Namun banyak yang belum mengetahui, ternyata daging ayam juga memiliki kandungan purin loh. Untuk takaran 100 gram daging ayam mengandung setidaknya 170 mg purin.

9. Salmon

Ikan salmon terkenal memiliki kandungan gizi yang bagus untuk otak dan jantung. Disisi lain, salmon juga mengandung purin yang cukup tinggi loh. Untuk porsi 100 gram mengandung 170 mg purin.

10. Daging Bebek 

Meskipun memiliki rasa yang enak, namun daging bebek ternyata mengandung purin yang cukup tinggi loh. Untuk porsi 100 gram daging bebek mengandung setidaknya 138 mg. Kandungan ini cukup tinggi sehingga bagi penderita asam urat tidak boleh mengonsumsi dalam jumlah yang banyak. 

Atasi Asam Urat dengan Susu Etawaku

Gejala asam urat dapat menyebabkan sakit yang luar biasa. Tak hanya itu, gejala asam urat juga membuat kaki menjadi bengkak dan merah. Selain membatasi makanan yang mengandung purin tinggi, perlu juga mengonsumsi produk untuk mencegah datangnya asam urat seperti minum Susu Etawaku Platinum.

Etawaku Platinum merupakan produk susu kambing yang terbuat dari kambing etawa murni. Manfaat utamanya yaitu meningkatkan kepadatan tulang sendi dan mengatasi masalah pernapasan. Selain itu, masih terdapat banyak manfaat lain, termasuk untuk mengatasi asam urat.

Mengonsumsi Etawaku Platinum akan mencegah penderitanya dari gejala asam urat. Tak hanya itu, Etawaku Platinum juga dapat membantu menjaga fungsi kekebalan tubuh sehingga membuat terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Meskipun terbuat dari susu kambing, namun susu Etawaku Platinum tidak bau prengus. Susu ini juga dikombinasikan dengan krimer nabati sehingga rasanya menjadi lebih enak tanpa bau. Cocok banget untuk kamu jadikan andalan sebagai susu untuk asam urat.

Setelah mengetahui berbagai pantangan makanan seperti jenis sayur yang tidak boleh dimakan penderita asam urat maupun makanan lainnya, tentu saja kamu harus mulai menghindari makanan-makanan di atas agar asam urat tidak semakin parah, ya!

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar