logo etawaku
Search
Close this search box.

7 Titik Bekam Asam Urat di Tangan dan Kaki yang Benar

Asam urat seringkali dirasakan di area persendian, terutama di tangan dan kaki akibat tingginya kadar asam dalam darah.

Untukmu yang ingin mencoba mengatasi masalah tersebut dengan bekam, maka kamu harus tahu di mana saja titik bekam asam urat di tangan dan kaki. Bekam diketahui memang menjadi salah satu metode terapi yang dapat digunakan untuk meringankan gejala asam urat.

Penyakit asam urat disebabkan oleh adanya penumpukan kadar asam dalam tubuh, salah satunya karena gaya hidup yang kurang sehat, seperti makan makanan yang memiliki kadar purin tinggi.

Bekam menjadi salah satu metode terapi alternatif kuno yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit, mulai dari mengurangi nyeri otot pinggang, migrain, tekanan darah tinggi, hingga stroke dan asam urat. 

Tradisi bekam telah banyak digunakan dalam sistem pengobatan kuno di berbagai daerah, seperti Tiongkok dan Timur Tengah.

Manfaat Bekam untuk Mengatasi Asam Urat

manfaat bekam untuk mengatasi asam urat

Terapi ini menggunakan alat berupa cangkir khusus yang menghasilkan tekanan, sehingga bisa menarik kulit dan mengeluarkan racun dalam tubuh, termasuk asam urat yang menjadi limbah setelah proses pencernaan makanan, serta membantu mengeluarkan darah kotor. 

Efeknya, terapi ini bisa membantu kamu untuk:

  • Melancarkan aliran darah,
  • Memperbaiki kinerja sistem saraf,
  • Meningkatkan imunitas tubuh,
  • Membuat tubuh menjadi lebih rileks, dan
  • Menurunkan kadar asam urat.

Berdasarkan penelitian dalam Prohealth Journal, metode bekam dinilai bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara signifikan. 

Hal ini disebabkan karena terapi bekam bisa membuat aliran darah menjadi lebih lancar dengan cara meluaskan pembuluh darah, dan mengurangi cairan yang menyebabkan peradangan. 

Selain itu, metode ini juga bisa mengeluarkan kristal asam urat dari persendian dan jaringan di sekitarnya, sehingga gejala asam urat seperti rasa nyeri, adanya peradangan dan pembengkakan bisa berkurang secara bertahap. 

Perlu diperhatikan, pemilihan titik bekam yang tepat juga akan sangat berpengaruh terhadap proses penyembuhan asam urat. Berikut ini titik bekam asam urat di tangan dan kaki agar terapi ini bisa berjalan dengan efektif.

Titik Bekam Asam Urat di Tangan

Untuk menangani asam urat, ada beberapa titik bekam di tangan. Beberapa titik pembekaman berikut ini bisa digunakan untuk mengobati nyeri akibat asam urat yang sering muncul di bagian pergelangan tangan serta daerah persendian pada jari tangan. 

Titik bekam untuk mengatasi asam urat di tangan yaitu berada di punggung tangan. Melakukan bekam di titik ini bertujuan untuk mengeluarkan darah kotor yang terdapat pada sekitar persendian. 

Dengan mengeluarkan darah kotor tersebut, maka tubuh bisa menjadi lebih rileks. Namun, apabila daerah persendian tersebut mengalami pembengkakan, sebaiknya kamu mencari titik bekam di sekitar sendi yang bengkak, alih-alih di atas persendian langsung.

Ada tiga titik khusus untuk melakukan pembekaman, yaitu:

  • Dua jari di bawah pergelangan tangan
  • Dua jari di atas pergelangan tangan
  • Di samping luar, sekitar empat jari di bawah kelingking

Sebelum melakukan pembekaman di ketiga titik tersebut, sebaiknya lakukan bekam terlebih dahulu di titik al kaahlil, yang terletak di antara dua pundak, lalu ikuti pada titik al warik yang terletak di dekat ginjal kanan dan kiri.

Pembekaman di kedua titik tersebut bertujuan agar darah kotor dan racun bisa terbuang dengan optimal, serta memperbaiki fungsi ginjal dalam menyaring zat purin dalam darah, sehingga risiko asam urat menjadi menurun. 

Titik Bekam Asam Urat di Kaki

Setelah melakukan bekam di tangan, ahli bekam akan melanjutkan terapi ini di bagian kaki, karena asam urat seringkali dirasakan pada persendian jempol kaki serta pergelangan kaki. 

Letak titik bekam untuk meredakan asam urat di bagian kaki meliputi beberapa bagian, yaitu:

  • Di punggung kaki, yang terletak sekitar tiga jari di atas sendi jempol kaki
  • Di bawah mata kaki sebelah dalam
  • Sebelah dalam atas mata kaki yang terletak sekitar tiga jari
  • Di tengah betis

Biasanya, terapi bekam di bagian punggung kaki untuk mengatasi asam urat dilakukan minimal dua minggu sekali. Namun, frekuensi tersebut juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. 

Dengan melakukan metode bekam di beberapa titik tersebut, purin, darah kotor, serta berbagai senyawa yang menjadi racun dalam tubuh bisa keluar, sehingga persendian yang terkena asam urat terasa lebih ringan. 

Sebagai tambahan informasi, lama terapi bekam bisa berbeda-beda.

Jika kamu ingin melakukan bekam kering, terapi ini mungkin hanya memakan waktu antara 5-10 menit. Sementara untuk metode bekam basah bisa jadi membutuhkan waktu yang lebih lama. 

Efek Samping Bekam

Manfaat dari terapi bekam ini memang cukup menjanjikan. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. 

Sebagaimana terapi alternatif lainnya, bekam juga memiliki beberapa efek samping. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena efek samping dari bekam hanya menyebabkan beberapa kondisi yang ringan, seperti:

  • Muncul bekas lingkaran bekam pada kulit sehingga warna kulit berubah
  • Pusing 
  • Berkeringat
  • Mual
  • Muncul rasa sakit pada bekas sayatan

Kesimpulan

Jenis bekam untuk membantu mengurangi kadar asam urat pada tubuh biasanya menggunakan bekam basah, yaitu proses bekam untuk membuang darah kotor melalui permukaan kulit.

Caranya yaitu dengan melakukan sayatan atau tusukan halus agar darah kotor dalam kapiler epidermis bisa keluar. 

Tentu saja, metode ini harus dilakukan oleh orang yang ahli dan tidak boleh melakukannya sendiri tanpa pengawasan. Sebelum melakukan terapi ini, kamu juga sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengingat ada juga beberapa titik bekam yang dilarang.

Itu dia informasi mengenai titik bekam asam urat di tangan dan kaki yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan terapi ini.

Sebagai catatan, metode bekam hanya bisa digunakan untuk melengkapi pengobatan medis ya! Artinya, kamu tetap perlu melakukan pemeriksaan asam urat secara rutin.

Agar hasil penyembuhan asam urat menjadi lebih optimal, kamu juga bisa minum secara rutin Etawaku Platinum, Susu untuk Asam Urat yang dapat membantu mengeluarkan zat purin dalam tubuh.

Kamu tidak perlu khawatir, karena susu Etawaku memiliki kadar lemak dan gula yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam urat serta diabetes. 

Selain itu, kandungan nutrisi dalam susu ini juga 3x lebih baik daripada susu sapi loh! Jadi, Etawaku bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan gizi harian agar siap menjalani hari dengan lebih semangat.

Yuk beli Etawaku sekarang dan rasakan manfaatnya! Karena Etawaku lebih murni, lebih kaya nutrisi.

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar