logo etawaku
Search
Close this search box.

Susu untuk Asam Urat

Mungkin kamu sering mendengar mengenai beberapa saran untuk menyembuhkan asam urat, salah satunya dengan mengonsumsi susu. Namun, apakah penderita asam urat boleh minum susu?

Yuk kita cari tahu fakta mengenai manfaat susu untuk asam urat, rekomendasi produk susu asam urat, dan berbagai tips untuk mengatasinya.

Asam urat merupakan salah satu bentuk peradangan yang terjadi pada area persendian. Biasanya, asam urat ditunjukkan oleh beberapa gejala, seperti munculnya pembengkakan, nyeri, dan rasa panas pada sendi. 

susu untuk penderita asam urat

Asam urat bisa terjadi karena penumpukan kristal urat dalam sendi. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan hiperurisemia. Munculnya tumpukan kristal urat ini berkaitan dengan adanya gangguan dalam tubuh saat mengurai purin yang terdapat dalam makanan. 

Purin ini memiliki peran penting bagi tubuh dalam mengatur pertumbuhan sel dan menyediakan energi. Jika sudah diurai, zat ini akan dikeluarkan melalui urin. 

Terrganggunya fungsi ginjal akan memicu terbentuknya kristal urat tajam pada sendi dan jaringan di sekitarnya. Hal inilah yang menyebabkan sensasi nyeri bahkan pembengkakan.

Penyebab Asam Urat

Sebelum membahas soal susu untuk asam urat, kamu sebaiknya kenali dulu beberapa penyebab kenapa asam urat bisa terjadi, diantaranya:

  • Sering mengonsumsi makanan tinggi purin, seperti daging merah, jeroan, kerang, minuman beralkohol, serta minuman dengan kadar fruktosa yang tinggi. 
  • Memiliki berat badan berlebihan.
  • Kondisi medis lain seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung serta ginjal.
  • Konsumsi beberapa jenis obat-obatan seperti ACE inhibitor maupun beta blocker untuk mengatasi tekanan darah tinggi.
  • Faktor Keturunan
  • Usia dan jenis kelamin.
  • Akibat Operasi atau trauma.

Merk Susu yang Bagus untuk Penderita Asam Urat

Manfaat Minum Susu untuk Penderita Asam Urat

Jika kamu memiliki asam urat, salah satu hal yang harus kamu lakukan yaitu mengubah kebiasaan dari yang semula suka minum minuman manis dengan kadar fruktosa tinggi, menjadi rutin minum susu. 

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Arthritis Foundation, mengonsumsi susu dengan kandungan lemak yang rendah bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh serta meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urin. 

Itulah alasan kenapa seseorang yang menderita asam urat sebaiknya memilih susu rendah lemak jika ingin mengonsumsinya.

Untuk susu rendah lemak, kamu bisa pilih Susu Kambing Etawaku Platinum yang memiliki manfaat tersendiri untuk asam urat. Merk susu ini bagus untuk penderita asam urat karena kadar lemak dalam susunya yang rendah.

Tak hanya itu, kandungan lemak yang ada juga termasuk dalam golongan asam lemak esensial yang bisa dibakar dengan cepat oleh tubuh.

Beli Paket 2 Box Susu Etawaku

Apakah Susu Etawaku bisa diminum untuk yang memiliki kolesterol? Mengenai hal itu, Etawaku Platinum bisa diminum oleh penderita kolesterol, dengan catatan tetap mengikuti aturan minumnya, ya!

infografis artikel Susu Kambing untuk Asam Urat

Selain Susu, Berikut Tips Lain Mengatasi Asam Urat

Selain rutin mengonsumsi susu Etawaku untuk mengatasi asam urat, kamu juga bisa melakukan beberapa tips berikut ini agar hasilnya semakin optimal:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Alih-alih mengonsumsi makanan tinggi purin, kamu bisa mengganti menu makanmu agar lebih sehat. Kebiasaan ini bisa dimulai dengan cara yang mudah dan menyenangkan dengan cara sebagai berikut:

  • Kurangi konsumsi daging merah dan sumber purin lainnya, ganti dengan daging ayam, ikan, telur, atau olahan tempe dan tahu.
  • Perbanyak konsumsi sayuran tinggi antioksidan, seperti tomat, wortel, atau brokoli.
  • Konsumsi makanan tinggi serat untuk membantu penyerapan asam urat, seperti oatmeal, pisang, apel, atau berbagai bahan lainnya. 

2. Rutin Olahraga

Menurut rekomendasi para ahli, setidaknya kita perlu berolahraga dan melakukan aktivitas fisik lainnya selama minimal 150 menit dalam satu minggu.

Jika kamu merasa tidak sempat melakukan olahraga, kamu masih bisa loh, melakukan peregangan ringan saat bangun tidur, bahkan saat bekerja sebagai selingan, karena aktivitas ini sangat sayang untuk dilewatkan. 

Selain bisa mencegah asam urat, rutin berolahraga juga bisa membuat mood menjadi lebih baik.

3. Jaga Berat Badan Ideal

Berat badan yang ideal membantu persendian kita tetap terjaga dari tekanan yang berlebihan, terutama pada pinggul dan lutut.

Selain itu, orang yang memiliki berat badan ideal juga berisiko lebih rendah untuk terkena radang sendi. 

4. Periksa ke Dokter

Apabila berbagai langkah tersebut telah kamu lakukan tetapi asam urat tak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter, ya!

Hal ini sangat penting dilakukan, apalagi jika kamu memiliki penyakit kronis seperti diabetes atau penyakit jantung. Biasanya, dokter akan memberikan rekomendasi penanganan lanjutan. 

Rekomendasi artikel lainnya: Kaki Terasa Ngilu dan Pegal.

Itu dia penjelasan mengenai konsumsu Susu untuk Asam Urat, mengonsumsi susu bisa dibilang menjadi cara yang enak dalam mengatasi penyakit yang satu ini.

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar