logo etawaku
Search
Close this search box.

Asam Urat Bolehkah Makan Kangkung? Ini Penjelasannya Secara Medis

Siapa yang tidak kenal dengan kangkung? Salah satu sayuran hijau yang bisa tumbuh dengan mudah di daerah perairan ini memang seringkali dimasak sebagai tumisan lezat. Tapi, rupanya sayuran ini dikenal sebagai pantangan bagi penderita asam urat. 

Namun mengenai hal itu, masih banyak yang bertanya-tanya kebenaran dari Asam Urat Bolehkah Makan Kangkung atau tidak?

Banyak spekulasi mengenai kangkung yang termasuk dalam sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat, ada juga yang mengatakan boleh-boleh saja.

Mengonsumsi aneka jenis sayuran merupakan salah satu cara untuk menerapkan pola hidup sehat. Bukan tanpa alasan, namun sayur memang memiliki berbagai kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh, seperti kangkung.

Penderita Asam Urat Bolehkah Makan Kangkung?

Penderita Asam Urat Bolehkah Makan Kangkung

Kangkung memiliki banyak serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Namun selain itu, kangkung juga memiliki kadar purin sedang. Menurut data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dalam 100 gram kangkung, kandungan purinnya sekitar 9-100 mg

Nah, meskipun kangkung memiliki kadar purin dalam jumlah sedang, namun, sayuran ini masih tetap bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat asal dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. 

Selain itu, perlu diperhatikan juga, jika kamu memiliki kadar asam urat tinggi, maka sebaiknya tidak mengonsumsi olahan tumis kangkung yang dicampur dengan cumi, udang, serta berbagai makanan laut lainnya ya!

Jangan lupa untuk selalu memenuhi asupan cairan tubuh setiap hari agar fungsi ginjal dalam memproses purin bisa menjadi semakin optimal dan bisa dikeluarkan melalui urin, sehingga tidak menyebabkan pembentukan kristal asam urat yang berbahaya bagi tubuh. 

Mungkin kamu butuh informasi ini juga: Asam Urat Boleh Makan Jengkol?

Rekomendasi Sayur untuk Asam Urat Selain Kangkung

Berikut beberapa jenis Sayur yang boleh dimakan oleh penderita asam urat karena bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah serta mengurangi rasa nyeri, yaitu:

1. Wortel 

Wortel memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menurunkan kadar asam urat. Selain itu, wortel juga memiliki serat yang tinggi, sehingga bisa membantu melarutkan asam urat.

Kamu bisa mengolah wortel menjadi aneka makanan lezat, seperti tumisan atau bisa juga dibuat jus yang segar.

2. Terong dan tomat

Terong dan tomat sama-sama memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk membantu mengatasi asam urat. Selain itu, kedua sayuran ini juga mengandung antioksidan sehingga bisa membantu tubuh dalam melawan penyakit, seperti asam urat. 

Konsumsi terong atau tomat juga kerap kali dilakukan oleh orang yang sedang berada dalam program diet.

Pasalnya, kedua sayuran ini memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga bisa membantu berat badan tetap ideal dan menurunkan risiko asam urat. 

3. Brokoli

Selain memiliki bentuk yang unik, brokoli kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan loh! Kedua kandungan tersebut sangat baik untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh, serta mengatasi berbagai masalah kronis. 

4. Kentang 

Di beberapa daerah, kentang seringkali menjadi makanan pokok pengganti nasi. Tak heran, kentang memang menjadi salah satu sumber energi yang bisa membantu tubuh agar siap beraktivitas seharian. 

Tak hanya itu, kandungan purin dalam kentang ternyata sangat rendah loh! Maka dari itu, mengonsumsi kentang dalam jumlah yang cukup bisa membantu melancarkan pencernaan tanpa memicu asam urat. 

5. Jamur 

Serupa dengan kangkung, sebenarnya kandungan purin dalam jamur tergolong sedang. Dikutip dari laman Purine Direct, setiap 100 gram jamur tiram, terdapat kandungan purin sekitar 38 mg. Tentu saja, konsumsi jamur dalam jumlah yang wajar tidak memicu asam urat. 

Selain kandungan purinnya yang rendah, jamur juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori. Hal ini menyebabkan jamur menjadi salah satu bahan makanan yang direkomendasikan untuk diet dan menjaga berat badan tetap ideal. 

Selain sayur, kamu juga bisa mengonsumsi susu kambing sebagai susu untuk mengatasi asam urat yang ampuh karena manfaatnya yang luar biasa.

Nah, itu dia penjelasan mengenai Asam Urat Bolehkah Makan Kangkung! Sudah terjawab ya, kangkung ternyata boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, asalkan masih dalam jumlah wajar.

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar