logo etawaku
Search
Close this search box.

Merk Susu Bebas Laktosa untuk Dewasa: Apa Itu dan Manfaatnya

Memilih merk susu bebas laktosa untuk dewasa diperlukan jika kamu memiliki intoleransi laktosa.

Laktosa sendiri merupakan jenis karbohidrat yang terkandung secara alami dalam susu yang terbentuk dari glukosa dan galaktosa. Laktosa inilah yang membuat susu bisa dijadikan sebagai sumber energi bagi tubuh. 

Bukan hanya itu, kandungan laktosa dalam susu juga memiliki peran lain, yaitu untuk meningkatkan tubuh dalam menyerap kalsium dan berbagai mineral lain, serta menjadi prebiotik yang baik bagi saluran pencernaan. 

Alasan Kenapa Susu Bebas Laktosa untuk Dewasa itu Penting

Alasan Kenapa Susu Bebas Laktosa untuk Dewasa itu Penting

Ada sekitar 68% populasi dunia yang mengalami kesulitan dalam mencerna laktosa akibat kurangnya enzim laktase dalam tubuh, sehingga zat ini hanya diubah menjadi gas yang memicu berbagai gangguan pencernaan. 

Ada beberapa hal yang bisa memicu seseorang mengalami intoleransi laktosa, seperti:

  • Intoleransi laktosa primer yang dipengaruhi oleh ras
  • Intoleransi laktosa sekunder akibat efek samping operasi atau konsumsi jenis obat tertentu
  • Intoleransi laktosa bawaan yang disebabkan oleh kelainan genetik sehingga tubuh tidak memproduksi enzim laktase sejak bayi.

Selain itu, berbagai faktor seperti penambahan usia, kelahiran prematur, adanya penyakit tertentu yang menyerang organ sistem pencernaan, serta efek samping dari tindakan medis seperti kemoterapi juga bisa meningkatkan risiko intoleransi laktosa.

infografis artikel - susu bebas laktosa

Intoleransi laktosa bisa dialami oleh siapa saja, termasuk orang dewasa. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan diare, sering buang angin, perut kembung, serta gangguan pencernaan lainnya setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung laktosa, seperti susu. 

Orang yang memiliki kondisi intoleransi laktosa masih bisa mengonsumsi susu dengan kadar laktosa rendah atau produk susu bebas laktosa. 

Susu Bebas Laktosa Adalah

Susu Bebas Laktosa Adalah

Pada dasarnya, susu bebas laktosa merupakan produk susu formula yang tidak memiliki kandungan laktosa sama sekali. Berbeda dengan produk susu rendah laktosa yang masih memiliki kadar laktosa dalam jumlah yang lebih sedikit daripada produk susu pada umumnya.

Susu bisa rendah laktosa karena sudah melalui proses hidrolisis, penambahan enzim laktase, serta pasteurisasi. Penambahan enzim laktase yang semakin banyak membuat kadar laktosa dalam susu semakin rendah. 

Tentunya, konsumsi produk susu ini juga bisa disesuaikan dengan jenis intoleransi laktosa yang dimiliki.

Misal, jika jenis intoleransi laktosa yang kamu alami adalah tipe primer, maka kamu masih bisa mengonsumsi susu rendah laktosa.

Orang yang memiliki intoleransi laktosa tipe primer masih bisa menerima kadar laktosa sebanyak 12 gram setiap hari tanpa menimbulkan gejala. 

Sementara itu, jika kamu mengalami intoleransi laktosa tipe sekunder, kamu perlu memilih produk susu bebas laktosa hingga penyakit yang mendasarinya sembuh. 

Manfaat Merk Susu Bebas Laktosa untuk Dewasa

Selain bisa menurunkan risiko munculnya gejala intoleransi laktosa, minum susu bebas laktosa ternyata menyimpan berbagai manfaat lain, seperti:

1. Menjaga Sistem Pencernaan

Susu rendah laktosa maupun bebas laktosa memiliki sifat yang lebih mudah dicerna oleh tubuh karena penambahan enzim laktase dalam susu tanpa menyebabkan masalah pencernaan. 

Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi intoleransi laktosa, yang lebih rentan mengalami gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, diare, perut kembung, dan sebagainya.

2. Menjaga Kesehatan Hati

Umumnya, produk susu bebas laktosa untuk dewasa memiliki kandungan lemak yang lebih rendah daripada jenis susu lainnya, sehingga hati tidak perlu bekerja dengan sangat keras. 

Bukan hanya itu, susu bebas laktosa juga tinggi kandungan mineral yang sangat baik dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

3. Menjaga Massa Otot

Kandungan protein lengkap serta asam amino yang ada dalam susu bebas laktosa bisa membantu menjaga massa otot serta memperbaiki fungsi sistem saraf.

4. Menjaga Kekuatan Tulang

Susu bebas laktosa untuk dewasa juga memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi. Dalam satu gelasnya saja, konsumsi susu bebas laktosa bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian sebanyak 30% dan vitamin D sebanyak 25%.

Hal ini tentu akan sangat baik dalam menjaga kekuatan tulang agar tidak mudah keropos. 

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat ini masih berkaitan dengan sifat susu kambing yang mudah dicerna tubuh. Tentunya, jika sistem pencernaan baik, maka penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih optimal. 

Selain itu, lengkapnya nutrisi yang terdapat dalam susu bebas laktosa untuk dewasa juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa melawan berbagai infeksi penyebab penyakit.

Jenis Susu Bebas Laktosa untuk Dewasa

Jika kamu penasaran untuk mencoba jenis susu rendah laktosa yang bisa dikonsumsi untuk dewasa, berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Susu Kedelai

Produk susu nabati ini merupakan jenis susu bebas laktosa untuk dewasa yang memiliki kandungan lemak jenuh rendah, tinggi serat, dan bebas kolesterol. 

Meski demikian, konsumsi susu kedelai tidak bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D harian, karena jumlahnya sangat sedikit. 

Susu kedelai tidak hanya baik untuk dikonsumsi orang dengan intoleransi laktosa, namun juga bisa digunakan sebagai susu diet karena rendah kalori. 

2. Susu Almond

Susu almond yang berbahan dasar kacang almond ini juga bisa menjadi pilihan saat kamu mencari jenis susu bebas laktosa untuk dewasa. 

Memilih susu almond sangat cocok dan direkomendasikan jika kamu memiliki intoleransi laktosa. Jenis susu ini memiliki berbagai keunggulan yang patut dipertimbangkan, seperti rendah gula dan kalori, serta kaya antioksidan dan kalsium. 

Kamu bisa membuat susu almond sendiri di rumah dengan cara yang mudah sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan yang dibutuhkan, yaitu:
  • 200 gram kacang almond mentah
  • 600 mL air matang suhu ruang
  • 3 butir kurma
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan madu
  1. Cuci kacang almond hingga bersih, lalu rendam semalaman agar mengembang dan teksturnya lebih empuk.
  2. Bilas kacang almond hingga bersih.
  3. Blender almond, kurma, dan air matang hingga halus, lalu saring dengan kain bersih agar terbebas dari ampas.
  4. Sesuaikan tingkat kekentalan susu almond sesuai selera, kemudian panaskan sebentar (jangan sampai mendidih).
  5. Campurkan sedikit garam, madu, serta gula sesuai selera, lalu aduk rata. 
  6. Susu almond yang sehat dan nikmat siap disajikan. 

Etawaku Platinum, Merk Susu Rendah Laktosa untuk Dewasa

Susu bebas laktosa untuk dewasa tidak melulu susu nabati, ya! Ada juga produk susu hewani yang rendah laktosa dengan kualitas unggul, yaitu susu Etawaku Platinum

Kandungan laktosa dalam susu Etawaku Platinum hanya 11-12 gram dalam setiap cangkirnya. Jumlah ini tentu sangat aman untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah intoleransi laktosa tipe primer. 

Spesial Promo Susu Etawaku

Etawaku Platinum juga memiliki kadar gula yang rendah, sehingga cocok dikonsumsi harian (Daily Use). Begitupun dengan penderita Diabetes yang juga bisa ikut mengonsumsinya.

Selain karena rendah laktosa, Etawaku menjadi susu yang baik untuk kesehatan dan kekuatan tubuh karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi, protein, dan berbagai nutrisi penting lainnya yang 3x lebih banyak dibandingkan susu sapi.

Yang tak kalah penting, Susu Kambing Etawaku platinum tidak memicu alergi karena susunya lebih mudah dicerna tubuh.

Catatan: Tidak hanya untuk dewasa, Etawaku bisa dikonsumsi oleh anak-anak, remaja, hingga lansia (minimal untuk usia 1 tahun ke atas).

Baca Juga Artikel Lainnya:

Itu dia pembahasan mengenai merk susu bebas laktosa untuk dewasa, semoga bermanfaat ya! Jangan lupa sebarkan artikel ini ke semua sosial media kamu agar informasinya bisa tersebar lebih luas!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar