logo etawaku
Search
Close this search box.

5+ Contoh Makanan yang Mengandung Laktosa Tinggi, Bukan Hanya Susu!

Tidak hanya susu, ada beberapa makanan yang mengandung laktosa tinggi. Bagi kamu yang memiliki masalah intoleransi laktosa, maka wajib tahu apa saja makanan yang di maksud.

Karena salah-salah, kamu bisa merasakan efek samping yang negatif dari laktosa yang dimakan. Laktosa sendiri merupakan jenis gula alami yang terdapat dalam susu dan produk turunannya.

Menariknya, saat kecil, tubuh kita bisa mencerna laktosa yang terdapat dalam ASI karena enzim laktase. Namun seiring bertambahnya usia, beberapa orang mulai kehilangan kemampuan tersebut. Inilah yang dinamakan dengan intoleransi laktosa. 

Beberapa masih bisa mencerna laktosa dalam kadar rendah, ada juga yang sama sekali tidak bisa mencerna laktosa.

Ada sekitar 75% orang populasi dunia yang memiliki kondisi tersebut.

Jika dengan sengaja atau tidak makan makanan yang mengandung laktosa, maka bisa mengalami gejala seperti diare, sakit perut, dan masalah pencernaan lainnya.

Makanan yang Mengandung Laktosa Tinggi

Hasil dari beberapa penelitian memperkirakan bahwa intoleransi laktosa dialami oleh sekitar 5-17% orang Eropa, 44% orang Amerika, serta 60-80% orang Afrika dan Asia.

Nah, jika kamu termasuk ke dalam kelompok orang yang memiliki intoleransi laktosa, maka kamu perlu memperhatikan beberapa contoh makanan yang mengandung laktosa sebagai berikut:

1. Susu 

Secara alami, semua jenis susu memang menjadi salah satu makanan yang mengandung laktosa tinggi, mulai dari susu sapi, susu kambing, susu kerbau, bahkan dalam air susu ibu (ASI).

Dalam satu cangkir susu full krim misalnya, kandungan laktosanya mencapai 13 gram. Sementara itu, susu skim mengandung laktosa sebanyak 12-13 gram. 

Satu hal yang perlu kamu perhatikan, susu merupakan salah satu bahan dasar dari berbagai jenis bahan makanan seperti mentega, margarin, krimer, dan sebagainya. 

Maka dari itu, jika kamu memiliki intoleransi laktosa, perhatikan baik-baik komposisi bahan dan informasi nilai gizi yang terdapat dalam berbagai bahan makanan tersebut.

2. Keju 

Produk makanan turunan dari susu ini memiliki kandungan laktosa yang cukup tinggi, terutama jenis keju lunak seperti keju krim, keju cottage, mozzarella, serta ricotta. 

Sementara itu, jenis keju keras seperti parmesan, keju swiss, dan keju cheddar memiliki sifat yang lebih mudah dicerna karena kandungan laktosanya semakin menurun ketika proses pembuatan. 

3. Krim 

Aneka produk makanan yang terbuat dari krim, seperti es krim, keju krim, mentega, atau custard juga sebaiknya dihindari oleh penderita intoleransi laktosa, karena kadar laktosa dalam makanan ini cukup tinggi. 

4. Yoghurt 

Sama seperti beberapa jenis keju, beberapa jenis yoghurt sebagai salah satu produk olahan susu ini juga bisa menimbulkan reaksi intoleransi laktosa. 

Meski demikian, ada beberapa produk yoghurt yang memiliki kadar laktosa cukup rendah setelah mengalami pemecahan saat proses pembuatannya. 

5. Cokelat Susu

Sebenarnya, kadar laktosa yang terdapat dalam cokelat susu lebih rendah jika dibandingkan dengan susu murni maupun produk krim. Namun, tetap saja makanan yang mengandung laktosa ini tidak disarankan untuk orang yang memiliki masalah intoleransi laktosa. 

Rekomendasi Makanan untuk Penderita Intoleransi Laktosa

makanan untuk penderita intoleransi laktosa

Alih-alih mengonsumsi kelima makanan di atas, kamu sebaiknya mengonsumsi makanan sehat berikut ini jika memiliki masalah intoleransi laktosa:

  • Aneka buah dan sayuran 
  • Daging sapi, domba, ayam, bebek, dan sebagainya
  • Aneka makanan laut seperti udang, tuna, atau sarden
  • Telur 
  • Produk olahan kedelai seperti tempe, tahu, natto, atau miso
  • Aneka biji-bijian seperti oat
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Nah, jika kamu ingin mengonsumsi susu, kamu juga bisa memilih beberapa jenis susu rendah laktosa atau bebas laktosa yang tidak menimbulkan reaksi gangguan pencernaan, seperti susu kedelai atau susu almond (Selengkapnya: merk susu bebas laktosa untuk dewasa).

Untukmu yang ingin minum susu rendah laktosa dan rendah gula, kamu bisa pilih susu Etawaku Platinum yang terbuat dari susu kambing etawa rendah laktosa.

Selain tidak menimbulkan masalah pencernaan bagi penderita intoleransi laktosa, Etawaku juga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh, loh!

Itu dia informasi mengenai beberapa jenis makanan yang mengandung laktosa serta beberapa rekomendasi makanan bebas laktosa yang mudah didapat dan bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatanmu. 

Mari berkontribusi bersama Etawaku Platinum dengan cara menyebarkan artikel ini ke semua sosial media kamu!

Baca Juga: Gejala Intoleransi Laktosa.

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar