logo etawaku
Search
Close this search box.

7 Alasan Mengapa Permainan Engklek Sangat Baik untuk Pertumbuhan Anak

Siapa yang tidak tahu permainan engklek? Salah satu permainan tradisional ini tak hanya menyenangkan, tapi punya manfaat yang baik untuk pertumbuhan anak. 

Penasaran mengapa permainan engklek sangat baik untuk pertumbuhan anak? Yuk simak artikel yang sangat menarik ini! 

Bunda pasti sudah tidak asing dengan permainan engklek bukan? Game tradisional yang dimainkan dengan gerakan melompat dan berjinjit ini memang sangat menyenangkan.

Selain tidak membutuhkan alat yang susah dicari, rupanya permainan yang sudah ada sejak zaman Romawi ini sangat baik untuk mendukung pertumbuhan anak loh!

Permainan yang bisa dilakukan oleh minimal dua orang ini memang punya nama dan variasi yang berbeda di setiap daerah. Akan tetapi, salah satu permainan tertua di dunia ini memiliki aturan dasar serta strategi yang sama. 

Kenapa Permainan Engklek Sangat Baik untuk Pertumbuhan Anak

Sebelum memulai permainan, para pemain harus menentukan giliran, bisa dengan cara suit jika jumlah pemain hanya 2 orang, atau dengan hompimpa jika pemain lebih dari dua orang. 

Mengapa Permainan Engklek Sangat Baik untuk Pertumbuhan Anak?

Nah, biasanya, permainan engklek dilakukan oleh anak usia lima tahun yang telah memahami aturan bermain serta tubuh yang cukup kuat untuk melompat dari satu kotak ke kotak lainnya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan pemain engklek telah berusia remaja. 

Kembali ke pertanyaan awal, mengapa permainan engklek sangat baik untuk pertumbuhan anak?

Hal ini berkaitan dengan tata cara permainan engklek yang melibatkan seluruh anggota tubuh untuk bergerak, sehingga pertumbuhannya bisa lebih optimal.

Manfaat Permainan Engklek untuk Pertumbuhan Anak

manfaat permainan engklek untuk pertumbuhan anak

Bukan hanya bermanfaat untuk pertumbuhan fisiknya saja, namun ternyata engklek juga memberikan efek yang baik bagi kemampuan sosial Si Kecil karena permainan ini melibatkan banyak orang. 

Nah, beragam manfaat permainan engklek bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kemampuan Motorik

Gerakan melompat dalam permainan engklek bisa membantu mengasah kemampuan motorik Si Kecil loh, Bun, terutama kemampuan motorik kasarnya. Permainan ini bisa melatih keseimbangan serta kekuatan Si Kecil. Baca Juga: Contoh Motorik Kasar dan Halus.

2. Melatih Kekuatan Tubuh

Tahukah Bunda? Ternyata selain otot kaki, ada berbagai otot yang dilatih selama melakukan permainan ini, sebut saja otot perut, bahkan melibatkan semua kekuatan tubuh untuk melompat dari satu kotak ke kotak lain.

Maka dari itu, bermain engklek merupakan cara menyenangkan namun sangat efektif dalam melatih kekuatan tubuh Si Kecil ya Bun!

3. Meningkatkan Kemampuan Koordinasi

Permainan engklek mengharuskan pemainnya melempar gaco ke kotak yang dituju. Hal ini bisa membuat kemampuan motorik halus Si Kecil terasah dengan cara melatih koordinasi antara mata dengan tangan. 

4. Melatih Koordinasi Bilateral

Koordinasi bilateral merupakan kemampuan yang diperlukan Si Kecil untuk menggunakan kedua sisi tubuh secara bersamaan dan saling terkoordinasi. 

Saat bermain engklek, Si Kecil harus memiliki koordinasi yang baik dalam menggunakan kedua sisi tubuhnya untuk melompat dan mendarat. 

5. Mencegah Obesitas

Bergerak secara aktif bisa membantu mempercepat tubuh dalam membakar kalori. Hal itu akan sangat bermanfaat dalam menurunkan risiko obesitas sehingga Si Kecil terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya di kemudian hari. 

6. Melatih Keterampilan Sosial

Bermain dengan teman bisa meningkatkan kemampuan sosial Si Kecil loh Bun! Ia jadi lebih berempati, memahami konsep bergantian, serta melatih kemampuan untuk bekerja sama.

7. Mengenalkan Matematika

Permainan engklek juga bisa mengajarkan Si Kecil matematika dengan cara yang seru, yaitu lewat angka-angka dalam kotak. 

Secara tidak langsung, Si Kecil akan belajar matematika karena ia harus melompat melewati kotak yang tersedia sambil menghitung jumlahnya. 

infografis artikel - permainan engklek

Selain engklek, ada juga mainan montessori yang bisa Bunda ajarkan untuk si kecil guna mendukung kemampuan kognitifnya.

Permainan Engklek Dapat Melatih Kekuatan Otot?

Seperti yang telah disebutkan di atas, permainan engklek bisa melatih kekuatan berbagai otot tubuh, mulai dari otot kaki, otot panggul, otot bokong, serta otot perut yang saling terkoordinasi untuk melompat dan mendarat.

Bunda bisa melakukan permainan ini bersama Si Kecil sebagai salah satu cara mendukung pertumbuhannya agar lebih optimal ya! Dengan otot yang kuat, tentu saja kemampuan Si Kecil akan semakin meningkat.

Itu dia informasi mengenai mengapa permainan engklek sangat baik untuk pertumbuhan anak, serta berbagai manfaat yang ditawarkan oleh permainan ini. 

Tips Lainnya untuk Bunda:

Tentunya, selain melatih kekuatan Si Kecil melalui permainan, Bunda juga perlu memberikan ia nutrisi yang lengkap dan tepat, seperti Susu Kambing Etawaku Platinum yang memiliki kandungan nutrisi 3x lebih baik daripada susu sapi dan lebih murni. 

Rutin mengonsumsi Etawaku Platinum bisa membantu Si Kecil agar tumbuh lebih kuat, karena kandungan kalsiumnya yang sangat tinggi dan baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Kesimpulan

  • Apa dampak positif dari bermain engklek?

    Permainan engklek bisa melatih kekuatan tubuh, menjaga keseimbangan, koordinasi gerak, kemampuan sosial, serta mengenalkan matematika Si Kecil dengan cara yang seru dan menyenangkan. 

  • Mengapa permainan engklek dapat meningkatkan keterampilan sosial anak?

    Bermain engklek bisa melatih Si Kecil agar lebih berempati, mengerti tentang konsep bergantian, dan bekerja sama karena permainan ini melibatkan lebih dari satu orang.

  • Permainan engklek dapat melatih kekuatan apa?

    Engklek bisa melatih otot kaki Si Kecil untuk melompat, sehingga bisa lebih kuat. Selain itu, otot panggul, bokong, serta otot perut juga diperlukan untuk melakukan gerakan dalam permainan ini. 

  • Keterampilan apa saja yang dapat diperoleh dari permainan engklek?

    Si Kecil bisa memiliki berbagai keterampilan, baik motorik kasar saat menjaga keseimbangan tubuh agar tidak jatuh saat melompat dan mendarat, bergerak tangkas dan lincah. Selain itu, keterampilan motorik halusnya juga terasah saat melempar gaco ke kotak yang tepat.

  • Apa saja yang dibutuhkan dalam permainan engklek?

    Permainan engklek tidak memerlukan alat khusus, hanya perlu potongan keramik sebagai gaco dan lahan luas yang digambari beberapa kotak saja. Sementara itu, permainan ini lebih membutuhkan keterampilan Si Kecil dalam memahami aturan, bergerak ke arah yang tepat, serta kekuatan otot tubuhnya.

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar