logo etawaku
Search
Close this search box.

Batuk Menahun Tapi Bukan TBC, Lalu Penyakit Apa Ya? Ini Penjelasannya

Batuk menahun tapi bukan TBC seringkali dirasakan oleh orang-orang. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan lainnya. Untuk itu, kita perlu memahami soal batuk menahun. Mulai dari penyebab kenapa tak kunjung sembuh, gejalanya, dan cara mengatasinya.

Batuk adalah respon alami tubuh yang bertujuan untuk membersihkan tenggorokan dari lendir atau benda asing yang mengiritasi. Meskipun umumnya merupakan mekanisme alami, beberapa kondisi dapat menjadi penyebab batuk.

Batuk terjadi ketika saluran udara terhalang oleh lendir atau benda asing seperti asap atau debu. Fungsinya adalah untuk membersihkan partikel tersebut dan menjaga saluran pernapasan tetap bersih.

Biasanya, batuk akan mereda dalam waktu kurang dari dua minggu. Namun, jika berlanjut selama 3 hingga 8 minggu (atau sampai batuk menahun), ini dapat menunjukkan masalah serius di saluran pernapasan atau paru-paru. Dalam kasus seperti ini, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Penyebab Batuk Secara Umum

Sebelum ke penjelasan soal batuk menahun tapi bukan TBC, mungkin kamu perlu mengerti dulu penyebab batuk secara umum:

a. Asma

Batuk berdahak dapat menjadi gejala asma, kondisi yang dipicu oleh infeksi pada saluran pernafasan atas yang dapat memburuk ketika terpapar udara dingin.

b. Gerd

Gerd adalah kondisi di mana asam lambung kembali ke kerongkongan, menyebabkan iritasi kronis yang dapat menyebabkan batuk kronis dan memperburuk kondisi GERD.

c. Infeksi

Batuk berdahak yang berlangsung lama dapat disebabkan oleh infeksi jamur paru-paru, tuberkulosis, atau infeksi paru-paru oleh mikobakterium non-tuberkulosis.

d. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

PPOK adalah kondisi paru-paru yang terus-menerus meradang dan menyebabkan penyumbatan aliran udara. Mayoritas penderitanya adalah perokok aktif atau mantan perokok.

e. Obat Tekanan Darah

Beberapa obat tekanan darah mengandung enzim inhibitor yang dapat menyebabkan batuk kronis sebagai efek sampingnya.

f. Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Awalnya, batuk tidak berdahak, tetapi kemudian dapat menghasilkan dahak berdarah setelah beberapa hari.

g. Bronkitis

Bronkitis adalah kondisi di mana lapisan dalam bronkus meradang, menyebabkan produksi dahak yang lebih banyak, tebal, dan berwarna.

h. Merokok

Selain gangguan pencernaan, merokok juga dapat menyebabkan batuk. Batuk akibat merokok memiliki suara yang khas dan diklasifikasikan sebagai batuk kronis.

Apakah Batuk Menahun Sudah Pasti TBC?

apakah batuk lama (menahun) sudah pasti TBC

Batuk yang terus menerus bisa menjadi indikasi adanya masalah pada saluran pernapasan. Salah satu kondisi yang menyebabkan batuk adalah tuberkulosis, juga dikenal sebagai TBC.

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut Mycobacterium tuberculosis, yang biasanya menyebar melalui droplet yang dikeluarkan saat batuk atau bersin oleh seseorang yang terinfeksi.

TBC merupakan penyakit serius yang dapat disembuhkan jika diobati secara tepat, teratur, dan disiplin. Batuk akibat TBC dan batuk biasa memiliki perbedaan yang mencolok.

Salah satu perbedaan utama antara batuk akibat TBC dan batuk biasa adalah durasinya. Batuk akibat TBC biasanya berlangsung lebih dari 2 minggu.

Sementara itu, batuk biasa bisa berlangsung hanya sebentar atau beberapa hari saja dan sering kali sembuh sendiri tergantung pada penyebabnya.

Meskipun batuk kronis tidak selalu menunjukkan adanya TBC paru, penting untuk tetap waspada jika mengalaminya dan segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan dahak dan rontgen paru-paru untuk memastikan diagnosis TBC.

Batuk Menahun Tapi Bukan TBC, Lalu Penyakit Apa?

batuk menahun tapi bukan TBC, lalu penyakit apa

Di atas, sempat dijelaskan kalau batuk umumnya akan mereda kurang dari 2 minggu. Nah, lalu bagaimana yang mengalami batuk menahun?

Soal itu, banyak yang mengira kalau kondisi tersebut berarti tanda TBC. Ada juga yang berpendapat kalau belum tentu TBC. Terus kalau batuk menahun tapi bukan TBC, berarti penyakit apa? Berikut beberapa kemungkinannya:

1. Kanker paru-paru

Tanda batuk berkelanjutan yang disebabkan oleh kanker paru-paru sering kali disertai dengan gejala lain, termasuk batuk berdarah, rasa sakit di dada, kesulitan bernafas, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

2. Gagal jantung

Gagal jantung dapat menyerupai penyakit paru-paru dengan gejala batuk terus-menerus dan kesulitan bernafas. Tanda khas gagal jantung meliputi kesulitan bernapas dan batuk yang memburuk saat berbaring serta pembengkakan di area tubuh tertentu seperti kaki atau pergelangan kaki.

3. Bronkitis kronis

Peradangan kronis pada saluran pernapasan bagian bawah yang berlangsung dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan batuk kronis yang disertai dengan produksi dahak. Bronkitis kronis merupakan kondisi yang umumnya ditemukan pada perokok aktif.

Bronkitis kronis juga merupakan bagian dari penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), yang sering terjadi pada perokok berat.

Baca Juga: Penyebab Batuk Berdahak dan Batuk Kering.

Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh

Setelah kamu mengetahui fakta soal batuk menahun tapi bukan TBC. Kamu juga harus memahami kenapa batuk bisa terjadi terus menerus dan tak kunjung sembuh.

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami batuk terus-menerus. Selain merokok atau terpapar asap rokok secara berlebihan, ada beberapa kemungkinan penyebab lain yang perlu diperhatikan:

1. Paparan Polusi Udara

Faktor udara di sekitar lingkungan rumah atau tempat kerja, seperti debu, jamur, atau bahan kimia yang menguap, juga dapat meningkatkan risiko batuk terus-menerus.

2. Batuk Jenis Kronis

Gejala umum yang sering dialami oleh seseorang yang menderita asma. Biasanya batuk kronis yang disebabkan oleh asma terjadi saat saluran pernapasan terinfeksi atau setelah terpapar pemicu serangan asma, seperti asap rokok, bahan kimia, atau aroma wewangian.

3. Postnasal Drip

Kondisi di mana dahak berlebihan dari hidung atau rongga sinus mengumpul di belakang tenggorokan, dapat menyebabkan batuk terus-menerus. Hal ini sering terjadi karena sinusitis.

5. GERD atau Asam Lambung

Penyakit yang satu ini juga bisa menjadi penyebabnya. Gerd atau asam lambung yang naik ke kerongkongan dan mengiritasi kerongkongan dapat memicu batuk kronis jika terjadi secara terus-menerus. 

Cara Mengatasi Batuk Menahun Tak Kunjung Sembuh

Untuk menangani batuk terus-menerus di rumah, penting untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dari dokter melalui pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan seperti foto Rontgen dada, CT scan, tes darah, pemeriksaan dahak, dan tes fungsi paru.

Setelah diagnosis diketahui, dokter akan meresepkan obat-obatan atau prosedur medis yang sesuai untuk mengatasi penyebab batuk kronis tersebut.

Selain pengobatan medis, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan di rumah untuk meredakan gejala batuk terus-menerus:

  • Pastikan untuk minum banyak cairan seperti air putih atau teh hangat untuk membantu melunakkan lendir yang terakumulasi di tenggorokan.
  • Gunakan permen pereda batuk untuk mengurangi iritasi di tenggorokan.
  • Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu asam lambung, terutama jika menderita GERD, seperti makanan pedas, asam, atau minuman berkafein.
  • Hentikan kebiasaan merokok dan hindari lingkungan perokok.
  • Pertahankan kelembaban udara di dalam ruangan untuk membantu melegakan saluran pernapasan. Kamu juga dapat mandi dengan air hangat atau menghirup uap air panas untuk membantu meredakan batuk.
  • Jika perlu, gunakan humidifier terutama jika sering berada di ruangan ber-AC, untuk menjaga kelembapan udara.

Sembuhkan Batuk Menahun dengan Rutin Konsumsi Etawaku

Batuk menahun sangat tidak nyaman terutama untuk pernafasan. Kamu bisa atasi batuk menahun dengan rutin konsumsi susu kambing untuk batuk, Etawaku Platinum. Etawaku merupakan susu kambing yang terbuat dari susu kambing etawa murni dengan campuran krimer yang memiliki nutrisi lebih tinggi dari susu sapi.

Kandungan nutrisi dalam susu etawaku sangat bagus untuk tubuh. Manfaat mengkonsumsi produk susu kambing Etawaku dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi gangguan pernafasan dan meningkatkan stamina tubuh menjadi lebih bugar dan energi.

Konsumsi Etawaku saat sedang batuk, dapat menyembuhkan dalam waktu cepat tanpa memberikan efek samping. Rutin mengonsumsi Etawaku juga membuat tubuh terhindar  dari segala macam penyakit. Susu ini dapat dikonsumsi mulai dari usia anak-anak hingga dewasa. 

Itulah penjelasan mengenai batuk menahun tapi bukan TBC. Sekarang saatnya kamu menyembuhkan masalah batuk!

Oh iya, ngomong-ngomong soal TBC. Etawaku sendiri bisa menjadi pilihan susu terbaik untuk penderita TBC (aman). Pastikan mengikuti aturan minum susu kambing etawa untuk TBC.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar