logo etawaku
Search
Close this search box.

Nyeri Dada Tengah dan Sesak Nafas, Penyebab dan Cara Cepat Mengatasinya

Nyeri dada tengah dan sesak nafas merupakan kondisi yang mengganggu aktivitas sehari-hari dan tidak boleh dibiarkan begitu saja dalam jangka waktu lama. Ada beberapa penyebab yang meningkatkan risiko nyeri dada tengah dan sesak nafas. Apa saja?

Nyeri dada adalah keadaan dimana seseorang merasakan sensasi seperti tertusuk, perih, atau tertekan di area dada. Sensasi nyeri ini bisa dirasakan di sisi kanan, kiri, atau tengah dada. Penting untuk tidak mengabaikan nyeri dada karena bisa menjadi tanda serangan jantung.

Nyeri dada bisa berlangsung dalam waktu singkat atau berhari-hari, tergantung pada penyebabnya.

Untuk mendapatkan penanganan yang sesuai, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter terutama jika nyeri menjalar ke lengan, leher, rahang, terasa menusuk ke belakang disertai sesak napas dan keringat dingin.

Sakit Dada di Bagian Tengah

Sakit dada di bagian tengah tidak selalu menandakan adanya masalah jantung. Ada berbagai masalah lain yang juga dapat menyebabkan keluhan ini seperti gangguan pencernaan, gangguan pernapasan, dan masalah psikologis.

Rongga dada merupakan ruang terbesar kedua di dalam tubuh manusia setelah perut yang terdiri dari tulang dan otot yang membentuk dinding dada.

Beberapa organ yang terdapat di dalam rongga dada, seperti jantung dan kerongkongan, ketika mengalami masalah dapat menyebabkan gejala seperti sakit dada di bagian tengah.

Gejala Nyeri Dada

Gejala sakit dada setiap orang berbeda-beda, tergantung dari penyebabnya. Ada macam-macam gejala yang nyeri dada yaitu:

  • Muncul rasa nyeri pada bagian dada sebelah kanan, kiri, tengah atau seluruh bagian dada
  • Nyeri yang tiba-tiba muncul dan hilang dalam waktu beberapa menit
  • Rasa nyeri seperti ditekan, terbakar dan tertusuk
  • Rasa nyeri yang semakin memburuk karena aktivitas
  • Nyeri dada yang tiba-tiba membaik atau bertambah parah karena perubahan posisi badan
  • Rasa nyeri yang menusuk saat menarik nafas atau sedang batuk
  • Nyeri yang menjalar ke bagian tubuh lainnya. 

Penyebab Nyeri Dada Tengah dan Sesak Nafas

Nyeri dada di tengah yang disebabkan oleh masalah pada jantung membutuhkan perawatan medis segera. Namun, tidak semua nyeri dada di tengah disebabkan oleh gangguan pada jantung.

Oleh karena itu, penting untuk mengenali penyebabnya agar penanganan yang tepat dapat dilakukan.

Berikut beberapa kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan nyeri dada di tengah:

1. Refluks asam lambung (GERD)

Nyeri dada di tengah bisa disebabkan oleh gangguan pada saluran pencernaan, seperti gastroesophageal reflux disease (GERD). Hal ini terjadi karena ada kerongkongan di dada tengah, yang merupakan tabung yang menghubungkan mulut dan lambung.

Pada orang dengan GERD, otot yang bertindak sebagai katup antara kerongkongan dan lambung melemah, memungkinkan asam lambung untuk naik kembali ke kerongkongan. Ini bisa menyebabkan nyeri dada di tengah.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik dan Sesak Nafas.

2. Maag

Gangguan pencernaan lain yang dapat menyebabkan nyeri dada di tengah adalah maag. Ini terjadi ketika lapisan dalam lambung mengalami iritasi, baik oleh asam lambung yang berlebihan atau infeksi.

Infeksi bakteri H. pylori dan penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) jangka panjang seperti ibuprofen dan naproxen adalah penyebab umum maag.

3. Esofagitis

Esofagitis adalah komplikasi umum dari GERD. Hal ini terjadi ketika kerongkongan mengalami iritasi atau peradangan karena asam lambung yang naik.

Esofagitis biasanya ditandai dengan nyeri atau sakit dada di tengah dan sakit tenggorokan. Dalam kasus yang parah, esofagitis dapat menyebabkan kesulitan menelan karena kerongkongan terluka.

4. Kejang Otot Kerongkongan

Pada beberapa kasus, otot di kerongkongan yang seharusnya mendorong makanan bisa mengalami kejang dan tidak berfungsi dengan baik. Ini bisa menyebabkan kesulitan menelan dan nyeri dada di tengah.

Penyebab pasti kejang otot kerongkongan belum diketahui dengan pasti, tetapi peneliti percaya bahwa kerusakan saraf pada kerongkongan dapat menjadi faktor penyebabnya. Naiknya asam lambung dan aktivitas fisik juga dapat memicu kejang otot di kerongkongan.

5. Serangan Panik

Gangguan psikologis seperti serangan panik juga bisa menyebabkan nyeri dada di tengah. Serangan panik adalah perasaan cemas dan takut yang tiba-tiba dan berlebihan tanpa penyebab yang jelas. Ini bisa berlangsung beberapa menit hingga satu jam.

Selain nyeri dada di tengah, serangan panik juga bisa menyebabkan gejala lain seperti detak jantung yang cepat, pernapasan yang cepat dan keringat dingin.

6. Kostokondritis

Kostokondritis terjadi ketika tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk dengan tulang dada mengalami peradangan. Ini bisa menyebabkan nyeri dada di tengah yang tajam, terutama saat bergerak atau bernapas.

Kostokondritis dapat disebabkan oleh cedera dada, batuk, gerakan berulang pada bagian atas tubuh dan masalah pada sendi tulang belakang.

7. Perikarditis

Perikarditis terjadi ketika selaput tipis yang melapisi jantung (perikardium) mengalami infeksi. Ini bisa menyebabkan gesekan berulang dengan jantung dan nyeri dada di tengah yang bisa menjalar ke belakang. Nyeri ini biasanya memburuk saat batuk atau bernapas dalam-dalam.

8. Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah yang membawa oksigen ke otot jantung tiba-tiba terganggu. Ini ditandai dengan nyeri dada di tengah yang terasa seperti tekanan yang berat.

Kurangnya aliran darah biasanya disebabkan oleh penumpukan lemak atau kolesterol di pembuluh darah jantung. Hal ini juga bisa disebabkan oleh pembekuan darah yang menghalangi aliran darah, menyebabkan pembuluh darah tersumbat.

Kurangnya aliran darah menyebabkan jantung tidak mendapat cukup oksigen, yang bisa menyebabkan kematian jaringan.

Rekomendasi Artikel: Posisi Tidur Saat Batuk dan Sesak Nafas.

Cara Mengatasi Nyeri Dada Tengah dan Sesak Nafas

Penyebab sakit dada yang telah disebutkan hanya merupakan sebagian kecil dari berbagai kemungkinan. Dalam kondisi yang parah, mungkin akan diperlukan obat-obatan medis. Namun berikut adalah beberapa opsi cara mengobati sakit dada bagian tengah secara alami.

1. Kompres dingin

Salah satu cara mengatasi sakit dada bagian tengah adalah dengan menggunakan kompres dingin. Kamu dapat menggunakan kompres es yang dibungkus dengan handuk untuk mengompres area yang sakit secara perlahan. Ini membantu merelaksasi otot yang mungkin tegang di daerah dada.

2. Minuman hangat

Jika tidak suka dengan kompres dingin, alternatif lain adalah minuman hangat. Minuman hangat dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh bagian dalam. Misalnya minum teh rosella hangat yang terbukti memiliki manfaat kesehatan seperti menyehatkan jantung dan memperlancar pencernaan.

3. Jahe

Jahe dikenal karena manfaat kesehatannya yang beragam. Ketika mengalami sakit dada, cobalah untuk mengonsumsi jahe. Misalnya dalam bentuk minuman jahe, bisa membantu mengatasi peradangan dalam tubuh.

4. Kacang almond

Kacang almond juga dapat membantu meredakan sakit dada, terutama jika disebabkan oleh gangguan lambung seperti GERD. Kacang almond mengandung zat alkali yang dapat menetralkan asam dalam sistem pencernaan.

5. Cuka apel

Pemberian asupan cuka apel juga dapat menjadi cara alami untuk mengobati sakit dada bagian tengah, terutama jika disebabkan oleh kelebihan asam lambung. Campurkan satu sendok cuka apel dengan segelas air dan minum sebagai pengobatan.

Atasi Masalah Sesak Nafas dengan Etawaku Platinum

Sesak nafas sangat mengganggu aktivitas sehari-hari,oleh karena itu kamu perlu nutrisi harian yang tepat demi menjaga kesehatan saluran pernapasan. Salah satu sumber nutrisi yang bisa kamu konsumsi adalah susu kambing Etawaku Platinum. 

Etawaku Platinum terbuat dari susu kambing etawa asli yang memiliki nutrisi 3 kali lebih baik daripada susu sapi loh! Susu kambing Etawaku Platinum menjadi sumber Fluorin dan Betakasein yang sangat baik dalam menjaga paru-paru, sehingga kamu bisa terhindar dari masalah sesak napas. 

Tak hanya itu, protein di dalam susu Etawaku Platinum bisa dicerna dengan mudah di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena ukuran partikelnya yang kecil, sehingga bisa diserap dengan mudah. 

Yang lebih menarik lagi, kadar gula dalam Etawaku Platinum cukup rendah, sehingga bisa dikonsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak usia 2 tahun hingga lansia yang memiliki masalah diabetes. 

Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi untuk rutin mengonsumsi susu Etawaku Platinum sebagai salah satu cara dalam menjaga kesehatan saluran pernapasan setiap hari ya! Karena susu Etawaku Platinum lebih murni, lebih kaya nutrisi!

Nah, itu tadi penjelasan lengkap dari A-Z mengenai nyeri dada tengah dan sesak nafas. Yuk praktekan solusinya dan hindari penyebabnya!

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar