logo etawaku
Search
Close this search box.

3 Penyakit Berupa Pengeroposan Tulang Akibat Kekurangan Kalsium

Penyakit berupa pengeroposan tulang akibat kekurangan kalsium disebut osteoporosis, merupakan salah satu penyakit tulang yang paling banyak dialami dari usia muda hingga lansia.

Namun tahukah kamu, bukan hanya osteoporosis, ternyata ada beberapa jenis penyakit pengeroposan tulang lainnya!

Sebelum membahas apa saja penyakitnya, karena kita sedang membahas penyakit yang diakibatkan karena kekurangan kalsium, maka kita harus paham dulu mengenai kalsium itu sendiri.

Fungsi Kalsium Pada Tulang

pentingnya peran kalsium untuk mencegah pengeroposan tulang

Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh, yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Lebih lanjut, kebutuhan kalsium dalam tubuh diperlukan juga untuk membantu kerja jantung, otak, saraf dan otot. Oleh karena itu, harus diperhatikan asupan kalsium sejak dini.

Kekurangan kalsium pada tubuh akan menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunya pengeroposan tulang.

Tulang keropos terjadi ketika kepadatan tulang terus terkikis, hal inilah yang menyebabkan nyeri pada sendi sehingga terasa sakit saat digerakan.

Ciri-Ciri Kekurangan Kalsium

ciri ciri kekurangan kalsium

Banyak yang tidak sadar jika dirinya mengalami kekurangan kalsium. Hal ini harus diperhatikan lagi sebab kekurangan kalsium yang parah dapat menyebabkan kram otot, kesemutan, gemetar hingga kesemutan.

Parahnya, apabila seseorang kekurangan kalsium dalam jangka waktu yang lama, maka bisa mengalami pengeroposan tulang secara permanen yang dapat mengakibatkan kerapuhan, patah tulang dan lain-lain.

Oleh karena itu, kenali ciri-ciri kekurangan kalsium seperti berikut ini.

1. Mudah Lelah

Gejala awal kekurangan kalsium yang paling umum adalah kelelahan. Sel-sel pada tubuh yang kekurangan gizi seperti kalsium berpotensi menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah terasa lelah dan munculnya nyeri pada tubuh.

2. Nyeri Otot dan Kejang

Kalsium berperan penting untuk menunjang kerja fungsi otot yang baik. Kekurangan asupan kalsium dalam tubuh nantinya akan menyebabkan nyeri otot, kekakuan hingga tubuh kejang.

3. Masalah Kognitif

Tidak sedikit yang berpikir jika kalsium hanya untuk tulang dan gigi. Namun pada faktanya, kalsium dalam tubuh juga dapat mempengaruhi fungsi kognitif, menyebabkan gejala seperti kabut otak, kebingungan dan pusing.

4. Mati Rasa dan Kesemutan

Kalsium memiliki peran penting dalam sistem saraf pusat. Apabila seseorang kekurangan kalsium dalam tubuhnya, maka akan sangat berpengaruh pada fungsi saraf yang akan menyebabkan mati rasa dan kesemutan pada beberapa organ tubuh seperti jari tangan, tangan, kaki dan jari kaki.

Baca Juga Artikel Lainnya: Obat Tradisional Kesemutan Tangan Kanan.

5. Kejang

Banyak yang tidak mengetahui, jika kejang bisa terjadi apabila seseorang kekurangan asupan kalsium. Meskipun jarang terjadi, namun hal ini sangat memungkinkan apabila dalam tubuh kekurangan kadar kalsium yang cukup banyak.

6. Masalah pada Kuku dan Kulit

Kalsium juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kuku dan kulit. Jika seseorang kekurangan kalsium dalam tubuhnya, maka dapat menyebabkan kulit kering, kuku yang mudah patah, rambut kasar, rambut rontok dan peradangan kulit.

7. Gejala PMS yang Parah

Kadar kalsium yang rendah sering dikaitkan dengan sindrom pramenstruasi yang parah. Rendahnya kadar vitamin D dan kalsium selama siklus menstruasi akan menyebabkan perempuan mengalami gejala PMS yang cukup parah, seperti seluruh badan terasa lebih nyeri.

8. Masalah Gigi

Seperti yang kita tahu, kalsium sangat berperan dalam kesehatan gigi. Jika seseorang mengalami kekurangan kalsium, maka sangat memungkinkan akan menimbulkan masalah gigi seperti gigi rapuh, kerusakan gigi dan akar gigi yang melemah.

9. Hipokalsemia

Kekurangan kalsium dikaitkan dengan gangguan mood, seperti hipokalsemia. Hipokalsemia berat akan menyebabkan gejala neurologis dan psikologis seperti kebingungan, masalah ingatan, mudah tersinggung, gelisah, depresi hingga halusinasi

Penyakit Berupa Pengeroposan Tulang Akibat Kekurangan Kalsium Disebut?

penyakit pengeroposan tulang karena kekurangan kalsium

Kekurangan kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya pengeroposan tulang. Adapun penyakit berupa pengeroposan tulang akibat kekurangan kalsium, yaitu:

1. Osteoporosis

Pertama dan yang paling umum, penyakit berupa pengeroposan tulang akibat kekurangan kalsium disebut osteoporosis.

Osteoporosis tidak hanya terjadi pada orang tua, namun juga banyak dialami oleh remaja.

Tulang yang keropos akan mengalami penurunan masa yang disertai dengan penurunan kualitas jaringan tulang. Hal ini akan menimbulkan kerapuhan pada tulang yang menyebabkan nyeri sendi.

Penyakit osteoporosis disebabkan karena massa tulang yang rendah. Penyakit ini diikuti dengan perubahan mikroarsitektur serta penurunan kualitas jaringan tulang. Hal inilah yang dapat menyebabkan kerapuhan tulang hingga patah tulang.

Selain karena pengeroposan tulang akibat kekurangan kalsium, osteoporosis juga disebabkan oleh pembentukan massa tulang yang kurang baik pada masa pertumbuhan serta disebabkan meningkatnya pengurangan massa tulang setelah menopause.

2. Osteomalacia

Osteomalacia adalah penyakit tulang lunak di mana pada kondisi ini, tulang tidak dapat mengeras sehingga beresiko patah atau bengkok. Umumnya, penyakit ini dialami oleh wanita saat hamil.

Penyebab osteomalacia yaitu karena kurangnya nutrisi seperti fosfor, kalsium, vitamin D di dalam tubuh. Selain itu, penyakit ini juga bisa disebabkan karena adanya kelainan pencernaan.

Gejala yang sering dirasakan bagi penderita osteomalacia di antaranya:

  • Tubuh yang mudah lelah
  • Detak jantung yang tidak beraturan
  • Munculnya nyeri pada bagian panggul, punggung bawah, kaki dan tulang rusuk.

3. Rakitis

Rakitis adalah penyakit tulang yang terjadi karena adanya kelainan pada anak-anak yang kekurangan vitamin D, kalsium dan fosfat. Biasanya penderita penyakit pengeroposan tulang rakitis cenderung memiliki tulang yang lebih rapuh.

Penyakit ini menghambat pertumbuhan anak yang dapat mengakibatkan kelainan tulang dan gigi. Dalam kondisi yang cukup parah, rakitis dapat membuat seseorang kejang.

Ada beberapa sebab anak terlahir dengan penyakit rakitis, seperti ibu yang kurang konsumsi vitamin D selama hamil, kurangnya asupan kalsium, dan lahir prematur.

Untuk mengurangi resiko bayi terkena rakitis, selama hamil harus memperhatikan asupan nutrisi pada makanan. 

Penyakit Tulang Lainnya

Selain penyakit pengeroposan tulang di atas, ada beberapa penyakit tulang lain yang disebabkan karena kurangnya asupan kalsium, yaitu:

1. Patah Tulang

Anak-anak dan orang tua lebih rentan mengalami patah tulang. Namun patah tulang pada anak-anak akan lebih cepat sembuh karena tulang masih dalam masa pertumbuhan. Sedangkan patah tulang pada orang tua akan lebih lama sembuh, sebab tulang lebih rapuh.

Untuk mengurangi resiko patah tulang saat tua, maka penting memperhatikan asupan nutrisi terutama kalsium dan vitamin D. Lengkapi asupan nutrisi dengan rutin mengkonsumsi susu, buah dan sayur.

2. Infeksi Tulang (Osteomielitis)

Penyakit ini disebabkan adanya infeksi bakteri dan lebih sering terjadi pada seseorang yang mengalami cedera atau patah tulang. Osteomielitis memiliki gejala seperti nyeri dan pembengkakan pada tulang. Apabila kondisi tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan kematian.

3. Tumor Tulang

Penyakit ini disebabkan karena tumbuhnya sel-sel yang tumbuh hingga membentuk gumpalan. Meskipun sifatnya jinak, namun tumor tulang dapat menyebabkan jaringan sekitar menjadi lemah dan rusak. Jika tidak diobati secara tepat, dapat menjadi penyakit yang berbahaya.

Tentu saja selain ketiga di atas, masih ada banyak penyakit tulang lainnya, seperti pengapuran tulang, yang juga sering terjadi. Baca Juga: Sayuran untuk Pengapuran Tulang.

Minum Susu Etawaku Platinum untuk Mengatasi Kekurangan Kalsium

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, kamu bisa rutin mengkonsumsi susu kambing Etawaku setiap harinya. Etawaku merupakan produk susu kambing etawa murni dengan kandungan nutrisi 3x lebih baik dibandingkan susu sapi.

Susu Etawaku mengandung kalsium yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan serta kesehatan tulang dan sendi agar padat dan kuat!

Rutin mengkonsumsi susu kambing Etawaku, dapat mencegah penyakit berupa pengeroposan tulang akibat kekurangan kalsium seperti osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

Selain dengan rutin minum Susu Etawaku, kamu bisa menjaga kesehatan tulang dengan melakukan aktivitas olahraga. Rutin lah melakukan olahraga dengan intensitas ringan seperti senam aerobik, bersepeda, lari, renang supaya kesehatan tulang bisa lebih terjaga.

Rekomendasi Artikel Terkait: Makanan Pelumas Sendi Lutut.

Itulah macam-macam penyakit tulang karena kekurangan kalsium. Jadi, untukmu yang bertanya apa saja akibat kekurangan kalsium, kamu sudah tahu ya, kalau penyakit berupa pengeroposan tulang akibat kekurangan kalsium disebut osteoporosis, osteomalacia, dan rakitis.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar