logo etawaku
Search
Close this search box.

25+ Makanan Pelumas Sendi Lutut: Dari Buah, Sayuran, dan Lainnya

Kesehatan sendi lutut harus diperhatikan untuk semua kalangan, terutama lansia. Tulang yang sehat dan kuat berperan penting dalam menunjang kualitas hidup sehari-hari kita, sebab tulang juga memiliki fungsi untuk melindungi organ-organ vital serta memperkuat otot pada tubuh. 

Salah satu upaya dalam menjaga kesehatan tulang yaitu dengan menjaga pola hidup dan asupan nutrisi dari makanan. Beberapa makanan pelumas sendi lutut berikut ini dapat dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang Sendi

Masa anak-anak dan remaja, merupakan masa yang penting bagi perkembangan tulang.

Pada usia tersebut tulang akan memperkuat kepadatannya. Kemudian saat dewasa, kita harus bisa menjaga kepadatan tulang tersebut supaya tetap sehat dengan rutin berolahraga dan mengkonsumsi nutrisi seimbang. 

pentingnya menjaga kesehatan sendi lutut

Tulang dan sendi yang tidak dijaga kesehatannya, akan berpengaruh di masa lansia. Radang sendi lutut merupakan contoh penyakit tulang akibat kepadatan tulang yang terus berkurang (cek juga info lengkap penyakit berupa pengeroposan tulang akibat kekurangan kalsium).

Radang sendi lutut salah satu penyakit tulang yang kini banyak dirasakan oleh remaja. Hal itu terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena adanya peradangan kronis pada sendi yang disebabkan oleh kerusakan tulang rawan.

Jika kondisi itu terjadi, maka akan muncul rasa nyeri pada lutut jika sendi digerakkan, yang bisa menghambat aktivitas sehari-hari, bahkan bisa membuat susah berjalan.

Selain menjaga kesehatan sendi dan tulang dengan rutin berolahraga dan makan makanan bernutrisi, kamu bisa memilih beberapa makanan yang bisa menjadi pemulas sendi lutut.

Bebas Masalah Sendi dengan Minum Susu Etawaku 2 Gelas Per Hari! Diskon Hingga Rp164.000 Sekarang! Lihat Promonya Disini.

Makanan Pelumas Sendi Lutut

makanan yang menghasilkan pelumas untuk sendi lutut

Menjaga tulang yang kuat dimulai dengan memilih makanan yang tepat. Beberapa makanan berfungsi meningkatkan kepadatan tulang, memperkuat jaringan tulang, mengurangi peradangan dan mencegah cedera pada tulang.

Mengkonsumsi makanan yang menghasilkan pelumas bisa mengurangi rasa kaku dan nyeri pada lutut. Adapun makanan untuk pelumas sendi lutut, sebagai berikut:

1. Buah Ceri

Buah ceri memiliki kandungan yang disebut antosianin. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi lutut. Tidak hanya itu, ceri juga dapat mencegah serangan asam urat.

Disarankan untuk mengkonsumsi buah ceri yang segar dan tidak layu untuk memaksimalkan kandungan nutrisi yang lebih baik.

2. Paprika Merah

Meskipun sering digunakan sebagai tambahan pada masakan, namun paprika juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Paprika mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C dapat membantu tubuh dalam menghasilkan kolagen pada bagian tulang rawan, tendon dan ligamen yang berfungsi melindungi sendi.

3. Oatmeal

Oatmeal salah satu makanan yang berasal dari gandum utuh. Biasanya oatmeal banyak digunakan sebagai makanan diet dan dikonsumsi pada pagi hari untuk sarapan.

Namun ternyata selain memiliki serat yang tinggi, kandungan nutrisi pada oatmeal juga dapat meredakan peradangan sendi.

4. Brokoli

Brokoli dikenal sebagai sayuran yang memiliki kandungan gizi baik. Dalam brokoli terdapat senyawa antioksidan sulphoraphane, yang berfungsi melindungi tulang dari enzim penyebab nyeri sendi dan peradangan.

5. Bawang Putih

Bawang putih sebagai salah satu bumbu andalan di dapur memiliki sifat anti radang yang dapat mengurangi gejala lutut kaku dan nyeri.

Kandungan nutrisi dalam bawang putih juga dapat meningkatkan kerja sistem imun sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

6. Buah Beri

Buah beri memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C pada buah beri dapat mencegah osteoporosis.

Salah satu buah beri yang direkomendasikan yaitu blueberry. Buah ini mengandung flavonoid yang dapat mematikan peradangan dalam tubuh.

7. Telur

Telur adalah salah satu makanan yang banyak mengandung gizi.

Dalam satu butir telur, terdapat banyak kandungan nutrisi seperti protein dan vitamin D. Di mana manusia membutuhkan vitamin D untuk membantu proses penyerapan kalsium dalam tubuh.

8. Biji-Bijian

Biji-bijian utuh memiliki serat yang tinggi sehingga dapat membantu menghasilkan asam lemak yang dapat melawan peradangan pada sendi.

Kandungan mineral dan kalsium dalam biji-bijian bekerja sama menjaga tulang kuat. Contoh biji-bijian yang dapat dikonsumsi seperti kacang hijau dan beras merah.

9. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti biji chia mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk tubuh, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, magnesium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang.

Kandungan lemak sehatnya juga membantu dalam penyerapan nutrisi pada tubuh.

10. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau mengandung sumber nutrisi seperti kalsium, vitamin K dan magnesium. Kandungan tersebut sangat baik dalam meningkatkan kepadatan mineral pada tulang.

Adapun contoh sayuran hijau yaitu kembang kol, kubis, kangkung, sawi, bayam dan lain-lain.

11. Kenari

Kenari merupakan makanan yang memiliki kandungan protein. Kenari memiliki nutrisi seperti asam lemak omega 3. Kandungan asam lemak omega 3 dapat membantu melawan peradangan pada sendi. Namun sangat disarankan mengkonsumsi kenari dalam jumlah sedikit.

12. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega-3. Selain mengurangi peradangan, kandungan nutrisi pada ikan dapat menurunkan resiko diabetes dan penyakit jantung.

Salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik yaitu salmon. Tidak hanya mengandung asam lemak omega-3, salmon juga mengandung kalsium dan vitamin D.

13. Kunyit

Bumbu dapur ini memiliki kandungan anti inflamasi. Kandungan ini dapat membantu mengurangi peradangan dan gejala osteoporosis sehingga bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang.

14. Nanas

Nanas memiliki kandungan enzim bromelain. Kandungan tersebut dapat mengurangi nyeri sendi akibat osteoporosis dan rheumatoid arthritis. Konsumsi bagian tengah nanas, karena mengandung lebih banyak bromelain. 

15. Jahe

Selain untuk meredakan tenggorokan akibat batuk, kandungan dalam jahe juga dapat melindungi tubuh dari peradangan. Rutin mengkonsumsi jahe, dapat membantu mengurangi gejala radang sendi lutut.

16. Apel

Apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, kandungan ini terdapat pada buah dan kulit apel. Jenis antioksidan pada apel disebut quercetin. Kandungan inilah yang dapat memproduksi kolagen yang berfungsi sebagai pelumas alami untuk sendi.

17. Pepaya

Pepaya dipercaya sebagai buah yang dapat memperlancar saluran pencernaan dalam tubuh.

Selain bagus untuk pencernaan tubuh, pepaya juga mengandung vitamin C, antioksidan dan beta karoten yang dapat menjaga sendi tulang tetap sehat dan kuat.

18. Kale

Kale adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin C dan kalsium yang tinggi. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan tulang sebab dapat menjaga kesehatan sendi serta mampu memaksimalkan cairan sinovial yang diperlukan sendi. 

19. Minyak Zaitun

Dalam minyak zaitun terdapat senyawa oleocanthal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang serta mencegah peradangan sendi. Kandungan protein dalam minyak zaitun juga membuat pergerakan sendi menjadi optimal.

Cara pengolahannya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng.

20. Almond

Selain berfungsi menjaga kesehatan kulit, kandungan tinggi vitamin E pada almond juga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah munculnya radang sendi serta menurunkan resiko adanya kerusakan sendi.

Tidak hanya itu, almond juga memiliki kandungan magnesium dan asam lemak omega 3 yang bagus untuk tubuh.

21. Susu 

Susu mengandung jumlah kalsium yang cukup tinggi. Kandungan kalsium sangat bagus dalam membentuk kepadatan tulang dan menjaga tulang tetap kuat.

Produk olahan susu lainnya juga dapat dikonsumsi seperti yogurt dan keju, sebab keduanya mengandung vitamin B12 yang dapat membangun massa tulang.

22. Cokelat Hitam

Kakao atau bahan utama coklat mengandung antioksidan yang dapat melawan resistensi insulin dan peradangan. Kakao juga mengandung anti inflamasi yang bagus untuk kesehatan tulang.

Namun perlu diperhatikan, pilihlah cokelat dengan kandungan setidaknya 70% kakao. 

23. Kaldu Tulang

Kaldu tulang memiliki kandungan glukosamin, kondroitin, kalsium dan asam amino. Kandungan tersebut dapat menjaga kesehatan sendi dan kepadatan tulang. Zat gelatin yang terdapat pada tulang dapat memproduksi kolagen pada persendian dan ligamen. 

24. Oregano

Oregano memiliki banyak kandungan nutrisi seperti asam rosmarinic dan thymol. Keduanya merupakan sumber senyawa antioksidan yang kuat yang dapat mengurangi stres.

Tidak hanya itu, oregano juga memiliki sifat anti inflamasi yang berfungsi untuk menguatkan tulang. Jenis bumbu dapur ini baik dikonsumsi karena mencegah resiko osteoporosis. 

25. Kedelai Hitam

Kandungan nutrisi dalam kedelai hitam cukup banyak seperti protein, serat, magnesium dan antosianin.

Antosianin yang terdapat pada kedelai hitam memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi. Kandungan tersebut sangat baik untuk membentuk jaringan sendi dan tulang rawan.

Menjaga Kesehatan dan Menguatkan Sendi Lutut dengan Susu Etawaku

manfaat susu etawaku platinum untuk tulang dan sendi

Selain dengan mengkonsumsi makanan pelumas sendi lutut, menjaga kesehatan tulang juga harus dilengkapi dengan mengkonsumsi susu. Etawaku merupakan susu kambing yang memiliki jumlah kalsium tinggi dibandingkan susu sapi. 

Dengan susu yang lebih murni dan lebih kaya nutrisi, serta susunya lebih mudah dicerna tubuh (tidak menimbulkan alergi), Etawaku Platinum sangat cocok untuk jadi andalan kamu sebagai susu untuk penderita radang sendi!

Dengan terpenuhinya asupan kalsium dalam tubuh, maka kesehatan dan kekuatan sendi lutut ataupun tulang secara keseluruhan dapat terjaga kepadatannya.

Kamu bisa terbebas dari berbagai risiko penyakit tulang dan permasalahan seperti badan pegal, linu, nyeri, dan sejenisnya. 

Baca Juga Artikel Lainnya: Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga.

Itulah beberapa jenis makanan pelumas sendi lutut yang baik untuk dikonsumsi. Selain itu, kamu juga harus menghindari beberapa makanan penyebab nyeri sendi.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar