logo etawaku
Search
Close this search box.

3+ Manfaat Daun Ciplukan untuk Asam Lambung, Dahsyat Banget!

Bicara soal ciplukan, pasti kamu sudah tidak asing dengan tanaman ini, bukan? Namun, apakah kamu pernah mendengar fakta mengenai manfaat daun ciplukan untuk asam lambung? Jika belum, yuk cari tahu informasi lengkapnya sampai akhir dalam artikel ini agar pengetahuanmu semakin luas!

Ketika mendengar nama ciplukan, mungkin kamu langsung terbayang buah berukuran kecil berwarna orange yang memiliki rasa manis cenderung asam ya?

Nah, tanaman ini memang sangat unik loh! Meskipun ukuran pohonnya kecil, namun ciplukan kaya akan manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. 

Tak hanya itu, tanaman perdu ini juga bisa ditemukan dengan sangat mudah, seperti di kebun, tepi jalan, semak, bahkan di halaman rumah. 

Tanaman yang memiliki nama latin Physalis angulata ini memiliki penyebutan yang berbeda-beda. Di Jawa, tanaman ini dikenal dengan nama ciplukan, di Sunda disebut dengan nama cecendet, sementara orang Bali menyebutnya dengan nama keceplokan

daun ciplukan untuk asam lambung

Dikutip dari U.S. Department of Agriculture (USDA), dalam satu cangkir ciplukan (sekitar 140 gram), mengandung berbagai nutrisi yang lengkap meliputi:

  • Kalori: 74 kkal
  • Karbohidrat: 15,7 gram
  • Serat: 6 gram
  • Protein: 2,7 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Vitamin C: 21% kebutuhan harian untuk wanita dan 17% kebutuhan harian pria
  • Vitamin B1: 14% kebutuhan harian untuk wanita dan 13% untuk pria
  • Vitamin B2: 5% kebutuhan harian
  • Vitamin B3: 28% kebutuhan harian untuk wanita dan 25% untuk pria
  • Vitamin A: 7% kebutuhan harian wanita dan 6% untuk pria
  • Zat besi: 8% kebutuhan harian wanita dan 18% pria
  • Fosfor: 8% kebutuhan harian
manfaat daun ciplukan untuk kesehatan asam lambung

Sedikit review, penyakit asam lambung bisa terjadi karena otot sfingter yang terletak di antara lambung dan kerongkongan menjadi lemah, sehingga cairan asam bisa dengan mudah naik ke kerongkongan.

Umumnya, saat asam lambung kambuh, penderita penyakit ini akan merasakan berbagai gejala yang mengganggu, seperti heartburn atau rasa terbakar di dada, mual, hingga sesak napas. 

Manfaat Daun Ciplukan untuk Asam Lambung

membuat daun ciplukan untuk asam lambung

Selain beragam manfaat yang ditawarkan oleh buah ciplukan, rupanya bagian daun tanaman ini juga sangat baik untuk digunakan sebagai obat alami untuk asam lambung loh!

Penggunaan daun ciplukan bisa menjadi salah satu cara yang aman untuk mengatasi kondisi ini, karena daun ini memiliki berbagai senyawa yang bisa membantu menetralkan tingkat keasaman dalam lambung serta membantu mengatasi rasa nyeri yang dialami. 

Nah, agar lebih lengkap, berikut ini manfaat daun ciplukan untuk asam lambung:

1. Meredakan Nyeri

Daun ciplukan bersifat antiinflamasi dan analgesik, yaitu obat yang bisa meredakan nyeri secara alami. Tak hanya itu, daun ciplukan juga bisa menenangkan serta mempercepat penyembuhan penyakit ini.

Dengan begitu, tentunya akan memberikan dampak yang sangat baik, mengingat penderita asam lambung kerap mengalami nyeri saat kondisi ini kambuh. 

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daun ciplukan kaya akan kandungan antioksidan, seperti vitamin C, flavonoid, serta beta karoten. Berbagai senyawa tersebut berperan dalam melawan radikal bebas penyebab rusaknya sel serta menjaga daya tahan tubuh.

Dengan daya tahan tubuh yang optimal, penderita asam lambung bisa terhindar dari risiko komplikasi terkena penyakit lain yang menyebabkan gejala lebih parah.

3. Mengobati Peradangan

Daun ciplukan bisa mengobati peradangan karena kandungan withanolides, yaitu steroid alami yang bisa membantu meningkatkan aliran darah ke organ tubuh yang terasa nyeri. 

Dengan demikian, konsumsi daun ciplukan saat asam lambung naik bisa membantu meringankan peradangan yang terjadi. 

Cara Mengolah Daun Ciplukan untuk Asam Lambung

Agar bisa mendapatkan manfaatnya, kamu perlu mengolahnya dengan cara yang benar. Kamu bisa mengikuti langkah berikut ini agar tidak salah ya:

  1. Siapkan beberapa lembar daun ciplukan dan air secukupnya.
  2. Cuci daun ciplukan dengan air mengalir hingga semua kotoran terangkat. 
  3. Rebus air di dalam panci, lalu masukkan daun ciplukan yang telah dibersihkan. 
  4. Tunggu hingga mendidih sekitar 15 menit.
  5. Setelah itu, saring rebusan daun ciplukan dan cukup ambil air rebusannya saja. 
  6. Tuang ke dalam gelas, tunggu hingga hangat, dan air rebusan daun ciplukan siap dinikmati. 

Untuk aturan pakainya, kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun ciplukan sebanyak dua kali sehari ya!

Sebagai informasi tambahan, air rebusan daun ciplukan ini memiliki rasa yang pahit. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan madu sesuai selera agar rasanya lebih nikmat. 

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor Dalam Al Quran.

Efek Samping Minum Rebusan Daun Ciplukan

Catatan: manfaat daun ciplukan untuk asam lambung perlu dikaji lebih lanjut. Konsumsi air rebusan daun ciplukan dalam jumlah berlebihan justru tidak disarankan dan bisa menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan. 

Ambil saja salah satu contoh yaitu gangguan pencernaan, seperti diare, mual, atau muntah. Efek samping ini bisa terjadi karena tubuh belum terbiasa dengan rasa daun ciplukan. 

Reaksi alergi juga bisa muncul saat daun ciplukan dikonsumsi oleh anak-anak. Nah, apabila kamu mengalami efek samping setelah mengonsumsi air rebusan daun ciplukan, sebaiknya segera hentikan penggunaan daun ini dan konsultasikan ke dokter ya!

Baca Juga Artikel Lainnya:

Etawaku Platinum, Langkah Tepat Atasi Asam Lambung

Penderita asam lambung memerlukan nutrisi lengkap agar daya tahan tubuhnya semakin meningkat. Maka dari itu, menjaga pola makan menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan. Pasalnya, kurangnya salah satu nutrisi saja bisa berdampak buruk pada penderita asam lambung. 

Jika kamu atau orang tersayangmu memiliki riwayat asam lambung, pastikan atur pola makan dan lengkapi asupan nutrisi dengan Etawaku Platinum sebagai Susu Kambing Terbaik untuk Asam Lambung, ya!

Susu Etawaku Platinum terbuat dari 80% susu kambing etawa asli berkualitas tinggi yang memiliki nutrisi 3x lebih baik daripada susu sapi. Selain itu, sifat susu kambing juga lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh, sehingga penderita asam lambung bisa memenuhi nutrisinya dengan cepat. 

Tak hanya itu, susu Etawaku Platinum juga rendah gula loh! Jadi, produk ini bisa dikonsumsi oleh semua kalangan, termasuk penderita diabetes karena tidak menimbulkan kadar gula darah langsung melonjak. 

Keamanan dan legalitas produk kami telah terjamin, sehingga manfaat yang ditawarkan pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Maka dari itu, yuk, pilih solusi yang pasti!

Cukup minum satu gelas susu Etawaku Platinum setiap hari, bantu jaga lambung kamu sehat kembali! 

Selain manfaat daun ciplukan untuk asam lambung, buah ini juga bisa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Melindungi tubuh dari radikal bebas
  • Membantu mengurangi peradangan dalam sistem pencernaan
  • Bisa menjaga kesehatan tulang
  • Memperbaiki organ penglihatan
  • Menurunkan kolesterol
  • Membantu mengatasi penyakit kuning
  • Menjaga kesehatan saluran kemih
  • Meredakan nyeri sendi dan rematik
  • Berpotensi menurunkan berat badan
  • Menjaga kadar gula darah tetap stabil
  • Menangani asam lambung
  • Menjaga fungsi kerja hati dan ginjal
  • Mencegah penyakit otak
  • Menjaga kesehatan kulit
Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar