logo etawaku
Search
Close this search box.

5+ Manfaat Daun Kemangi untuk Asam Lambung, Catat Ya!

Selain terkenal akan aroma dan rasanya yang kuat, rupanya daun kemangi juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu untuk membantu meredakan asam lambung. Penasaran dengan manfaat daun kemangi untuk asam lambung? Yuk simak informasi berikut ini!

Tanaman yang memiliki nama latin Ocimum sanctum ini awalnya diperkenalkan di India, kemudian menyebar ke seluruh dunia. Tanaman yang kerap disebut dengan nama lemon basil ini bisa tumbuh dengan mudah baik di dataran rendah maupun tinggi. 

Kemangi merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang bisa tumbuh hingga 100 cm. Ciri khas dari tanaman ini yaitu batangnya memiliki banyak cabang dan memiliki bulu halus. Tanaman ini juga memiliki bunga majemuk berbentuk tandan dengan mahkota berwarna keunguan. 

daun kemangi untuk asam lambung

Biasanya, daun kemangi sering digunakan sebagai lalapan atau campuran dalam makanan tertentu. Aroma dan rasanya yang segar menambah rasa berbagai masakan menjadi lebih menggugah selera. 

Dilansir dari laman Alodokter, daun kemangi ternyata memiliki berbagai nutrisi loh! Dalam 100 gram daun kemangi, mengandung 23 kalori serta berbagai kandungan sebagai berikut:

  • Protein 3 gram
  • Kalsium 177 miligram
  • Kalium 295 miligram
  • Magnesium 64 miligram
  • Vitamin C 18 miligram
  • Zat besi 3 miligram

Manfaat Daun Kemangi untuk Asam Lambung

Selain itu, daun kemangi juga bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi asam lambung, loh! Manfaat daun kemangi untuk asam lambung ini berasal dari berbagai senyawa antioksidan yang diperlukan dalam penyembuhan asam lambung. 

Beberapa jenis antioksidan yang ada dalam daun kemangi adalah flavonoid dan eugenol. Dua senyawa ini berperan dalam mencegah tumbuhnya bakteri, virus, serta jamur penyebab rusaknya sel dalam tubuh. 

Agar lebih jelas, berikut pembahasan lengkap manfaat daun kemangi untuk asam lambung:

1. Mengurangi Rasa Nyeri

Kandungan antioksidan bernama eugenol dalam daun kemangi memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik. Artinya, mengonsumsi daun kemangi bisa membantu meredakan rasa nyeri saat asam lambung kambuh. 

Selain itu, mengonsumsi daun kemangi dalam takaran yang tepat juga bisa membantu mempercepat penyembuhan iritasi akibat asam lambung.

2. Menciptakan Lendir Pelindung Lambung

Asam lambung yang diproduksi secara berlebihan lama kelamaan akan membuat lapisan pelindung lambung menipis. Hal itu bisa memperparah sensasi nyeri yang dirasakan oleh penderita asam lambung saat kondisi ini kambuh. 

Kandungan betakaroten yang terdapat dalam daun kemangi bermanfaat dalam proses sintesis protein, sehingga bisa mendukung perbaikan sel yang rusak. Namun, manfaat daun kemangi untuk asam lambung ini baru dilakukan uji coba pada tikus

3. Memperlancar Pencernaan

Daun kemangi memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga fungsi saluran pencernaan agar semakin lancar. 

4. Menurunkan Kadar Asam

Mengonsumsi daun kemangi disebut-sebut bisa membantu menurunkan kadar asam dalam lambung, serta membantu menetralkan pH saat penyakit ini kambuh. 

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daun kemangi untuk asam lambung berikutnya yaitu bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya, daun ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh dalam melawan berbagai infeksi. 

Cara Mengolah Daun Kemangi untuk Asam Lambung

Beragam manfaat daun kemangi untuk asam lambung yang telah disebutkan di atas tentu membuat daun ini bisa menjadi alternatif aman untuk mengatasi masalah asam lambung. 

Nah, kamu bisa mengolah daun ini dengan beragam cara, seperti:

1. Membuat Teh Kemangi

Untuk membuat teh daun kemangi, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini ya!

  1. Siapkan bahan-bahan sebagai berikut:
  • Daun kemangi 5 ons
  • Umbi jahe 1 kg
  • Gula pasir 2,5 kg
  • Serai 5 batang
  • Daun pandan 10 lembar

  1. Cuci daun kemangi, jahe, serai, dan daun pandan hingga bersih dengan air mengalir.
  2. Keringkan daun kemangi sampai benar-benar kering.
  3. Kupas jahe, lalu parut bersama serai dan daun pandan. 
  4. Ambil sari jahe, serai, dan daun pandan, masukkan ke dalam wajan, dan buang ampasnya. 
  5. Masak sari-sari tersebut dengan api kecil, masukkan separuh gula, aduk hingga mengental. 
  6. Masukkan sisa gula pasir ke dalam wajan dan aduk sampai mengkristal. 
  7. Campurkan dengan daun kemangi yang telah kering, aduk hingga merata. 
  8. Tumbuk campuran tersebut hingga halus, kemudian ayak. 
  9. Teh kemangi siap diseduh.

2. Minum Air Rebusan Daun Kemangi

Jika ingin mengonsumsi air rebusan daun kemangi, kamu bisa membuatnya dengan cara yang sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Siapkan 3-4 lembar daun kemangi dan secangkir air. 
  2. Cuci daun kemangi hingga bersih dengan air mengalir. 
  3. Rebus air hingga mendidih, lalu campurkan dengan daun kemangi. 
  4. Tunggu hingga warnanya berubah, lalu matikan kompor. 
  5. Saring rebusan daun kemangi ke dalam gelas. 
  6. Tunggu hingga hangat dan air rebusan daun kemangi siap dinikmati. 
  7. Untuk menambah rasa dan manfaatnya, kamu juga bisa mencampurkan madu sesuai selera. 

Baca Juga Artikel Lainnya: Manfaat Daun Ciplukan untuk Asam Lambung.

Jurnal Daun Kemangi untuk Asam Lambung

jurnal daun kemangi untuk asam lambung

Sebenarnya, sudah ada banyak penelitian yang membahas manfaat daun kemangi untuk asam lambung. 

Studi yang dimuat dalam Jurnal Farmasi Higea tahun 2015 silam, misalnya, menyebutkan penggunaan daun kemangi pada tikus putih jantan bisa membantu memperbaiki keparahan tukak lambung serta menetralkan pH secara signifikan.

Sementara itu, penelitian yang dimuat Jurnal Kedokteran Brawijawa mengungkapkan bahwa percobaan yang dilakukan pada 27 ekor tikus jantan untuk mengetahui manfaat daun kemangi untuk asam lambung memang bisa menurunkan jumlah sel yang mengalami peradangan pada lapisan mukosa dan submukosa. 

Meskipun penelitian mengenai manfaat daun kemangi untuk asam lambung telah dilakukan oleh para ahli, namun sampel yang digunakan adalah tikus atau mencit. Sementara, manfaat daun ini untuk mengatasi asam lambung pada manusia masih perlu dikaji lebih jauh. 

Aturan Minum Rebusan Daun Kemangi

Perlu dicatat, mengonsumsi daun kemangi dalam jumlah berlebihan justru bisa menyebabkan efek samping yang buruk bagi sistem pencernaan loh! Oleh karenanya, kamu cukup konsumsi 1 gelas teh atau rebusan daun kemangi untuk membantu meredakan asam lambung. 

Efek Samping Daun Kemangi

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi daun kemangi, kamu perlu mengetahui berbagai potensi efek samping yang mungkin terjadi, seperti:

  • Konsumsi daun kemangi dalam jumlah berlebihan bagi ibu hamil bisa meningkatkan risiko sel telur yang dibuahi tidak menempel pada dinding rahim. Meskipun bukti tentang bahaya ini baru dikaji pada hewan, namun sebaiknya ibu hamil hindari konsumsi daun ini.
  • Penggunaan daun kemangi secara berlebihan bisa menurunkan kadar tiroksin, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita hipotiroidisme.
  • Daun kemangi berpotensi memperlambat pembekuan darah. Oleh karena itu, konsumsi daun kemangi pasca operasi bisa meningkatkan risiko pendarahan.

Selain itu, mengonsumsi daun kemangi dalam jumlah berlebihan dalam jangka waktu yang lama juga bisa meningkatkan risiko sakit perut loh! 

Jika gangguan tersebut mulai dirasakan, segera hentikan penggunaan daun ini dan konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan medis yang cepat dan tepat ya!

Artikel Terkait Lainnya:

Itu dia informasi mengenai manfaat daun kemangi untuk asam lambung, cara mengolah, jurnal, aturan pakai, hingga efek samping yang mungkin timbul setelah mengonsumsinya. Semoga bermanfaat ya!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar