logo etawaku
Search
Close this search box.

5 Manfaat Buah Mengkudu untuk Lambung, Kamu Harus Tahu!

Mengkudu adalah buah yang terkenal dengan bau busuk serta rasanya yang tidak enak. Meskipun buah ini gampang dicari, namun mayoritas orang tidak suka buah ini, bahkan beberapa juga tidak mengetahui bagaimana rasanya.

Namun tahukah kamu? Buah yang dianggap sebelah mata ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh loh. Bahkan sebagian orang meyakini jika manfaat buah mengkudu untuk lambung sangat bagus. Lalu apa saja manfaatnya? Simak artikelnya berikut ini.

Kenali Buah Mengkudu

buah mengkudu untuk asam lambung

Buah mengkudu, pace atau noni adalah buah yang tumbuh di negara iklim tropis dan subtropis. Buah ini paling banyak tersebar di negara Asia seperti Thailand, Vietnam Malaysia, India termasuk Indonesia.

Jika dilihat sepintas, buah ini terlihat seperti sirsak. Namun keduanya sangatlah berbeda. Buah mengkudu berbentuk bulat asimetris dan memiliki banyak benjolan pada bagian luar atau kulit buahnya. Saat masih mentah buah ini berwarna hijau. Namun setelah matang, buah ini berwarna putih terang dengan aroma yang busuk.

Di Indonesia buah mengkudu sangat mudah ditemukan. Namun sayangnya, buah noni ini kurang peminat. Selain mengeluarkan aroma yang kurang sedap, rasa buah mengkudu itu sendiri juga jauh dari kata enak. Tidak heran jika banyak orang yang tidak suka.

Meskipun sangat dianggap sebelah mata, namun ternyata buah mengkudu memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh loh. Dalam buah mengkudu terdapat banyak nutrisi, mineral dan antioksidan yang cukup tinggi. Tidak heran jika buah ini dapat menangkal banyak penyakit.

Lalu benarkah manfaat buah mengkudu untuk lambung cukup baik? Apakah bisa untuk mengatasi asam lambung?

Manfaat Buah Mengkudu untuk Lambung

Sebelum mengetahui apa manfaat buah mengkudu, kamu perlu tahu terlebih dahulu kandungan yang ada pada buah mengkudu. Dalam buah mengkudu mengandung berbagai mineral:

  • Selenium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Zink
  • Potasium
  • Sodium
  • Tembaga
  • Magnesium

Selain mineral, dalam buah mengkudu juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bersifat antibakteri serta antiradang. Adapun jenis antioksidannya yaitu:

  • Flavonoid
  • Lignan
  • Iridoid
  • Antrakuinon
  • Kumarin
  • Terpenoid
  • Sterol
  • Asam lemak
  • Polisakarida

Dari informasi diatas, tidak heran jika buah mengkudu dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan termasuk potensi manfaat untuk masalah pencernaan dan termasuk asam lambung. Beberapa orang percaya bahwa mengkudu dapat membantu mengurangi gejala asam lambung atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) karena sifat-sifat antiinflamasi dan antioksidannya.

Dikutip dari Alodokter, dalam sebuah penelitian menunjukkan manfaat buah mengkudu untuk mengatasi permasalahan radang lambung serta membantu menambah jumlah bakteri baik dalam lambung. Hal ini juga dapat mencegah infeksi bakteri Helicobacter pylori yang menyebabkan masalah pada lambung. Manfaat lainnya sepert:

a. Mencegah Tukak Lambung

Buah mengkudu dapat mengatasi tukak lambung atau ulkus. Cara kerjanya dengan meningkatkan lendir yang bertugas melindungi lambung dari iritasi akibat asam lambung

b. Berfungsi Sebagai Antibakteri

Kandungan antibakteri pada buah mengkudu dapat berfungsi mencegah infeksi helicobacter pylori atau penyebab utama munculnya maag.

c. Antioksidan yang Kuat

Buah mengkudu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan ini berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu mengatasi maag.

d. Pengendali Asam Lambung

Mengkonsumsi buah mengkudu sangat bagus bagi yang memiliki asam lambung. Kandungan nutrisi dalam buah mengkudu dapat membantu mengendalikan cara kerja produksi asam lambung supaya tetap dalam jumlah yang wajar.

e. Menjaga Sel Tubuh

Salah satu penyebab seseorang mengalami asam lambung karena alkohol dan merokok yang mengandung radikal bebas. Mengkonsumsi buah mengkudu dapat mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

Meskipun telah dibuktikan melalui penelitian, namun perlu diketahui jika penelitian pada manusia masih sedikit dan harus dilakukan penelitian lebih lanjut. Maka dari itu harus tetap berhati-hati saat mengkonsumsi buah mengkudu.

Cara Mengolah Buah Mengkudu untuk Asam Lambung

Karena buah mengkudu memiliki bau dan rasa yang kurang enak, maka mengkonsumsi buah mengkudu tidak harus langsung makan. Kamu bisa mengolahnya menjadi jus dengan campuran lainnya sesuai dengan keinginan.

Namun jika kamu ingin merasakan manfaat buah mengkudu untuk lambung, ikuti cara mengolahnya seperti berikut ini:

  • Siapkan lima buah mengkudu yang matang
  • Cuci bersih semua buah
  • Haluskan buah mengkudu menggunakan blender
  • Saring buah yang sudah dihaluskan di wadah yang berbeda
  • Tambahkan madu atau jeruk nipis untuk menghilangkan bau serta rasa pahit

Baca Juga: Penderita Asam Lambung Sering Menguap, Benarkah?

Aturan Minum Mengkudu

Sebenarnya tidak aturan pastinya tentang aturan minum jus buah mengkudu. Namun jika kamu ingin mendapatkan manfaat buah mengkudu untuk lambung, maka sebaiknya konsumsi di pagi hari sebelum sarapan.

Meskipun buah mengkudu sering dijadikan sebagai obat tradisional, namun tetap perlu diperhatikan cara mengkonsumsinya. Sebab bagi sebagai orang konsumsi buah mengkudu dapat menimbulkan efek samping seperti mual, pusing dan diare.

Bahaya Buah Mengkudu

Selain memiliki manfaat, namun mengkonsumsi buah mengkudu secara berlebihan juga tidak baik bahkan dapat berbahaya untuk tubuh. Ada beberapa efek dari konsumsi dari buah mengkudu, yakni:

a. Proses Pembekuan Darah Lambat

Apabila kamu memiliki masalah gangguan pendarahan, jangan konsumsi buah mengkudu. Mengkonsumsi buah mengkudu akan memperlambat proses pembekuan darah pada tubuh. Saat kamu sedang konsumsi obat, mengkudu merendahkan efektivitas obat tersebut

b. Mengubah ASI

Tidak hanya saat hamil, namun saat sedang keadaan menyusui dilarang mengkonsumsi mengkudu. Mengkonsumsi mengkudu dapat membuat senyawa dalam buah masuk ke air susu dan merusak nutrisi pada ASI. Hal ini dapat merubah ASI menjadi racun dan bahaya untuk bayi.

c. Merusak Hati

Bahaya buah mengkudu selanjutnya yaitu merusak hati. Dalam buah mengkudu terdapat kandungan antrakuinon atau senyawa yang mengandung racun untuk hati. Oleh karena itu jangan konsumsi buah mengkudu secara berlebihan atau lebih baik konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

d. Gangguan Pencernaan

Berbeda dengan buah lainnya yang dapat membantu melancarkan pencernaan, buah mengkudu jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengganggu pencernaan. Zat ada buah mengkudu akan membuat tekanan pada pencernaan dan membuat perut jadi terganggu.

Rekomendasi Artikel Lainnya: Manfaat Kayu Bajakah untuk Asam Lambung.

Menjaga Kesehatan Lambung dengan Etawaku

Kesehatan lambung penting untuk dijaga, supaya terhindar dari penyakit maag dan asam lambung. Selain mengkudu, kamu juga bisa mengkonsumsi Etawaku untuk menjaga supaya lambung tetap sehat.

Etawaku adalah susu kambing etawa murni dengan kombinasi krimer yang memiliki nutrisi 3x lebih dari susu sapi sehingga kaya akan manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Konsumsi Etawaku juga bisa menjadi solusi tepat untuk atasi masalah lambung.

Dalam produk ini terdapat kandungan alkali, sehingga cocok dikonsumsi untuk penderita asam lambung dan penyakit maag. Selain itu, susu kambing Etawaku rendah kasein dan laktosa, sehingga aman bagi yang memiliki alergi terhadap susu.

Etawaku Platinum, susu kambing yang baik untuk penderita asam lambung!

Itulah manfaat buah mengkudu untuk lambung. Meskipun terbukti ilmiah, namun ini bukan solusi yang tepat. Jika maag atau asam lambung kambuh, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Baca Juga: Aturan Makan Pati atau Umbi Garut untuk Asam Lambung.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar