logo etawaku
Search
Close this search box.

Apakah Penderita Asam Lambung Sering Menguap? Cek Faktanya Disini

Apakah benar penderita asam lambung sering menguap? Hal ini cukup sering ditanyakan oleh mereka, yang punya masalah dengan asam lambung. Terlalu sering menguap tentu membuat kita tidak nyaman. Apalagi, kalau sedang kumpul dengan orang lain. Kita akan terlihat orang yang sedang lemas dan tidak bertenaga.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak artikel ini sampai akhir! Asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah penyakit yang disebabkan karena gaya hidup serta pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat. Di zaman sekarang, penyakit asam lambung sudah menjadi penyakit umum yang dialami oleh banyak orang.

Asam lambung akan diikuti dengan gejala seperti:

  • Nyeri bagian ulu hati
  • Panas bagian dada
  • Tenggorokan sakit
  • Perut mules, mual hingga muntah.

Seseorang yang terkena asam lambung akan merasa lemas bahkan tidak bisa melakukan aktivitas. Tentunya ini mengganggu aktivitas sehari-hari.


Tidak hanya gejala seperti diatas, penderita asam lambung akan merasakan gejala lainnya, seperti:

a. Suara Serak

Saat seseorang mengalami asam lambung, suaranya akan berubah menjadi serak. Hal ini karena refluks asam yang masuk ke pita suara sehingga menyebabkan peradangan kronis. Suara serak dapat mempengaruhi bicara, apabila dibiarkan akan merusak tenggorokan lebih parah.

b. Produksi Air Liur Berlebih

Gerd, membuat asam lambung bergerak menuju tenggorokan. Hal ini membuat produksi air liur berlebih. Air liur karena gerd akan lebih asam daripada biasanya. Jika lambung sudah mengalami iritasi yang cukup parah, maka air liur yang diproduksi lebih banyak. Namun hal ini jarang terjadi.

c. Radang Tenggorokan

Asam lambung yang ke tenggorokan akan menyebabkan sakit tenggorokan kronis. Radang membuat tenggorokan sakit, perih, dan sulit untuk menelan makanan atau minuman. Kondisi ini harus segera diobati supaya tidak semakin parah.

d. Nafas Bau

Bukan hanya karena tidak gosok gigi. Namun, nafas bau juga bisa disebabkan karena adanya penyakit asam lambung. Gejala ini banyak dirasakan penderita asam lambung, sehingga membuat tidak percaya diri saat berbicara.

Meskipun diatas merupakan gejala umum yang sering dirasakan penderita asam lambung. Namun, tidak sedikit juga yang bertanya apakah asam lambung sering menguap saling berkaitan?

Penderita Asam Lambung Sering Menguap, Benarkah Demikian?

Apakah Asam Lambung Menyebabkan Sering Menguap

Jadi, asam lambung tidak menyebabkan menguap ataupun mengantuk secara langsung. Namun, bisa menjadi penyebabnya secara tidak langsung.

Berdasarkan kondisinya, asam lambung dibagi menjadi dua yaitu asam lambung dispepsia fungsional dan dispepsia organik

Dispepsia fungsional artinya tidak adanya kelainan organ pada lambung. Sedangkan dispepsia organik artinya ada kelainan organ dalam lambung.

Jika yang terjadi adalah dispepsia fungsional, maka dapat membuat penderita asam lambung sering menguap.

Mengapa demikian?

Saat seseorang mengalami asam lambung dispepsia fungsional, mereka membutuhkan obat yang berfungsi untuk mengurangi kecemasan seperti alprazolam.

Jika penderita asam lambung mengkonsumsi alprazolam, akan merasakan beberapa efek samping salah satunya mengantuk. Apabila sudah merasakan efeknya, maka akan menguap secara terus-menerus.

Penyebab Lain Sering Menguap

Menguap selalu dikaitkan dengan rasa kantuk. Namun faktanya, ada beberapa hal yang dapat membuat seseorang sering menguap meskipun tidak ngantuk, seperti:

1. Merasa Bosan

Keadaan bosan dapat membuat seseorang menguap tanpa sadar. Tentunya ini merupakan hal yang wajar.

2. Mengalami Gangguan Tidur

Saat seseorang mengalami gangguan tidur, biasanya akan sering menguap. Selain menguap, gangguan tidur juga memiliki gejala lainnya seperti mudah marah, sulit berkonsentrasi, demotivasi, otot lemah dan nyeri.

3. Gangguan Kecemasan

Menguap juga sering dikaitkan dengan gangguan kecemasan atau anxiety. Seseorang yang memiliki gangguan kecemasan dapat mempengaruhi sistem pernafasan, jantung, dan lain-lain. Hal ini bisa diatasi dengan rajin berolahraga dan konsumsi makanan bergizi.

4. Obat-Obatan

Apabila kamu sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, maka itu bisa menjadi penyebab mengapa kamu sering menguap. Beberapa obat yang dapat menyebabkan kantuk yaitu antidepresan, antihistamin, obat anti nyeri, dan lain sebagainya.

5. Depresi

Depresi adalah gangguan mental yang dapat membuat seseorang menjadi sering menguap. Saat depresi akan merasa lelah dengan pikiran, hal itulah yang membuat seseorang menjadi menguap terlalu sering. Namun, menguap karena depresi juga bisa disebabkan karena mengkonsumsi obat antidepresan.

6. Kegagalan Organ Hati

Menguap berlebih bisa menjadi tanda jika ada kegagalan pada organ hati. Jika seseorang menderita gagal organ hati akan menyebabkan penderitanya merasa lelah. Penyakit ini juga disertai dengan gejala lainnya seperti diare dan hilangnya nafsu makan.

7. Stroke

Menguap secara terus menerus dapat dikaitkan dengan masalah penyakit stroke. Stroke merupakan kondisi pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan terganggunya aliran darah yang mengalir ke otak.

8. Gangguan Jantung

Seseorang yang terkena gangguan jantung biasanya akan disertai beberapa gejala seperti mengantuk, sakit pada bagian dada, nyeri tubuh bagian atas dan mual. Namun jika gejala semakin parah, segera hubungi dokter.

9. Epilepsi

Epilepsi merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan pada sistem saraf pusat. Jika seseorang terkena epilepsi kemungkinan akan menguap secara berlebihan setelah mengalami kejang-kejang. Penderita epilepsi juga akan merasa mudah lelah, sehingga sering menguap.

10. Menular dari Orang Lain

Selain karena penyebab di atas, menguap juga terjadi karena menular. Saat kamu melihat seseorang menguap, maka secara tidak sadar kamu juga akan ikut menguap. Hal ini karena adanya rasa empati dan ikatan emosional yang kuat antar manusia.

Baca Juga Artikel Lain: Cara Mengolah Bengkoang untuk Asam Lambung.

Tips Agar Tidak Mudah Menguap dan Lemas

Tips Agar Tidak Mudah Menguap karena asam lambung

Beraktivitas namun sering menguap dan merasa lemas, membuat pekerjaan semakin terasa berat. Namun jangan khawatir, kondisi tersebut dapat diatasi dengan cara berikut ini:

1. Minum Air

Minum air dapat membuat rasa lemas dan menguap hilang seketika. Sebab jika sedang melakukan aktivitas namun tubuh kurang minum, maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Saat beraktivitas, jangan lupa untuk cukup minum supaya suhu tubuh dan otak tetap normal.

2. Bernafas Lewat Hidung

Bernafas lewat hidung merupakan cara mudah supaya tubuh tidak lemas dan sering menguap. Dengan bernafas melalui hidung, akan menggantikan udara panas di otak, sehingga menurunkan suhu di tubuh dan otak.

3. Makan Sehat

Jika ingin beraktivitas lebih semangat, sebaiknya makan makanan sehat dan bergizi. Dengan begitu otak akan bekerja dengan baik dan tidak mudah merasa ngantuk.

4. Melakukan Gerakan Kecil

Untuk menghilangkan kebosanan perlu melakukan gerakan kecil. Tujuannya untuk memperlancar sirkulasi darah dan menghilangkan rasa ngantuk yang datang.

Rekomendasi Artikel: Ciri Ciri Vertigo Karena Asam Lambung.

Minum Etawaku, Susu Terbaik untuk Penderita Asam Lambung!

Untukmu yang mengalami kondisi asam lambung dan sering lemas. Tentunya tidak ingin kondisi tersebut terjadi terus menerus, bukan?

Untuk mengatasinya, kamu bisa minum Susu Etawaku Platinum. Etawaku terbuat dari susu kambing etawa asli yang disertai nutrisi tinggi. Sehingga, stamina dan daya tahan tubuh bisa bertambah.

Etawaku juga bisa untuk mengatasi masalah lambung, karena susunya bersifat alkali yang baik untuk pencernaan.

Yuk! Pilih etawaku sebagai pilihan terbaik susu kambing untuk penderita asam lambung!

Itulah penjelasan asam lambung sering menguap beserta dengan tips cara mengatasinya. Kesimpulannya, asam lambung bukan menjadi penyebab langsung sering menguap. Namun, karena diikuti dengan faktor atau gejala lainnya.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar