logo etawaku
Search
Close this search box.

10+ Obat Batuk Berdahak Tradisional untuk Dewasa, Pasti Sembuh!

Selain mengonsumsi obat dari dokter atau apotek, beberapa obat tradisional atau obat herbal juga sangat manjur untuk mengatasi gejala batuk. Apa saja obat batuk berdahak tradisional untuk dewasa? Jika ingin tahu, baca artikel ini sampai selesai, ya!

Batuk berdahak memang sering kali datang secara tiba-tiba dan cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi, jika terjadi secara terus-menerus. Oleh karena itu, dibutuhkan obat untuk mengurangi gejala batuk lainnya.

Batuk adalah respon tubuh ketika ada benda asing (debu, polusi alergen) yang masuk ke sistem pernafasan. Saat batuk berdahak, maka tubuh akan memproduksi banyak lendir yang berfungsi untuk mengeluarkan benda asing atau organisme penyebab infeksi.

Ketika benda asing masuk ke dalam sistem pernapasan, maka otak akan mengirim sinyal melalui saraf ke otot. Saat otot berkontraksi, maka udara akan menyembur dan mengeluarkan benda asing melalui sistem pernafasan dengan batuk. Oleh karena itu, saat batuk disarankan mengeluarkan dahak bukan menelannya

Penyebab Batuk Berdahak

penyebab batuk berdahak

Normalnya, batuk terjadi hanya dalam kurun waktu kurang dari sebulan. Apabila lebih dari satu bulan, maka kemungkinan disebabkan oleh masalah medis. Adapun penyebabnya yaitu:

a. Asma

Asma merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi saluran pernafasan atas dan dapat menjadi lebih parah saat terpapar udara dingin.

b. Gerd

Gerd adalah kondisi saat asam lambung mengalir kembali ke saluran yang menghubungkan lambung dan tenggorokan (kerongkongan). Iritasi yang terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan batuk kronis dan memperburuk gerd.

c. Infeksi

Batuk berdahak dengan waktu yang cukup lama dapat disebabkan karena adanya infeksi jamur pada paru-paru, infeksi tuberkulosis atau infeksi paru-paru yang diakibatkan oleh organisme mikobakterium non tuberkulosis.

d. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

PPOK merupakan penyakit radang paru-paru kronis yang menyebabkan terhambatnya aliran udara dari paru-paru. Mayoritas penderita PPOK adalah perokok aktif atau mantan perokok.

e. Obat Tekanan Darah

Dalam obat tekanan darah terdapat enzim inhibitor yang merupakan enzim pengubah angiotensin. Enzim ini dapat menyebabkan seseorang terkena batuk kronis.

f. Pneumonia

Pneumonia adalah gejala yang disebabkan karena peradangan pada paru-paru akibat bakteri, infeksi virus, dan jamur. Pada saat awal, batuk tidak akan berdahak. Namun, jika berlangsung selama beberapa hari akan mengeluarkan dahak yang bercampur dengan darah.

g. Bronkitis

Bronkitis adalah kondisi saat lapisan dalam dinding bronkus mengalami peradangan. Seseorang yang menderita bronkitis akan memproduksi dahak lebih banyak, tebal dan berwarna.

Obat Batuk Berdahak Tradisional untuk Dewasa (Herbal)

obat batuk berdahak tradisional

Batuk berdahak membuat sesak, pilek, hidung mampet, pernafasan yang tidak teratur, dan lain-lain.

Beberapa bahan herbal alami dapat membantu mengatasi batuk berdahak. Berikut ini jenis obat herbal untuk batuk berdahak yang harus kamu ketahui:

1. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang populer sebagai obat tradisional. Tidak sedikit orang yang menggunakan jahe sebagai obat untuk mual, sakit perut hingga meredakan batuk berdahak.

Mengonsumsi air rebusan jahe saat batuk adalah pilihan terbaik. Air rebusan jahe dapat mengatasi iritasi, kekeringan, dan menghilangkan lendir di tenggorokan. Namun, mengonsumsi jahe secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi tenggorokan, perut tidak nyaman, dan mulas.

2. Kunyit

Kunyit digunakan sebagai obat herbal untuk batuk berdahak dan berbagai macam penyakit selama bertahun-tahun. Kunyit memiliki senyawa aktif seperti kurkumin dan sifat anti inflamasi. Kunyit ini sangat mudah ditemukan, terutama di pasar.

3. Peppermint

Selain digunakan untuk minuman yang menyegarkan, ternyata peppermint memiliki banyak khasiat untuk berbagai macam penyakit. Kandungan mentol yang ada dalam peppermint dapat meringankan gejala pilek dan meredakan batuk.

4. Akar Marshmallow

Akar marshmallow berasal dari Althaea officinalis. Daun dan akar tanaman marshmallow terkenal sejak dulu untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk. Dalam sebuah penelitian, menjelaskan jika tanaman marshmallow efektif mengurangi batuk karena memberikan efek menenangkan bagi tenggorokan yang teriritasi.

5. Madu

Madu adalah salah satu obat tradisional yang bagus untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu dapat meredakan batuk lebih efektif dibandingkan dengan beberapa obat. Untuk khasiat yang lebih efektif, konsumsi madu dengan lemon atau bahan alami lainnya.

6. Air Garam

Beberapa orang tua menyuruh anaknya untuk berkumur dengan air garam saat sedang batuk. Ternyata itu bukan mitos belaka. Garam dapat menjadi obat karena membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menginfeksi tenggorokan. Sehingga, berkumur dengan air garam dapat membuat batuk lebih cepat sembuh.

7. Bawang Putih

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat batuk berdahak tradisional untuk dewasa . Bawang putih memiliki senyawa allicin yang dapat membunuh bakteri dan virus dari tenggorokan. Tak hanya itu, sifat antimikroba dalam bawang putih juga mampu menghentikan infeksi ataupun iritasi yang membuat produksi dahak berlebih.

8. Nanas

Tidak hanya sebagai buah yang menyegarkan, nanas juga bisa menjadi obat batuk yang efektif. Dalam nanas terdapat kandungan enzim bromelain yang dapat membantu meredakan batuk berdahak. Selain itu, nanas memiliki sifat anti inflamasi yang dapat memecah dahak yang menggumpal di paru-paru dan tenggorokan.

9. Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, lemon juga sering dimanfaatkan sebagai obat batuk alami. Kandungan vitamin C pada lemon dapat membunuh infeksi yang terjadi di saluran pernafasan.

10. Yogurt

Meskipun tidak dapat menyembuhkan secara langsung. Namun, kandungan probiotik dapat meningkatkan imun dalam tubuh sehingga terhindar dari penyakit. Tubuh yang fit akan lebih meredakan gejala batuk berdahak.

11. Thyme

Thyme salah satu obat herbal yang dapat menyembuhkan batuk berdahak. Dalam sebuah penelitian, menemukan jika ekstrak herbal thyme dapat membantu mengurangi batuk tanpa adanya efek samping.

Daun thyme mengandung senyawa flavonoid yang dapat mengendurkan otot tenggorokan, yang berperan dalam batuk dan mengurangi peradangan.

12. Akar Licorice

Dalam sebuah penelitian, akar licorice mengandung ekspektoran dan demulcent, yang dapat mengatasi batuk dan mengencerkan dahak. Sehingga, lebih mudah keluar saat batuk.

13. Cuka Apel

Cuka apel dipercaya dapat menyembuhkan batuk berdahak. Dalam cuka apel terdapat kandungan asam asetat yang bersifat antibakteri, yang mampu memecah gumpalan lendir dan membunuh bakteri yang menginfeksi saluran pernafasan.

Baca Juga: Apakah Saat Batuk Boleh Makan Bakso?

Mengatasi Batuk Berdahak dengan Susu Etawaku

Jika menggunakan Obat Tradisional terlalu rumit untuk Anda. Maka solusinya bisa pilih cara lain yang lebih mudah dan pasti.

Susu Etawaku Platinum bisa menjadi jawaban terbaik sebagai susu kambing untuk batuk berdahak. Dengan susu kambing etawa asli yang memiliki nutrisi tinggi, Etawaku bisa untuk mengatasi masalah pernapasan. Hal itu karena adanya kandungan fluorin dalam susu etawa.

Etawaku dapat membantu kamu mengatasi masalah seperti batuk, flu, asma, hingga TBC maupun penyakit pernapasan lainnya!

Itulah macam-macam obat batuk berdahak tradisional untuk dewasa yang efektif khasiatnya. Apabila batuk disertai dengan gejala lainnya, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut, ya!

Rekomendasi Artikel Lainnya: Makanan yang Boleh Dimakan Saat Batuk Berdahak.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar