logo etawaku
Search
Close this search box.

6 Jenis Pisang yang Aman untuk Asam Lambung, Jangan Salah!

Siapa si yang tidak suka pisang? Pastinya hampir semua orang suka dengan buah satu ini. Selain rasanya yang enak, pisang juga merupakan buah yang memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh, tak terkecuali untuk kebaikan asam lambung. Namun, ada beberapa jenis pisang yang dianggap tidak baik untuk lambung.

Jika begitu, lalu apa saja jenis pisang yang aman untuk asam lambung? Untuk itu, simak ulasan lengkapnya di artikel berikut, ya!

Memang pada dasarnya ada banyak sekali pantangan penderita asam lambung, bahkan buah-buahan yang dianggap selalu menyehatkan juga beberapa ada yang masuk sebagai pantangan untuk asam lambung.

pisang yang aman untuk penderita asam lambung

Pisang merupakan buah yang mengandung berbagai macam nutrisi terutama serat yang dapat menunjang kesehatan saluran pencernaan. Tak hanya itu, kandungan pektin dalam pisang dapat mendorong makanan melewati pencernaan.

Belum lagi, kandungan asam pada buah pisang rendah dan rasanya yang hambar dapat menetralisir kadar asam lambung yang tinggi.

Oleh karena itu, buah pisang aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung (meskipun ada beberapa jenis pisang yang tidak boleh dikonsumsi saat asam lambung. Berikut beberapa kebaikan pisang untuk lambung.

1. Rendah Asam

Penderita asam lambung harus menghindari makanan yang memiliki kadar asam yang tinggi. Pisang salah satu buah yang memiliki kadar asam rendah dan dapat membantu meredakan gejala refluks asam. Cara kerjanya yaitu dengan melapisi lapisan organ esofagus yang mengalami iritasi.

2. Tinggi Serat

Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi. Tidak heran jika buah pisang kerap digunakan sebagai makanan diet bagi penderita gerd atau yang memiliki masalah asam lambung. Hal ini disebabkan karena makanan yang tinggi serat dapat meningkatkan tekanan istirahat sfingter esofagus pada bagian bawah. 

3. Mengandung Basa

Pisang memiliki kandungan pH yang lebih tinggi. Hal ini yang membuat pisang baik untuk meredakan gejala asam lambung. 

Baca Juga Artikel Lainnya: Manfaat Cuka Apel untuk Asam Lambung.

Jenis Pisang yang Aman untuk Asam Lambung

pisang yang aman untuk lambung

Tahukah kamu? Ternyata tidak semua pisang aman untuk asam lambung loh. Lalu apa saja jenis pisang yang aman untuk asam lambung? 

1. Pisang Ambon Kuning

Pisang ambon merupakan jenis pisang yang aman untuk asam lambung. Pisang ini memiliki rasa yang manis namun dengan kandungan gula yang tidak terlalu tinggi. Sehingga aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung.

2. Pisang Kepok

Jenis pisang ini dianggap aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Tekstur pisang kepok yang lembut akan lebih mudah dicerna oleh perut. Rasanya yang manis dan kaya akan kandungan serat membuat pisang ini dapat menjaga pencernaan supaya tetap sehat.

3. Pisang Raja Sereh

Pisang raja sereh merupakan jenis pisang yang aman untuk asam lambung karena memiliki tingkat keasaman yang rendah. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat pisang ini mudah dicerna oleh tubuh.

4. Pisang Susu

Pisang ini seringkali diberikan pada orang yang sedang sakit. Pisang susu memang salah satu jenis pisang yang aman untuk asam lambung. Sebab teksturnya yang lembut dan kandungan asam yang rendah tidak meningkatkan asam lambung. 

5. Pisang yang Sudah Matang

Bagi penderita asam lambung sangat disarankan untuk konsumsi pisang yang sudah matang. Sebab pisang yang matang memiliki kandungan asam yang lebih rendah dibandingkan pisang mentah yang berwarna hijau.

6. Makan Pisang Secukupnya

Pisang memang banyak digunakan sebagai pengganti karbohidrat terutama saat sedang diet. Namun ada baiknya tetap mengkonsumsi pisang secukupnya saja. Sebab terlalu banyak makan pisang akan membuat perut terasa penuh dan meningkatkan risiko refluks asam lambung. 

Pisang merupakan buah yang enak untuk dikonsumsi, mau itu dimakan langsung, dimasak, atau dengan dicampur dengan bahan tertentu, semuanya enak! Misalnya, susu campur pisang, coklat campur pisang, dan masih banyak lagi kreasi lain dari makanan pisang.

Jenis Pisang yang Tidak Boleh Dikonsumsi Asam Lambung

Supaya tidak salah memilih pisang, berikut beberapa jenis pisang yang tidak dianjurkan bagi penderita asam lambung:

1. Pisang Hijau

Pisang yang berwarna hijau artinya belum matang. Jenis pisang ini memiliki kadar asam tinggi yang dapat menyebabkan refluks asam lambung. Oleh karena itu sebaiknya hindari konsumsi pisang hijau.

2. Pisang Abaca

Pisang abaca merupakan salah satu jenis pisang yang memiliki racun sehingga dapat meningkatkan risiko iritasi lambung. Tak hanya itu senyawa dalam pisang ini juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada sistem pencernaan.

Artikel Lainnya: Cara Minum Pati Garut untuk Asam Lambung.

Efek Samping Pisang untuk Asam Lambung

Meskipun pisang merupakan buah yang memiliki cukup banyak nutrisi, namun bukan berarti tidak menimbulkan efek samping. Berikut ini efek samping pisang untuk asam lambung.

1. Meningkatkan Gula Darah

Dalam pisang terdapat kandungan gula alami yang rendah seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Konsumsi pisang dalam jumlah yang banyak akan meningkatkan kadar gula darah terutama bagi yang memiliki diabetes tipe 2 yang berkaitan dengan asam lambung.

2. Reaksi Alergi

Meskipun pisang menjadi buah kesukaan semua orang, namun ternyata ada beberapa orang yang mengalami reaksi jika akan pisang loh. Gejala reaksi alergi pun berbeda, namun umumnya yaitu terjadi pembengkakan pada bibir dan lidah, gatal-gatal, hingga kesulitan bernafas. 

3. Meningkatkan Risiko Refluks Asam

Meskipun di atas sudah menjelaskan jika kandungan pH pisang yaitu basa, namun ada beberapa makanan pisang yang memiliki kandungan asam seperti pisang asam. Sebab, nantinya dapat meningkatkan risiko refluks asam. 

Apakah Asam Lambung Boleh Makan Pisang Goreng?

Pisang goreng adalah salah satu cemilan yang enak. Dengan bahan pisang yang dibalut tepung kemudian digoreng, membuat pisang menjadi krispi dan semakin lezat. Meskipun enak, namun sayangnya pisang goreng bukan makanan yang sehat.

Pisang goreng memiliki kandungan minyak yang cukup tinggi sehingga tidak bagus untuk pencernaan. Proses penggorengannya pun  dapat meningkatkan risiko refluks asam lambung, sehingga sangat tidak disarankan.

Atasi Masalah Asam Lambung dengan Etawaku

Sudah punya asam lambung lama dan tak kunjung sembuh? Daripada terus-terusan begitu dan kamu terpaksa menghindari berbagai makanan (yang padahal kamu suka), maka kamu harus segera menemukan solusinya.

Untuk itu, kamu bisa pilih dengan minum susu kambing yang bermanfaat untuk asam lambung, Etawaku Platinum!

Manfaat utama dari Etawaku sendiri yaitu untuk kepadatan tulang sendi dan kesehatan pernapasan, namun juga baik untuk sistem pencernaan tubuh seperti mengatasi asam lambung.

Etawaku adalah susu kambing murni yang memiliki berbagai kandungan baik untuk tubuh. Mulai dari tinggi kalsium, protein, dan nutrisi baik lainnya.

Susunya juga bersifat alkali, sehingga cocok dikonsumsi untuk penderita asam lambung dan penyakit maag. Selain itu, susu kambing Etawaku rendah kasein dan laktosa (aman bagi yang memiliki alergi terhadap susu).

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar