logo etawaku
Search
Close this search box.

15 Manfaat Cuka Apel untuk Asam Lambung dan Aturan Minumnya

Saat muncul masalah asam lambung, rasa sakit dan tidak nyaman tentunya mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ada banyak pengobatan yang disinyalir dapat menyembuhkan masalah asam lambung, salah satunya menggunakan cuka apel. Lalu sebenarnya apa manfaat cuka apel untuk asam lambung? Bagaimana cara yang untuk mengonsumsinya?

Cuka apel merupakan produk yang dibuat dari sari buah apel yang sudah difermentasi. Cara membuatnya dengan cara memeras sari apel dan ditambahkan ragi serta bakteri untuk dilanjutkan pada proses fermentasi. 

Dalam proses fermentasi, ragi dan bakteri akan mengubah gula yang ada pada sari apel menjadi alkohol. Lalu bakteri pembentuk asam asetat akan mengubah alkohol menjadi cuka yang mengandung asam asetat, asam galat, katekin, dan senyawa lainnya.

cara dan aturan minum cuka apel untuk asam lambung

Adapun kandungan gizi yang ada pada 100 ml cuka apel yaitu:

  • Energi: 21 kkal
  • Karbohidrat: 0,93 gram
  • Gula total: 0,4 gram
  • Kalsium: 7 miligram
  • Zat besi: 0,2 miligram
  • Magnesium: 5 miligram
  • Fosfor: 8 miligram
  • Kalium: 73 miligram
  • Natrium: 5 miligram

Selain kandungan di atas, cuka apel juga memiliki kandungan berbagai mineral seperti zinc, tembaga, mangan, dan selenium dengan jumlah yang kecil.

Meskipun ini adalah cuka, namun jangan salah karena cuka apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat cuka apel yaitu untuk asam lambung, apakah benar?

Manfaat Cuka Apel untuk Asam Lambung

Beberapa orang mengatakan jika cuka apel dapat mengatasi masalah asam lambung. Untuk lebih jelasnya simak manfaat cuka apel untuk asam lambung sebagai berikut:

1. Mengurangi Produksi Asam Lambung

Cuka apel dapat mengurangi produksi asam. Hal ini karena dalam cuka apel terdapat kandungan asam asetat yang dapat membantu mengurangi produksi asam lambung dan mengatasi gejala asam lambung yang berlebih.

2. Membantu Mengatasi Refluks Asam

Beberapa penderita asam lambung mengatakan jika mengonsumsi cuka apel dapat membantu meningkatkan refluks asam apabila masalah asam lambung disebabkan karena kurangnya asam.

3. Memberikan Rasa Kenyang

Uniknya, cuka apel juga bisa memberi rasa kenyang, sehingga bisa membantu mengelola berat badan dengan mengurangi asupan makanan.

4. Memiliki Kandungan Antioksidan

Kandungan antioksidan pada cuka apel dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan sel.

Baca Juga: Jenis Pisang yang Aman untuk Asam Lambung.

Cara dan Aturan Minum Cuka Apel untuk Asam Lambung

  1. Sebelum mengonsumsi cuka apel, kamu harus mengetahui dulu cara dan aturan minum yang tepat.
  2. Pastikan memilih cuka apel organik yang belum difilter (masih mengandung kandungan nutrisi dan bakteri sehat yang optimal).
  3. Setelah itu, masukan dua sendok cuka apel ke dalam satu gelas berisi air hangat. Tujuannya dapat mengurangi tingkat asam dan mencegah iritasi.
  4. Minumlah air cuka apel pada waktu 15-30 menit sebelum makan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi produksi asam lambung.
  5. Perlu diperhatikan, mulailah mengonsumsi dengan dosis rendah terlebih dahulu dan hindari konsumsi berlebihan.

Benarkah Cuka Apel dapat Mengatasi Asam Lambung?

Meskipun informasi di atas menjelaskan mengenai manfaat cuka apel asam lambung, namun faktanya hingga saat ini belum banyak penelitian yang membahas manfaat tersebut.

Namun, terdapat penelitian yang mengatakan jika cuka apel kemungkinan dapat berguna jika dikonsumsi sebelum makan dengan suplemen makanan lainnya, seperti magnesium sitrat, suplementasi probiotik, dan deglisirrhizinated

Dikutip dari Klikdokter, menurut dr. Reza Fahlevi mengatakan, jika penggunaan cuka apel untuk mengatasi asam lambung dapat memperburuk gejala. Sebab, cuka apel bersifat asam sehingga dapat memperparah asam lambung apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Selain bersifat asam, cuka apel juga bersifat korosif yang dapat memberikan efek samping seperti erosi gigi, iritasi tenggorokan, dan memberikan sensasi terbakar di mulut, kerongkongan, dan perut. 

Oleh sebab itu, alangkah baiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menjadikan cuka apel sebagai obat asam lambung. 

Manfaat Cuka Apel Lainnya untuk Kesehatan

Selain untuk mengatasi masalah asam lambung, tidak sedikit orang yang percaya jika cuka apel juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat cuka apel untuk kesehatan:

1. Melindungi Sel Tubuh

Meskipun belum ada bukti ilmiah, namun banyak yang mempercayai jika cuka apel memiliki kandungan polifenol yang dapat melindungi sel tubuh dari berbagai penyakit bahaya dan kanker. 

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Cuka apel dipercaya dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Sebab, dalam cuka apel terdapat kandungan probiotik yang berfungsi menjaga keseimbangan mikroflora dalam usus.

Tak hanya sembelit, cuka apel juga mampu mengatasi diare karena terdapat kandungan pektin yang mampu mengentalkan tekstur feses.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat selanjutnya yaitu cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini juga sudah direkomendasikan oleh beberapa ahli kesehatan.

Dalam sebuah penelitian mengatakan, jika mengonsumsi cuka apel dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 275 sepanjang hari. Namun hal ini juga perlu diimbangi dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

4. Memutihkan Gigi

Sebagian orang mengatakan jika cuka apel dapat memutihkan gigi. Caranya cukup jadikan cuka apel sebagai obat kumur. Namun, penting diketahui jika cuka apel memiliki sifat korosif yang dapat mengikis lapisan enamel gigi. 

5. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker disebabkan karena adanya pertumbuhan sel tidak normal yang merusak jaringan sehat dalam tubuh. Dalam cuka apel mengandung beta karoten dan antioksidan yang memiliki fungsi melawan radikal bebas. 

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Cuka apel bisa menjadi solusi untuk kamu yang memiliki masalah kulit kering dan eczema. Cuka apel dapat membantu menyeimbangkan pH alami kulit. Dengan begitu kulit akan mendapatkan perlindungan yang baik.

7. Memelihara Kesehatan Jantung

Dalam cuka apel mengandung antioksidan tinggi dan asam asetat. Kedua kandungan tersebut dapat berperan dalam menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko hipertensi dan kadar kolesterol. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, oleh karena itu lebih baik konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

8. Mengatasi Infeksi Jamur

Cuka apel dapat membantu dalam mengatasi masalah infeksi jamur yang menyebabkan keputihan. Cara menggunakannya mudah, kamu cukup masukan 1 1/2 cuka apel ke dalam air mandi dan rutin gunakan selama 3 hari.

9. Mengatur Kadar Gula Darah

Salah satu manfaat yang terkenal dari cuka apel yaitu mampu mengatur kadar gula darah. Cara kerja cuka apel yaitu dengan memperlambat pelepasan gula dari makanan ke dalam darah. Hal ini tentunya dapat mencegah adanya lonjakan kadar gula darah.

10. Mengendalikan Kadar Insulin

Manfaat selanjutnya masih berkaitan dengan diabetes. Cuka apel memiliki kemampuan dalam mengendalikan kadar insulin dalam tubuh. Apabila kadar insulin dalam tubuh terlalu tinggi maka dapat menyebabkan resistensi insulin.

11. Mengurangi Kadar Asam Urat

Cuka apel juga berfungsi dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Sebab, kandungan polifenol dalam cuka apel dapat menghambat enzim xantin oksidase dalam membentuk asam urat. 

12. Mengobati Bau Kaki 

Apabila kamu memiliki masalah bau kaki, cuka apel bisa menjadi solusinya. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan merendam kaki dalam air hangat yang sudah diberikan 1/2 cangkir cuka apel.

13. Membunuh Kuman Pada Makanan

Kandungan asam asetat yang lebih banyak membuat cuka apel bermanfaat dalam membunuh kuman berbahaya dalam makanan. Sehingga, tidak heran jika cuka apel sering digunakan untuk sayuran mentah dan lalapan.

14. Mengatasi Perut Buncit

Dikutip dari Halodoc, penelitian pada Bioscience, Biotechnology and Biochemistry mengatakan, jika mengkonsumsi cuka apel selama 12 minggu secara rutin dapat menghilangkan lemak pada perut. Namun hal ini juga harus diikuti dengan pola hidup sehat ya.

15. Mencegah Kuku Jamur

Jamur pada kuku dapat mengakibatkan kerusakan dan kuku menjadi cepat rapuh. Kondisi tersebut bisa kamu hilangkan dengan campuran air hangat dan cuci air hangat, lalu rendam kuku selama 15-30 menit.

Menjaga Kesehatan Lambung dengan Etawaku

Kesehatan lambung penting untuk dijaga, supaya terhindar dari penyakit maag dan asam lambung. Kamu bisa mengkonsumsi susu Etawaku Platinum untuk menjaga supaya lambung tetap sehat.

Etawaku adalah susu kambing murni dengan kombinasi krimer yang memiliki nutrisi 3x lebih dari susu sapi sehingga kaya akan manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Konsumsi Etawaku juga bisa menjadi solusi tepat untuk atasi masalah lambung. Hal ini karena susu kambing memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh, termasuk asam lambung.

Jadi, jika kamu sedang ingin mengatasi masalah asam lambung dengan susu, maka Etawaku Platinum adalah produk susu kambing terbaik untuk asam lambung!

Baca Juga:

Itulah beberapa manfaat cuka apel untuk asam lambung. Yang jelas, soal manfaatnya di atas masih belum dapat dipastikan. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi cuka apel sebagai obat asam lambung, diperlukan konsultasi kepada dokter terlebih dulu!

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar