logo etawaku
Search
Close this search box.

Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Asam Lambung dan Aturan Minumnya

Buah sirsak seringkali dikonsumsi dalam bentuk jus. Minuman ini akan terasa menyegarkan diminum dengan tambahan es batu. Namun tahukah kamu? Selain buahnya yang dijadikan sebagai minuman segar, daun pada sirsak juga sering diolah menjadi minuman untuk mengatasi masalah lambung?

Bagi kamu yang tertarik mencobanya, tentu kamu harus tahu bagaimana cara mengolah daun sirsak untuk asam lambung.

Daun sirsak sangat cocok dikonsumsi untuk kamu yang memiliki masalah asam lambung. Namun cara mengolah daun sirsak untuk asam lambung tidak sembarangan. Untuk menghasilkan minuman yang kaya akan manfaat, simak artikel berikut ini sampai selesai.

Mengenal Kandungan Buah Sirsak

daun sirsak untuk asam lambung

Sebelum ke daunnya, yuk cari tahu dulu, apa saja kandungan yang ada dalam buahnya!

Sirsak adalah buah yang memiliki kulit berwarna hijau dan sedikit berduri di bagian luar. Daging buah sirsak berwarna putih lembut dan rasanya manis sedikit asam.

Buah sirsak dapat dikonsumsi langsung atau sebagai jus atau smoothie yang menyegarkan dan memberi efek cepat kenyang. 

Buah sirsak memiliki kandungan vitamin C dan flavonoid yang cukup tinggi. Flavonoid merupakan senyawa dengan antioksidan dan anti inflamasi yang berfungsi untuk melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan.

Selain itu, kandungan serat dalam buah sirsak juga tinggi yang berguna dalam:

  • Mengurangi kecepatan penyerapan gula.
  • Membantu mengatasi sembelit.
  • Menurunkan laju penyerapan gula dari makanan.
  • Membantu mengatur kadar gula darah.
  • Mencegah resistensi insulin dan diabetes.

Manfaat Daun Sirsak untuk Asam Lambung

Selain buahnya, daun sirsak juga bisa diolah menjadi minuman yang kaya manfaat. Tidak sedikit orang yang mempercayai jika daun sirsak dapat mengatasi masalah penyakit asam lambung.

  • Dalam daun sirsak terdapat kandungan yang dapat mengurangi peradangan dan menyembuhkan rasa sakit akibat maag dan asam lambung.
  • Kandungan pada daun sirsak juga membantu meningkatkan imunitas dalam tubuh, sehingga mempercepat proses penyembuhan maag dan asam lambung.

Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Asam Lambung

Seperti penjelasan di atas, daun sirsak memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun belum ada penelitiannya, namun sebagian orang meyakini jika daun sirsak dapat menjadi asam lambung. Berikut ini cara mengolah daun sirsak untuk obat asam lambung:

  1. Rebus air liter dalam panci
  2. Sebelum mendidih, masukan daun sirsak sebanyak 10 lembar ke dalam panci.
  3. Tunggu hingga dan terendam
  4. Biarkan selama 5-10 menit
  5. Saring air sirsak yang sudah direbus
  6. Minuman olahan daun sirsak siap disajikan

Catatan: Hingga saat ini, belum ada penelitian yang dapat membuktikan secara langsung manfaat daun sirsak yang dapat membantu proses penyembuhan asam lambung dan maag. Jadi, jika kamu ingin mencobanya untuk itu, pastikan berkonsultasi dengan dokter terkait dan memastikannya secara medis.

Rekomendasi Artikel Terkait: Inilah Jenis Pisang yang Aman untuk Asam Lambung.

Aturan Minum Rebusan Daun Sirsak untuk Asam Lambung

Meskipun minuman olahan daun sirsak memiliki banyak manfaat, namun ada aturan minum yang harus diketahui.

Setelah selesai membuat minuman dari daun sirsak sesuai dengan petunjuk cara mengolah daun sirsak untuk asam lambung di atas, maka selanjutnya mengkonsumsi minuman tersebut.

Minuman dengan olahan daun sirsak dapat dikonsumsi dalam keadaan hangat atau dingin. Namun untuk hasil yang maksimal, lebih baik konsumsi minuman olahan daun sirsak saat masih hangat.

Tidak hanya itu, sangat dianjurkan untuk konsumsi rebusan daun sirsak pada pagi hari setelah makan. Hal ini dilakukan agar manfaat daun sirsak dapat cepat dirasakan khasiatnya.

Minuman ini dapat dikonsumsi untuk semua kalangan mulai dari anak kecil, dewasa hingga lansia.

Baca Juga Artikel Lainnya: Cara Merebus dan Mengonsumsi Daun Balakacida untuk Asam Lambung.

Susu Etawaku, Cara Nikmat Sembuhkan Asam Lambung!

Jika mengikuti langkah mengolah daun sirsak untuk asam lambung dirasa terlalu rumit, belum lagi tidak adanya kepastian secara medis kalau daun sirsak bisa untuk mengobati asam lambung, kamu bisa pilih solusi lainnya untuk mengatasi asam lambung, yakni dengan Minum Susu Etawaku!

Produk Susu Etawaku memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh dan mampu mengatasi permasalahan penyakit, salah satunya penyakit pencernaan seperti asam lambung.

Etawaku adalah susu kambing yang kandungan nutrisinya 3x lebih baik dari susu sapi. Terdapat banyak kandungan nutrisi dalam susunya, mulai dari protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, vitamin A dan lain sebagainya.

Kelebihan lainnya, Etawaku cocok untuk penderita asam lambung karena susunya lebih mudah dicerna (tidak menimbulkan alergi), sehingga bagi kamu yang alergi terhadap susu sapi, Etawaku bisa menjadi pilihan terbaik!

Itulah cara mengolah daun sirsak untuk asam lambung yang harus kamu ketahui. Meskipun belum terbukti secara langsung dalam penelitian sebagai obat asam lambung, namun kamu bisa tetap konsumsi minuman olahan daun sirsak untuk masalah kesehatan tubuh lainnya.

Artikel Lainnya: Manfaat Berjemur untuk Asam Lambung.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar