logo etawaku
Search
Close this search box.

8 Buah untuk Meredakan Batuk, Makan Enak untuk Sembuhkan Batuk

Selain mengonsumsi obat, ternyata ada beberapa jenis buah untuk meredakan batuk loh! Dengan begitu, kamu bisa mengatasi masalah batuk dengan cara yang nikmat dan enak. Tidak harus apa-apa minum obat.

Batuk adalah proses alami di mana tubuh membersihkan tenggorokan dari lendir atau benda asing yang mengiritasi. Meskipun biasanya merupakan respons alami tubuh, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan batuk. Apa saja pemicu-pemicu tersebut?

Batuk terjadi ketika saluran udara terhalang oleh lendir atau benda asing, seperti asap atau debu. Fungsi batuk adalah untuk membersihkan partikel tersebut dan menjaga saluran pernapasan tetap bersih.

Biasanya, batuk berlangsung kurang dari dua minggu. Namun, jika berlanjut selama 3 hingga 8 minggu, ini bisa menandakan masalah yang lebih serius di saluran pernapasan atau paru-paru. Dalam kasus seperti ini, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Penyebab Batuk

a. Asma

Batuk berdahak bisa menjadi gejala asma, suatu kondisi yang disebabkan oleh infeksi pada saluran pernafasan atas dan dapat menjadi lebih parah saat terpapar udara dingin.

b. Gerd

Gerd adalah ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan, menyebabkan iritasi yang terus-menerus yang dapat mengakibatkan batuk kronis dan memperburuk kondisi gerd.

c. Infeksi

Batuk berdahak yang berlangsung lama bisa disebabkan oleh infeksi jamur pada paru-paru, tuberkulosis, atau infeksi paru-paru oleh mikobakterium non-tuberkulosis.

d. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

PPOK adalah kondisi paru-paru yang terus-menerus meradang dan menyebabkan penyumbatan aliran udara. Kebanyakan penderitanya adalah perokok aktif atau mantan perokok.

e. Obat Tekanan Darah

Beberapa obat tekanan darah mengandung enzim inhibitor yang bisa menyebabkan batuk kronis sebagai efek sampingnya.

f. Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Awalnya, batuk tidak berdahak, tetapi kemudian dapat menghasilkan dahak berdarah setelah beberapa hari.

g. Bronkitis

Bronkitis adalah kondisi di mana lapisan dalam bronkus mengalami peradangan, menyebabkan produksi dahak yang lebih banyak, tebal, dan berwarna.

h. Merokok

Batuk tidak hanya disebabkan oleh gangguan pencernaan saja namun juga disebabkan karena aktivitas merokok. Batuk yang disebabkan oleh rokok memiliki suara yang khas dan termasuk dalam kategori batuk kronis.

Buah untuk Meredakan Batuk

Batuk yang tidak hilang sangat mengganggu aktivitas dan membuat pernafasan tidak nyaman. Namun tahukah kamu, ada beberapa jenis buah untuk meredakan batuk loh. Apa saja ya?

1. Nanas

Buah nanas mengandung enzim bromelain yang dapat membantu meredakan peradangan yang disebabkan virus dan bakteri.

Enzim bromelain juga dapat berfungsi sebagai obat batuk mukolitik yang mengencerkan dahak menggumpal di tenggorokan. Cara konsumsinya pun mudah, cukup haluskan nanas tanpa menggunakan gula. 

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan minyak astri yang membantu melemaskan otot pernafasan serta mampu melembabkan tenggorokan.

Tak hanya itu saja, jeruk nipis juga mengandung zat antimikroba yang dapat melawan virus dan bakteri penyebab batuk. Buah ini cocok dikonsumsi buat kamu yang menderita batuk kering berkepanjangan.

3. Apel

Apel dikenal sebagai buah yang memiliki vitamin C dan flavonoid yang dapat memulihkan gangguan pernapasan seperti batuk dan PPOK, bronkitis dan emfisema. Mengonsumsi buah apel secara rutin juga mampu memperbaiki fungsi paru-paru secara keseluruhan. 

4. Lemon

Buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga kaya akan manfaat. Kandungan vitamin C pada buah apel dapat membunuh bakteri atau virus yang menyebabkan batuk.

Tak hanya itu saja, sifat antioksidan juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terlindungi dari radikal bebas.

5. Alpukat

Buah untuk meredakan batuk selanjutnya yaitu alpukat. Alpukat menjadi salah satu buah yang mengandung serat, mineral dan vitamin yang bagus untuk tubuh dalam melawan penyakit. Kandungan asam oleic pada buah alpukat juga mampu mengurangi risiko peradangan.

Fakta! Meskipun sayuran baik untuk kesehatan, namun ternyata beberapa sayuran tidak boleh dimakan saat batuk.

6. Jambu Biji

Tak hanya buah jeruk dan lemon, jambu biji juga merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Selain buahnya yang menyehatkan, daun jambu biji juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi batuk.

7. Buah Kiwi

Kiwi masuk dalam kategori buah untuk meredakan batuk sebab mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk memperkuat imun tubuh. Buah kiwi sangat dipercaya mampu meringankan gejala batuk dan pilek.

8. Tomat

Mengandung mineral dan vitamin menjadikan tomat sebagai buah untuk meredakan batuk. Mengonsumsi buah tomat juga mampu meningkatkan fungsi paru-paru perokok yang sudah rusak. Buah tomat juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan fungsi pernafasan.

Artikel Terkait Lainnya: Cara Mengeluarkan Dahak yang Bikin Sesak Nafas.

Obat Herbal untuk Mengatasi Batuk

Obat Herbal untuk Mengatasi Batuk

Selain buah, kamu juga bisa mencoba obat herbal lainnya dengan menggunakan:

1. Jahe

Jahe sebuah rempah yang dikenal luas sebagai pengobatan tradisional, seperti untuk meredakan gejala seperti mual, sakit perut, dan batuk berdahak. Pilihan terbaik saat batuk adalah mengonsumsi air jahe yang direbus karena dapat membantu meredakan iritasi dan menghilangkan lendir di tenggorokan.

Namun, konsumsi jahe secara berlebihan bisa menyebabkan iritasi tenggorokan dan ketidaknyamanan perut.

2. Kunyit

Kunyit telah digunakan sebagai obat herbal untuk batuk berdahak dan berbagai penyakit selama bertahun-tahun. Senyawa aktif seperti kurkumin dalam kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat. Obat herbal ini mudah ditemukan terutama di pasar.

3. Peppermint

Selain dikenal sebagai minuman penyegar, peppermint memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan mentol dalam peppermint dapat membantu meredakan gejala pilek dan batuk.

4. Akar Marshmallow

Akar marshmallow yang berasal dari tanaman Althaea officinalis, telah lama dikenal karena kemampuannya dalam mengobati sakit tenggorokan dan batuk. Penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini efektif dalam mengurangi batuk karena efek menenangkan bagi tenggorokan yang teriritasi.

5. Madu

Madu merupakan obat tradisional yang efektif untuk meredakan batuk lebih baik daripada beberapa obat lainnya. Untuk manfaat yang optimal, madu sering dikonsumsi bersama lemon.

6. Air Garam

Air garam sering direkomendasikan oleh beberapa orang tua untuk berkumur saat batuk. Ini karena garam membantu mencegah pertumbuhan bakteri di tenggorokan, yang dapat membantu penyembuhan saat batuk.

7. Bawang Putih

Selain sebagai bumbu, bawang putih juga memiliki efek antibakteri dan antivirus yang dapat membantu meredakan batuk berdahak dan menghentikan infeksi atau iritasi yang menyebabkan produksi dahak berlebih.

8. Yogurt

Yogurt dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu tubuh untuk melawan infeksi dan meredakan gejala batuk berdahak.

9. Thyme

Thyme merupakan obat herbal yang dapat mengurangi batuk berdahak tanpa efek samping yang signifikan. Senyawa flavonoid dalam daun thyme dapat mengurangi peradangan dan mengendurkan otot tenggorokan yang berperan dalam batuk.

10. Akar Licorice

Akar licorice memiliki sifat ekspektoran dan demulcent yang dapat membantu mengatasi batuk berdahak dan mengencerkan dahak.

11. Cuka Apel

Cuka apel dipercaya memiliki efek antibakteri yang dapat membantu memecah gumpalan lendir dan membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi saluran pernafasan, sehingga membantu dalam penyembuhan batuk berdahak.

Selain itu, ada juga daun miana yang punya banyak manfaat untuk batuk dan bisa menyembuhkan batuk dengan cara alami.

Atasi Masalah Pernafasan dengan Etawaku Platinum

Meskipun batuk merupakan cara alami tubuh dalam mengatasi iritasi saluran pernafasan, namun batuk juga menyebabkan rasa kurang nyaman karena batuk membawa gejala susah bernafas, tenggorokan sakit, perut sakit, dan berbagai gejala lain.

Atasi batuk yang kurang nyaman dengan rutin konsumsi Etawaku. Etawaku merupakan susu kambing yang terbuat dari susu kambing etawa murni dengan campuran krimer yang memiliki nutrisi lebih tinggi dari susu sapi.

Kandungan nutrisi dalam susu etawaku sangat bagus untuk tubuh. Manfaat mengonsumsi produk susu kambing Etawaku dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi gangguan pernafasan, dan berbagai manfaat lainnya.

Konsumsi Etawaku saat sedang batuk, dapat menyembuhkan dalam waktu cepat tanpa memberikan efek samping. Rutin mengkonsumsi Etawaku juga membuat tubuh terhindar  dari segala macam penyakit. Susu ini dapat dikonsumsi mulai dari usia anak-anak hingga dewasa. 

Kalau kamu masih ragu dengan manfaat susu kambing untuk pernapasan seperti masalah batuk, kamu bisa cek penjelasannya di artikel susu kambing untuk batuk berdahak.

Itulah macam-macam buah untuk meredakan batuk yang mudah dicari di pasaran. Jika batuk tidak segera sembuh dan diikuti dengan gejala lain yang lebih parah, segera periksa ke dokter ya.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar