logo etawaku
Search
Close this search box.

10 Cara Mengeluarkan Dahak yang Bikin Sesak Nafas, Langsung Lega!

Mungkin kamu pernah atau sedang bertanya-tanya, kenapa dahak bisa menyebabkan sesak nafas? Dan bagaimana cara mengeluarkan dahak yang bikin sesak nafas? Jika ingin tau, simak artikel ini sampai selesai ya. 

Sesak nafas atau dalam bahasa medisnya dispnea merupakan kondisi seseorang mengalami kesulitan bernafas saat melakukan aktivitas sehari-hari dan beristirahat.

Umumnya, sesak nafas sering kali dihubungkan dengan gejala kecemasan, kelelahan, batuk, dan nyeri dada. Namun, sesak nafas juga bisa menjadi tanda adanya penyakit serius pada tubuh. 

Sebagian besar orang yang mengalami sesak nafas disebabkan oleh paru-paru dan jantung.

Paru-paru dan jantung merupakan organ tubuh yang memiliki peran dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga, masalah sesak nafas sangat besar kemungkinan karena permasalahan pada jantung dan paru. 

Penyebab Sesak Nafas

kenapa batuk berdaahak bikin sesak nafas

Tentu saja, bukan cuma dahak yang bikin sesak nafas. Ada beberapa penyebab lain seseorang bisa terkena napas, seperti:

1. Alergi 

Tidak hanya menunjukkan gejala pada kulit ruam dan gatal pada kulit, namu alergi juga dapat membuat seseorang mengalami sesak nafas. Sesak nafas yang disebabkan karena alergi dapat mengancam nyawa. Sebab, biasa diikuti dengan gejala lain seperti tekanan darah menurun, keringat dingin, dan kesadaran yang terus menurun.

2. Infeksi Saluran Pernafasan

Sesak nafas bisa disebabkan karena adanya infeksi saluran pernafasan. Seseorang dengan infeksi saluran pernafasan terjadi karena merokok, polusi atau karena lemahnya imun tubuh. Selain sesak nafas, penderitanya juga akan merasakan gejala lain seperti pilek, batuk, demam, dan nyeri pada dada.

3. Gastroesophageal Reflux (GERD)

Meskipun penyakit ini berasal dari lambung, namun bisa menyebabkan sesak nafas loh. Sesak nafas disebabkan karena penyempitan pada bronkus. Tak hanya sesak nafas, namun juga diikuti dengan sensasi terbakar pada dada hingga tenggorokan.

4. Asma

Asma menjadi penyebab seseorang mengalami sesak nafas. Umumnya seseorang yang terkena asma karena ada faktor keturunan atau memiliki riwayat alergi. Setiap orang memiliki serangan asma yang berbeda mulai dari ringan hingga berat.

5. Gagal Jantung

Sesak nafas juga bisa merupakan tanda seseorang memiliki masalah gagal jantung. Sesak nafas yang terjadi pada penderita gagal jantung yaitu saat sedang beristirahat atau sedang melakukan aktivitas. Tidak hanya terjadi pada orang tua saja, namun masalah kesehatan ini juga dapat terjadi pada anak muda.

6. Anemia

Anemia merupakan kondisi saat seseorang kekurangan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Selain lemah dan letih saja, sesak nafas juga merupakan gejala dari anemia. Sebab, kondisi anemia dapat membuat jantung bekerja lebih berat untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sehingga oksigen dan nutrisi berkurang.

7. Gagal Ginjal

Gagal ginjal dapat memicu munculnya gejala sesak nafas. Sesak nafas terjadi karena adanya penumpukan cairan dalam tubuh yang membuat fungsi ginjal terganggu.

8. Kegemukan

Memiliki berat badan berlebih dapat memicu banyak masalah kesehatan yang ditandai dengan beberapa gejala seperti sesak nafas. Kegemukan akan menyebabkan terjadinya penumpukan lemak di seluruh tubuh terutama saluran pernafasan atas.

Tak hanya itu saja, seseorang dengan berat badan berlebih akan terjadi pengembangan dada yang tidak maksimal sehingga dapat mengakibatkan sesak nafas.

9. Kecemasan

Meskipun terlihat sepele, namun kecemasan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena sesak nafas loh. Saat sedang merasa cemas atau panik, maka secara tidak sadar pola pernafasan akan terasa lebih cepat dan pendek. Hal inilah yang akan memicu sesak nafas.

10. Gangguan Hormon Tiroid

Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh dapat memicu sesak nafas. Sebab, kelenjar tiroid yang hiperaktif serta kurangnya kelenjar tiroid akan membuat otot pernafasan melemah dan fungsi peru-paru menurun.

Faktor Risiko Sesak Nafas

Tidak hanya karena masalah kesehatan saja, ada beberapa faktor risiko lain yang menyebabkan sesak nafas yaitu:

  • Tingginya polusi udara
  • Suhu yang terlalu ekstrim 
  • Olahraga terlalu berat
  • Respon tubuh pada dataran tinggi
  • Obesitas
  • Munculnya simpul pada otot yang membuat sesak nafas.

Selain faktor risiko di atas, beberapa orang menganggap jika dahak merupakan penyebab sesak nafas. Lalu mengapa dahak bisa menyebabkan sesak nafas?

Mengapa Dahak Menyebabkan Sesak Nafas?

Dahak merupakan lendir yang diproduksi untuk membersihkan dan melindungi saluran pernapasan dari debu, asap rokok hingga virus yang menyebabkan infeksi.

Namun, produksi dahak akan lebih banyak jika saluran pernafasan mengalami peradangan. Hal ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan sesak nafas. 

Supaya nafas tidak tersendat dan lebih lega, ada berbagai cara mengeluarkan dahak yang bikin sesak nafas. Apa saja ya? 

Cara Mengeluarkan Dahak yang Bikin Sesak Nafas

tips mengeluarkan dahak yang bikin sesak nafas

Dahak berlebih pada saluran pernafasan sangat mengganggu dan membuat pernapasan tidak baik. Namun kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mengeluarkan dahak yang bikin sesak nafas seperti:

1. Minum Madu

Seperti yang sudah diketahui, madu merupakan minuman herbal yang memiliki banyak manfaat. Saat kamu merasa terganggu dengan produksi dahak yang berlebih, disarankan untuk mengonsumsi madu yang dicampur dengan air hangat. Cara ini akan membantu mengeluarkan dahak dan meringankan gejala sakit tenggorokan. 

2. Air Putih

Saat batuk berdahak, disarankan untuk banyak mengonsumsi air putih. Air putih dapat membantu mengencerkan dahak kental yang ada di tenggorokan. Dengan banyak mengonsumsi air putih, maka dahak akan lebih mudah keluar.

3. Kumur Air Garam

Berkumur dengan air garam akan meredakan sakit tenggorokan dan dapat membantu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Caranya pun cukup mudah, kamu cukup mencampurkan 1 sendok teh garam kedalam gelas berisi air hangat.

4. Minum Teh Hangat 

Kamu bisa coba mengeluarkan dahak dengan mengonsumsi teh hangat. Ada berbagai macam teh yang bisa kamu coba seperti teh peppermint, herbal atau teh hijau. Disarankan untuk mengonsumsi teh saat masih hangat supaya tenggorokan lebih lega.

5. Menghirup Air Hangat

Jika kamu ingin dahak pada saluran pernafasan hilan, cobalah untuk menghirup air hangat. Sebab uap dari air hangat akan melembabkan saluran pernafasan dan melebarkan jalan nafas sehingga dahak akan lebih cepat keluar.

6. Minum Air Jahe

Seperti yang kita ketahui, jahe merupakan jenis rempah yang memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Mengonsumsi air jahe akan membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Kandungan gingerol juga mampu meredakan radang tenggorokan.

7. Mengonsumsi Lemon

Buah lemon memiliki sifat antioksidan dan anti radang yang bagus untuk menyembuhkan radang pada saluran pernafasan. Kamu bisa mengonsumsi langsung buah lemon atau dengan mencampurkan irisan lemon dalam air hangat atau teh jahe supaya tenggorokan bisa lebih lega.

8. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih salah satu bumbu dapur yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Bawang putih dipercaya dapat membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan dan mengurangi produksi lendir. Namun sayangnya bawang putih dapat menimbulkan bau yang kurang enak. 

9. Menggunakan Alat Pelembab Udara

Udara yang lembab dapat membantu mengeluarkan dahak. Untuk mendapatkan udara lembab bisa dengan menggunakan humidifier atau alat pelembab udara. Dengan begitu, iritasi saluran pernafasan dapat berkurang.

10. Menggunakan Minyak Esensial Eucalyptus

Menghirup minyak esensial dapat membantu mengencerkan dahak serta membunuh kuman dalam tubuh. Selain dihirup secara langsung, kamu juga bisa memasukan minyak esensial ke dalam diffuser. Namun, cara ini tidak dianjurkan bagi wanita hamil dan anak yang berusia di bawah 2 tahun.

Selain itu, kamu juga wajib memperhatikan apa saja makanan yang boleh dimakan saat batuk berdahak dan makanan yang tidak boleh.

Atasi Masalah Sesak Nafas dengan Etawaku Platinum

Agar sesak napas tidak kembali datang, kamu perlu nutrisi harian yang tepat demi menjaga kesehatan saluran pernapasan. Salah satu sumber nutrisi yang bisa kamu konsumsi adalah susu kambing Etawaku Platinum. 

Etawaku Platinum terbuat dari susu kambing etawa asli yang memiliki nutrisi 3 kali lebih baik daripada susu sapi loh! Susu kambing Etawaku Platinum menjadi sumber Fluorin dan Betakasein yang sangat baik dalam menjaga paru-paru, sehingga kamu bisa terhindar dari masalah sesak napas. 

Tak hanya itu, protein di dalam susu Etawaku Platinum bisa dicerna dengan mudah di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena ukuran partikelnya yang kecil, sehingga bisa diserap dengan mudah. 

Yang lebih menarik lagi, kadar gula dalam Etawaku Platinum cukup rendah, sehingga bisa dikonsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak usia 2 tahun hingga lansia yang memiliki masalah diabetes. 

Susu Kambing untuk Batuk Berdahak memang banyak dicari oleh mereka yang mengalami masalah pernapasan. Karena khasiat susu kambing yang luar biasa bagus untuk sistem pernapasan tubuh.

Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi untuk rutin mengonsumsi susu Etawaku Platinum sebagai salah satu cara dalam menjaga kesehatan saluran pernapasan setiap hari ya! Karena susu Etawaku Platinum lebih murni, lebih kaya nutrisi!

Jangan lupa ikuti berbagai cara mengeluarkan dahak yang bikin sesak nafas sesuai tips di atas, ya!

Baca Juga: Manfaat Susu Kambing untuk Paru Paru.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar