logo etawaku
Search
Close this search box.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi Susu? Cek Fakta dan Penjelasannya

Memperhatikan pola asupan makanan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin dalam rahim tentu menjadi kewajiban Bunda saat sedang hamil. Bunda harus paham apa saja makanan serta minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi saat hamil sesuai anjuran dokter.

Salah satu jenis minuman yang masih banyak dipertanyakan ibu hamil yaitu kopi susu. Beberapa menganggap jika sedang hamil diperbolehkan konsumsi kopi susu, namun tidak sedikit juga yang meragukan demi keselamatan bayi. Lalu sebenarnya, bolehkah ibu hamil minum kopi susu? Apakah aman untuk keselamatan janin? 

Kopi susu sendiri menjadi salah satu minuman yang banyak dikonsumsi masyarakat. Tidak sedikit orang-orang yang bergantung dengan minuman kopi susu sebagai minuman favorit sehari-hari.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi Susu?

bolehkah bumil minum kopi susu

Faktor penting yang harus dilakukan bunda untuk menjaga kehamilan yaitu dengan memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh. Hal ini karena saat hamil, tidak semua makanan maupun minuman boleh dikonsumsi karena dikhawatirkan dapat mengganggu pertumbuhan janin. 

Nah, terkait dengan pertanyaan bolehkah bumil minum kopi susu, jawabannya boleh-boleh saja jika Bumil minum kopi susu. Dengan catatan bunda harus memperhatikan jumlah asupan kopi per harinya mulai dari trimester 1, trimester 2, dan trimester 3 kehamilan. 

Takaran Minum Kopi Susu Saat Hamil

Dikutip dari Alodokter, wanita hamil boleh mengonsumsi kopi susu dengan takaran kurang dari 200 mg perhari atau setara dengan ukuran 1 1/2 gelas ukuran gelas 237 ml.

Untuk lebih lengkapnya, berikut takaran rata-rata kandungan kafein dalam kopi, teh, coklat dan minuman ringan:

  • 1 cangkir kopi instan mengandung 60 mg kafein
  • 1 gelas kopi espresso mengandung 100 mg kafein
  • 1 cangkir teh mengandung 30 mg kafein
  • 1 kaleng soda ukuran 375 gram mengandung 49 mg kafein
  • 1 batang coklat susu ukuran 100 gr mengandung 20 mg kafein. 

Dengan informasi takaran kandungan kafein diatas, dapat membantu bunda dalam memperkirakan jumlah kafein pada masing-masing minuman. Sehingga, bunda bisa tetap minum kandungan kafein secukupnya. 

Resiko Ibu Hamil Konsumsi Kopi Susu

Resiko Ibu Hamil Konsumsi Kopi Susu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, saat hamil bunda tetap bisa minum kopi susu. Namun, bunda harus memperhatikan kandungan kafein dan takaran setiap minum. Sebab konsumsi kopi susu saat hamil secara berlebihan dapat memicu beberapa resiko seperti:

1. Permasalahan Psikis

Kandungan kafein dalam minuman dapat membuat seseorang kecanduan, kecemasan, dan sangat berisiko terkena insomnia. Apabila mengonsumsi terlalu banyak maka akan berpengaruh pada kesehatan karena kurangnya istirahat.

2. Adanya Permasalahan Fisik

Konsumsi minuman kafein berlebihan juga dapat membuat bumil terkena permasalahan fisik seperti jantung berdetak kencang, migrain, gangguan pencernaan, buang air kecil, dan tremor. Hal ini tentunya sangat tidak baik dan buruk bagi ibu hamil.

3. Resiko Pada Bayi

Selain berpengaruh pada ibu hamil, kafein juga akan beresiko tinggi bagi janin dalam kandungan. Pertumbuhan dan perkembangan janin akan terganggu, bayi lahir dengan berat badan tidak ideal, hingga berisiko keguguran. 

4. Tekanan Darah Tinggi

Kadar kafein yang terlalu tinggi dapat memicu tekanan darah tinggi bahkan hipertensi bagi ibu hamil. Saat hamil, hipertensi adalah penyakit yang harus dihindari karena dapat menyebabkan preeklampsia yang berbahaya.

5. Anemia

Tidak hanya tekanan darah tinggi, konsumsi kafein secara berlebihan saat hamil dapat meningkatkan resiko anemia. Ibu hamil akan merasakan beberapa gejala seperti pusing, kelelahan, sesak napas dan detak jantung cepat.

Minuman Apa Saja yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil?

Selama hamil, ada beberapa jenis minuman yang harus dikurangi atau tidak boleh dikonsumsi sama sekali, seperti: 

1. Teh Hijau

Minum teh bukan sesuatu yang berbahaya bagi ibu hamil selama masih batas wajar. Namun teh hijau adalah minuman yang menjadi pantangan bagi ibu hamil. Efek samping ibu hamil konsumsi teh hijau yaitu sulit tidur, tegang dan heartburn.

2. Susu Belum Dipasteurisasi

Meskipun susu adalah minuman yang dianjurkan untuk ibu hamil, namun susu yang belum dipasteurisasi sangat dilarang untuk dikonsumsi. Pasteurisasi adalah proses membunuh bakteri dan kuman yang ada pada susu. Sehingga susu yang belum dipasteurisasi masih mengandung bakteri serta virus yang dapat membahayakan janin.

3. Minuman Bersoda

Minuman bersoda jenis minuman yang benar-benar dilarang konsumsi untuk ibu hamil. Minuman bersoda mengandung gula dan kalori yang tinggi sehingga sangat tidak disarankan untuk bumil sebab dapat mempengaruhi perkembangan janin dalam rahim.

4. Minuman Beralkohol

Saat hamil sangat dilarang minum minuman beralkohol. Sebab alkohol dapat membuat janin terkena sindrom alkohol yang disebut FAS. Sindrom ini sangat memungkinkan bayi lahir cacat, sulit belajar, mengalami gangguan pertumbuhan dan dampak neatif lainnya. Minuman alkohol juga berpengaruh bagi ibu hamil yang mengakibatkan bunda kekurangan nutrisi, dehidrasi, tekanan darah tinggi dan lain-lain.

5. Minuman Berenergi

Minuman berenergi mengandung kafein, kalori, gula dan natrium yang tinggi. Kandungan tersebut sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mempengaruhi masa pertumbuhan janin. Dampak paling buruknya bunda bisa mengalami keguguran.

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan?

6. Minuman dengan Pemanis Buatan

Konsumsi gula sebenarnya aman bagi ibu hamil selama masih batas wajar. Namun jika konsumsi gula secara berlebihan terutama sedang hamil sangat tidak diperbolehkan. Minuman dengan pemanis buatan pantangan bagi ibu hamil. Karena selain mengandung pemanis buatan, minuman ini juga mengandung pewarna yang tidak baik.

7. Teh Kombucha

Teh kombucha adalah semacam teh fermentasi dan berbuih yang memiliki banyak manfaat. Namun teh kombucha mengandung kadar alkohol, sehingga sangat dilarang bagi ibu hamil. 

8. Jus Wheatgrass

Jus Wheatgrass merupakan jenis minuman yang dipercaya memiliki banyak manfaat. Namun saat hamil sangat tidak dianjurkan mengonsumsi minuman ini, sebab wheatgrass atau rumput gandum lembab yang beresiko terkontaminasi mikroba dan jamur. 

9. Jamu Kunyit Asam

Saat hamil, bunda dianjurkan untuk mengurangi atau bahkan berhenti konsumsi minuman herbal seperti jamu. Jamu kunyit asam minuman yang paling dilarang sebab dalam kunyit mengandung tinggi kurkumin yang dapat membuat berat badan janin menurun. 

10. Soda Diet

Saat wanita hamil sangat dilarang konsumsi minuman soda diet. Konsumsi minuman soda diet dapat mengganggu perkembangan janin dalam rahim. Tak hanya itu, konsumsi soda diet terlalu berlebihan dapat memicu persalinan prematur. 

Etawaku Susu Sehat untuk Ibu Hamil

Saat hamil, salah satu asupan nutrisi yang tidak boleh dilewatkan yaitu kalsium. Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi, Bunda bisa rutin minum Susu Etawaku Platinum.

Etawaku adalah susu kambing etawa murni dengan kombinasi krimer yang memiliki banyak nutrisi sehingga kaya akan manfaat. Susunya cocok untuk Ibu hamil karena saat hamil tubuh memerlukan nutrisi tinggi.

Kandungan kalsium dalam susu Etawaku bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Oleh sebab itu, susu kambing Etawaku sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil untuk memenuhi asupan nutrisi kalsium bagi perkembangan janin dalam rahim.

Lebih lanjut, masih banyak manfaat susu kambing untuk Ibu hamil jika mengonsumsinya secara rutin selama masa kehamilan.

Itulah jawaban mengenai bolehkah ibu hamil minum kopi susu. Pada intinya Ibu hamil memang masih diperbolehkan konsumsi kopi susu dengan takaran yang cukup.

Namun, tidak ada salahnya berhenti mengonsumsi kopi susu selama hamil untuk kesehatan bayi dalam kandungan. Karena bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Rekomendasi Artikel Terkait: Bolehkah Ibu Hamil Makan Nasi Goreng?

Yuk, Bun! Mulai hidup sehat demi perkembangan janin dan kesehatan Bunda saat sedang berjuang menjalani masa-masa kehamilan!

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar