logo etawaku
Search
Close this search box.

Tanda Tanda Tukak Lambung Sembuh dan Tips Mempercepatnya

Setelah melakukan berbagai pengobatan. Mungkin ada saatnya kamu mulai bertanya-tanya, apakah pengobatan yang dilakukan sudah berhasil atau belum? Untuk itu, kamu harus mengetahui apa saja tanda tanda tukak lambung sembuh.

Saat mendengar mengenai penyakit tukak lambung, kamu mungkin langsung membayangkan salah satu kondisi yang bisa menimbulkan risiko kematian ya? Tapi sebenarnya, penyakit ini masih bisa disembuhkan asalkan segera mendapat pertolongan yang tepat!

Apa Itu Tukak Lambung?

Pernahkah kamu mendengar tentang penyakit tukak lambung? Kondisi yang ditandai dengan perut kembung, rasa nyeri pada ulu hati, serta mual akibat peradangan pada lapisan dinding lambung ini kerap kali membuat penderitanya merasa tersiksa. 

Pada kondisi normal, lambung akan terlapisi oleh lendir tebal yang berfungsi untuk melindungi jaringan dinding lambung agar tidak terkikis oleh asam lambung. Sementara itu, pada penderita tukak lambung, produksi lendir ini mengalami penurunan sehingga dinding lambung terluka. 

Penyakit ini sering terjadi akibat infeksi bakteri Helicobacter pylori, yang menjadi penyebab 60% kasus tukak lambung sekaligus 90% kasus tukak duodenum (usus dua belas jari). 

Gejala utama yang muncul dari penyakit ini mirip dengan maag, yaitu rasa nyeri pada ulu hati. Kondisi ini bisa muncul selama beberapa menit bahkan hingga beberapa jam. Selain itu, gejala tukak lambung juga disertai dengan kondisi lain, seperti:

  • Mual dan muntah
  • Perut kembung 
  • Nafsu makan menurun dan lebih mudah kenyang 
  • Lebih mudah lemas
  • Sulit menarik napas
  • Muncul sensasi terbakar di dada
  • Berat badan menurun
  • Sering bersendawa

Berapa Lama Proses Penyembuhan Tukak Lambung?

Berapa Lama Proses Penyembuhan Tukak Lambung

Sebenarnya, tidak ada patokan khusus mengenai lamanya proses penyembuhan tukak lambung. Tentu saja hal ini tetap bergantung dengan tingkat keparahan tukak lambung yang dialami, penanganan yang dilakukan, serta kondisi kesehatan secara menyeluruh. 

Tapi biasanya, penyakit ini akan membaik secara perlahan dalam waktu 2-10 hari. Selain itu, dokter akan menyarankan pasien yang menderita tukak lambung untuk mengonsumsi beberapa jenis obat berikut ini selama 7-14 hari. Obat-obatan tersebut antara lain:

  • PPI (Penghambat Pompa Proton), obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi asam lambung serta meredakan gejala tukak lambung. Beberapa obat yang termasuk golongan ini yaitu omeprazol, lansoprazol, rabeprazol, pantoprazol, serta esomeprazol
  • Antagonis H2 yang bekerja dengan cara menurunkan produksi asam lambung, sehingga bisa mempercepat penyembuhan luka pada dinding lambung. 
  • Bismuth subsalicylate yang bekerja dengan cara menghambat bakteri penyebab tukak lambung, melapisi, serta melindungi luka karena asam lambung. 
  • Antibiotik yang berfungsi untuk membunuh bakteri H. pylori yang menyebabkan tukak lambung. 

Tanda Tanda Tukak Lambung Sembuh

Cara paling mudah untuk mengetahui tanda tanda tukak lambung sembuh yaitu dengan memperhatikan frekuensi munculnya gejala. 

Seperti yang telah disebutkan di atas, ketika tukak lambung terjadi, penderita tukak lambung akan mengalami rasa nyeri yang menyiksa pada perut. Nah, apabila kondisi ini sudah tidak muncul, kemungkinan tukak lambung sudah sembuh. 

Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih pasti, kamu perlu memeriksakan diri ke dokter ya!

Baca Juga Artikel Lainnya: Manfaat Buah Mengkudu untuk Lambung.

Apakah Penyakit Tukak Lambung Bisa Sembuh Sendiri?

Jawabannya… Bisa!

Sama halnya dengan penyakit asam lambung, sebenarnya tukak lambung merupakan salah satu penyakit sistem pencernaan yang sangat erat kaitannya dengan gaya hidup. Maka dari itu, selain mengonsumsi berbagai obat yang diresepkan dokter, kamu juga perlu memiliki pola hidup sehat. 

Kamu bisa mencoba beberapa langkah di bawah ini agar luka dalam lambung cepat pulih dan menurunkan risiko kambuh kembali:

Menjaga Pola Makan

Pola makan yang teratur dengan gizi yang seimbang menjadi poin yang sangat penting dalam mempercepat proses penyembuhan tukak lambung. 

Kamu harus benar-benar menjaga kebersihan makanan yang akan dikonsumsi, hindari berbagai makanan pemicu asam lambung (makanan pedas, berminyak, bersantan, atau mengandung banyak gas), serta perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Berhenti Merokok

Dalam setiap batang rokok terdapat berbagai zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Tentunya, hal ini dapat menurunkan kesehatan sistem pencernaan. 

Tak hanya itu, kebiasaan merokok juga akan menyebabkan katup pilorus yang membatasi antara lambung bagian bawah dan usus menjadi lemah, serta meningkatkan produksi asam lambung sehingga tukak lambung semakin parah. 

Istirahat Cukup

Tidur seringkali menjadi salah satu hal yang diremehkan, bahkan dianggap membuang-buang waktu. Padahal, memiliki waktu tidur yang cukup justru bisa menjadi terapi yang murah meriah untuk mempercepat pemulihan tukak lambung loh!

Hal ini diungkap dalam penelitian yang dimuat dalam Journal of American Geriatrics Society, yang menyatakan bahwa rendahnya kualitas tidur dapat meningkatkan risiko terkena tukak lambung. 

Kelola Stres dengan Baik

Tidak bisa dipungkiri, stres juga sangat berpengaruh terhadap produksi asam lambung. Maka dari itu, untuk mempercepat proses penyembuhan asam lambung secara mandiri, cobalah untuk mengelola stres dengan baik, ya!

Perhatikan Penggunaan Obat Antiinflamasi Non Steroid

Penggunaan obat antiinflamasi non steroid (NSAID) dalam jangka waktu yang lama atau dosis yang tinggi bisa menyebabkan penipisan lapisan mukus. Akibatnya, risiko tukak lambung akan semakin meningkat. 

Maka dari itu, pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dan konsumsi obat pereda nyeri sesuai dengan resep yang dianjurkan.

Rekomendasi Artikel: Cara Mengatasi Lengan Kiri Pegal Karena Asam lambung.

Etawaku Platinum Susu Kaya Nutrisi, Aman Bagi Penderita Tukak Lambung

Selain melakukan tindakan pengobatan dan pencegahan, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi harian setiap hari. 

Susu kambing Etawaku Platinum menjadi rekomendasi susu kambing buat kamu yang memiliki permasalahan tukak lambung. Etawaku terbuat dari susu kambing etawa asli, sehingga nutrisinya 3 kali lebih baik daripada susu sapi. 

Belum selesai sampai situ, susu kambing Etawaku Platinum juga memiliki ukuran partikel lemak yang kecil, sehingga bisa dicerna tubuh dengan lebih mudah. 

Rendahnya kadar gula, laktosa, dan kasein dalam susu Etawaku Platinum membuat susunya aman dikonsumsi oleh semua usia, termasuk penderita diabetes, tanpa menimbulkan risiko alergi susu maupun intoleransi laktosa yang bisa memperparah gejala tukak lambung. 

Cukup konsumsi satu gelas Etawaku Platinum setiap hari, bisa membantu memperbaiki sistem pencernaanmu agar sehat kembali. Yuk beli sekarang dan rasakan manfaatnya!

Itulah penjelasan mengenai tanda tanda tukak lambung sembuh dan beberapa tips mengatasinya. Semoga bermanfaat, ya!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar