logo etawaku
Search
Close this search box.

Susu Untuk Pemulihan Setelah Sakit, Bisa Percepat Penyembuhan!

Minum susu untuk pemulihan setelah sakit menjadi salah satu langkah terbaik yang bisa kamu lakukan untuk membantu tubuh dalam mendapatkan nutrisi seimbang agar lebih cepat pulih.

Apalagi setelah sakit, tubuh pasti tidak mempunyai energi yang cukup, maka dari itu kamu bisa minum susu mengingat susu memang memiliki banyak nutrisi di dalamnya, agar dapat memulihkan tenaga dan menghilangkan lemas karena sakit.

Terlebih saat sakit, kita pasti sering merasa kehilangan nafsu makan, bukan? Jika dibiarkan dan tidak makan apa-apa, hal itu bisa memicu kekurangan nutrisi. Padahal tubuh tetap membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk mempercepat proses pemulihan dan menjaga daya tahan tubuh.

Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat susu untuk pemulihan setelah sakit, pentingnya minum susu dalam mempercepat proses penyembuhan setelah sakit, serta rekomendasi merk susu terbaik yang bisa membantu proses pemulihanmu. Jadi, simak sampai akhir ya!

Pentingnya Minum Susu untuk Pemulihan Setelah Sakit

Pentingnya Minum Susu untuk Pemulihan Setelah Sakit

Ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi mengenai pentingnya minum susu untuk pemulihan setelah sakit, yaitu sebagai berikut:

1. Susu Sebagai Sumber Protein

Mengonsumsi makanan sumber protein bisa membantu mempercepat proses penyembuhan sekaligus mencegah agar tubuh tidak mudah kembali terserang penyakit. Kebutuhan protein ini juga sangat penting dalam memperbaiki fungsi tubuh yang terganggu.

Asupan protein yang terpenuhi bisa membantu pembentukan antibodi, sehingga tubuh bisa melawan berbagai infeksi dengan lebih baik. 

Berdasarkan rekomendasi dari The American Society for Enhanced Recovery, tubuh kita memerlukan asupan protein sebanyak 1,5-2 gram untuk setiap kilogram berat badan. Jumlah ini setara dengan 105-135 gram untuk orang dengan berat badan 68 kg.

Mengonsumsi susu bisa membantu memenuhi asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh dalam masa pemulihan. Hanya saja, kamu perlu lebih selektif dalam memilih produk susu yang akan dikonsumsi. 

Hal itu disebabkan karena beberapa jenis susu justru mengandung protein A1 yang justru bisa memicu gangguan pencernaan. 

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih jenis susu yang tinggi protein kasein A2 yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Untuk itu, kamu bisa mulai beralih dari konsumsi susu sapi menjadi susu kambing, karena susu kambing memiliki kadar protein A1 yang lebih rendah.

Menariknya, protein yang terdapat dalam susu kambing tinggi asam amino loh! Senyawa tersebut dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, sehingga bisa mempercepat waktu pemulihan penyakit.

2. Susu Menjadi Sumber Energi

Konsumsi susu saat sakit bisa berperan sebagai sumber energi. Hal ini disebabkan karena susu memiliki kandungan kalori yang berasal dari karbohidrat dalam bentuk laktosa dan lemak. 

Sebagai catatan, beberapa orang memiliki alergi terhadap laktosa. Oleh karena itu, kamu bisa memilih jenis susu yang rendah atau tidak memiliki kandungan laktosa.

Susu kambing bisa menjadi pilihan yang tepat karena jenis susu ini memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah daripada susu sapi, sekaligus memiliki ukuran gumpalan yang lebih kecil, sehingga mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. 

3. Susu Kaya Akan Mineral

Berbagai mineral yang ada dalam susu seperti kalsium, magnesium, fosfor, serta mangan berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan oksigen dalam tubuh, serta membangun kekuatan tulang. 

Selain itu, kandungan zat besi dalam susu juga berperan dalam pembentukan hemoglobin dalam tubuh. Hemoglobin inilah yang berperan dalam mengedarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. 

Kamu bisa mendapatkan berbagai mineral lengkap dalam susu kambing loh! Susu kambing mengandung berbagai mineral esensial yang dibutuhkan oleh tubuh serta menjadi bahan makanan sumber kalsium dan fosfor yang baik untuk menjaga kepadatan tulang. 

Merk Susu untuk Pemulihan Setelah Sakit

Etawaku Platinum bisa menjadi rekomendasi merk susu terbaik untuk pemulihan setelah sakit. Pasalnya, produk ini terbuat dari susu kambing etawa berkualitas unggul yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari menjaga kepadatan atau kekuatan tulang dan sendi, mengatasi masalah pernapasan, dan masih banyak lagi.

Soal nutrisi dalam susu yang bisa mendukung proses penyembuhan sakit, Etawaku hadir dengan 3X Nutrisi (3 kali lebih banyak dari susu sapi):

  • Kalsium yang sangat baik untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. 
  • Protein yang mudah diserap dan dicerna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 
  • Sumber kalori yang sangat baik diminum di pagi hari agar tubuh lebih berenergi.
  • Tinggi kandungan asam amino esensial untuk mempercepat proses perbaikan jaringan tubuh yang rusak.

Tak hanya itu, susu Etawaku Platinum juga berbagai vitamin serta memiliki kandungan gula dalam jumlah yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh semua kalangan, termasuk penderita diabetes tanpa memicu lonjakan kadar gula dalam darah. 

Selain itu, juga tidak menimbulkan reaksi alergi karena kandungan laktosanya yang lebih rendah daripada susu sapi loh! Jadi, kamu bisa beralih menggunakan susu kambing Etawaku jika memiliki alergi terhadap susu sapi ya!

Tentunya, manfaat yang didapatkan dari minum susu Etawaku tidak hanya bisa mempercepat proses pemulihan, namun juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga:

Nah, itu dia berbagai fakta mengenai pentingnya konsumsi susu untuk pemulihan setelah sakit serta informasi mengenai rekomendasi produk susu unggul yang baik untuk menjaga kesehatanmu.

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar