logo etawaku
Search
Close this search box.

Preschool Adalah? Ini Pengertian dan Alasan Kenapa Preschool Penting

Sebagai orang tua, sudah seharusnya Bunda mempersiapkan pendidikan anak dari usia dini. Pendidikan dini penting untuk membentuk anak berprestasi di masa depan. Nah, untuk mengawali pendidikan usia dini, bunda bisa mengajak buah hati ikut kelas preschool maupun jenjang pendidikan anak usia dini lainnya.

Preschool adalah salah satu pendidikan usia dini yang banyak diandalkan di Indonesia. Namun, bagi Bunda yang masih belum tahu soal preschool, bisa baca artikel ini sampai akhir, ya!

Sebelum memasuki dunia pendidikan formal seperti sekolah dasar (SD), memang ada baiknya bunda memperkenalkan anak terlebih dahulu ke sekolah khusus balita. Hal ini diperlukan supaya anak dapat membiasakan diri terlebih dahulu dalam belajar dan bergaul dengan teman temannya 

Mengenal Preschool dan 2 Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini Lainnya

Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini Bukan Hanya Preschool

Preschool adalah jenjang pendidikan untuk anak usia dini dalam rangka mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia pendidikan formal. Selain preschool, ada beberapa jenjang pendidikan anak usia dini yang bisa bunda ikuti.

1. Playgroup

Istilah playgroup mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga bunda. Ya, playgroup sendiri merupakan lembaga pendidikan untuk anak bayi atau balita yang berisi kegiatan bermain. Karena ini dikhususkan untuk balita, maka suasana kelas dibuat menarik seperti tempat bermain. 

Dengan mengikuti kelas playgroup, anak bisa belajar bergaul dengan teman-teman, mengenal beraneka macam tekstur dan permainan, serta membiasakan anak untuk beradaptasi atau bermain bersama dengan teman-temannya. Playgroup bisa diikuti oleh balita pada usia 1-4 tahun.

2. Preschool

Jika bunda ingin ke jenjang pendidikan anak balita yang lumayan formal, maka bisa mengajak anak untuk masuk preschool. Berbeda dengan playgroup yang hanya dikelola oleh swasta, namun preschool adalah jenjang pendidikan anak balita yang dikelola oleh pemerintah, sehingga lebih formal dibandingkan playgroup.

Orang Indonesia lebih mengenal preschool dengan sebutan PAUD. Untuk jenjang pendidikan preschool atau PAUD, konsep pembelajaran hingga sistem administrasi dikelola secara profesional oleh ahli pendidikan.

Topik pembelajaran juga disesuaikan dengan usia anak-anak, pembagian kelas juga dilakukan berdasarkan usia yang sama. Hal ini tentu akan lebih mempermudah guru dalam memberikan pelajaran dan anak-anak jadi berteman dengan teman seusianya.

3. Kindergarten

Setelah menyelesaikan jenjang pendidikan playgroup atau preschool, bunda bisa melanjutkan pendidikan anak ke kindergarten atau istilah yang sering didengar masyarakat Indonesia sebagai TK (Taman Kanak-kanak). 

Kindergarten atau TK adalah pendidikan anak balita yang bersifat formal. Biasanya bunda akan memasukan anaknya ke TK sebelum masuk sekolah dasar (SD). Sistem pembelajaran kindergarten di Indonesia dibagi menjadi dua tingkat, yaitu K1 dan K2. 

Materi pembelajarannya pun berbeda dari masa playgroup dan preschool. Selain bermain, ada enam aspek yang menjadi poin penting untuk perkembangan anak. Mulai dari bahasa, nilai agama moral, kesenian, motorik, kognitif, dan sosial emosional. 

Baca Juga Artikel Lainnya: Contoh Kegiatan Sosial Emosional Anak TK, Ajarkan ia Yuk, Bun!

Perbedaan Preschool dan Kindergarten

Perbedaan Preschool dan Kindergarten

Jenjang pendidikan anak balita hanya ada playgroup, preschool. dan kindergarten. Meskipun terlihat sama, namun ketiganya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Nah, soal ini, masih banyak orang tua yang bingung dengan perbedaan ketiganya, terutama preschool dan kindergarten. Lalu apa bedanya?

Dari penjelasan diatas, kita tahu jika preschool dan kindergarten adalah jenjang pendidikan anak balita yang berbeda. Perbedaan ini terlihat dari sistem pembelajaran hingga administrasinya. Lalu poin apa saja yang membedakan keduanya?

  • Preschool adalah jenjang pendidikan anak balita yang bertujuan untuk beradaptasi dan mengenal, namun belum diberikan pembelajaran umum seperti kesenian, sosial emosional, nilai agama moral, dan lain-lain (pendidikan non formal)
  • Sedangkan kindergarten atau TK adalah jenjang pendidikan yang bersifat formal, sebab sistem pembelajaran pun dikelola oleh profesional di bidangnya.

Namun, yang paling membedakan keduanya yaitu soal kurikulum yang ada. Saat anak masuk kindergarten, maka pendidik akan lebih fokus mengajarkan anak tentang bahasa, nilai agama moral, kesenian, motorik, kognitif dan sosial emosional.

Oleh karena itu, pendidikan kindergarten lebih bagus untuk persiapan masuk SD dibandingkan preschool.

Preschool untuk Anak Umur Berapa?

Mengingat pendidikan anak usia dini penting untuk bekal di masa depan, maka sebagai orang tua sudah harus mempersiapkan jenjang pendidikan terbaik untuk anak. Lalu, sebenarnya sejak umur berapa anak sudah bisa mengikuti preschool?

Anak bisa mengikuti pendidikan preschool mulai dari usia 2 hingga lima tahun. Namun umumnya, orang tua mulai mendaftarkan anaknya preschool sejak usia 4 tahun sebagai anak sebelum memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar (SD). 

Siapkan Masa Depan Anak dengan Etawaku Junior

Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil, Bunda bisa memberikan ia asupan nutrisi lengkap dalam Susu Etawaku Junior.

Etawaku Junior adalah produk susu kambing yang dikhususkan untuk anak-anak. Kandungan nutrisi pada susu kambing Etawaku Junior lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi biasanya.

Susunya diperkaya dengan kandungan Omega 3 dan DHA, asupan yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan menjaga daya tahan tubuh agar lebih optimal. 

Tak hanya itu, Etawaku Junior mengandung Prebiotik (Inulin & FOS) untuk menjaga kesehatan dan melancarkan pencernaan anak. Terdapat 10 vitamin dan 7 mineral, nutrisi yang lengkap untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan anak secara menyeluruh.

Lebih lanjut, Susu Etawaku Junior juga rendah kasein dan laktosa, sehingga tidak menyebabkan reaksi alergi susu maupun intoleransi laktosa yang biasanya dialami anak kecil.

Yuk! Rutin konsumsi susu Etawaku Junior akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak anak sehingga siap menggapai masa depan yang cemerlang. 

Rekomendasi Artikel Lain: Perkembangan Jasmani Usia 6-14 Tahun Sangat Dipengaruhi Oleh?

Itulah jenjang pendidikan anak usia dini yang harus bunda ketahui. Jika ingin fokus untuk persiapan masuk sekolah dasar, maka preschool bisa menjadi pilihan. Sebab preschool adalah pendidikan semi formal yang membantu anak untuk mempersiapkan diri masuk ke sekolah dasar. 

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar