logo etawaku
Search
Close this search box.

Piramida Gizi Seimbang dan 10 Tips Menerapkannya: Mudah dan Sehat!

Piramida gizi seimbang bisa menjadi pedoman untuk menerapkan pola makan sehat. Hal itu karena yang disebut piramida makanan gizi seimbang menggambarkan porsi makanan yang harus kita konsumsi supaya tubuh mendapatkan gizi yang baik.

Tahukah kamu? Asupan yang masuk ke dalam tubuh merupakan sumber nutrisi yang akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Tak hanya itu, asupan makanan juga akan berpengaruh pada baik dan buruknya kinerja organ tubuh. Nah, supaya tubuh terhindar dari berbagai masalah penyakit, kamu harus memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan menerapkan pola makan sehat.

Pengertian Pola Makan Sehat

Pola makan sehat merupakan perilaku mengonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi harian. Dengan menerapkan pola makan yang sehat, maka tubuh akan mendapatkan gizi seimbang sehingga pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta kinerja organ dapat berjalan dengan optimal.

Catatan: kebutuhan gizi setiap orang berbeda-beda tergantung pada jenis kelamin, usia, kegiatan fisik, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, umumnya gizi yang diperlukan sama. Mencakup karbohidrat, protein, serat, dan mineral.

Sebagian dari kita hanya mengetahui jika pola makan sehat mengikuti pedoman rumus makanan 4 sehat 5 sempurna. Namun, tahukah kamu jika kementerian kesehatan memiliki pramida gizi seimbang yang juga bisa menjadi acuan dalam pemenuhan gizi.

Penjelasan Piramida Gizi Seimbang Kemenkes

penjelasan piramida gizi seimbang kemenkes

Ilustrasi Oleh: Kemenkes.

Piramida ini menjadi panduan nutrisi untuk menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang. Setiap lapisan pada piramida ini mewakili jenis kelompok makanan tertentu seperti mineral, protein karbohidrat, vitamin, serat, dan lain-lain.

Piramida gizi seimbang memiliki empat lapisan yang menjelaskan berbagai jenis makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. 

1. Makanan Pokok

Lapisan paling bawah dalam piramida gizi yang seimbang yaitu makanan pokok. Artinya, jenis makanan yang masuk pada lapisan ini sangat diperlukan tubuh setiap harinya.

Makanan pokok biasanya mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Ada beberapa jenis makanan dengan karbohidrat seperti kentang, beras merah, beras putih, ubi, singkong, dan sagu. 

2. Makanan dengan Sumber Serat

Pada lapisan piramida gizi, makanan dengan sumber serat berada di posisi atas makanan pokok. Selain dapat membentuk pola makan bergizi, makanan dengan kandungan serat tinggi juga bisa mengatasi masalah pencernaan.

Makanan yang memiliki kandungan serat tinggi yaitu buah dan sayur. Untuk sayuran kamu bisa mengonsumsinya sebanyak 3-4 porsi sehari. Sedangkan buah kamu bisa mengonsumsi sebanyak 2-3 porsi seharinya.

Dengan rutin mengonsumsi keduanya maka dapat memenuhi nutrisi gizi seimbang.

3. Makanan Tinggi Protein

Makanan tinggi protein berada diatas lapisan makanan dengan sumber serat. Kebutuhan protein sendiri harus dipenuhi, baik protein hewani atau nabati. Pastikan kamu mengonsumsi protein hewani dan nabati dengan seimbang.

Untuk kadarnya, kamu bisa konsumsi makanan tinggi protein sebanyak 2-4 porsi setiap harinya.

Adapun jenis makanan yang mengandung protein yaitu daging ayam, kacang-kacangan, ikan, daging sapi, telur, dan susu.

Untuk hasil yang maksimal, pilihlah daging tanpa lemak dan susu rendah lemak. Batsi juga konsumsi asupan daging olahan seperti sosis dan bacon.

4. Batasi Asupan Garam, Gula dan Lemak

Puncak teratas dalam piramida gizi seimbang yaitu dengan membatasi asupan garam, gula, dan lemak. Kurang atau hindari mengonsumsi makanan dan minuman dengan tambahan gula, lemak, dan garam. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi makanan seperti itu maka bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan.

Untuk jumlah gula yang wajar dikonsumsi harian, kamu bisa baca penjelasannya tentang takaran gula per hari.

Tips Pola Makan Sehat Seimbang

piramida makanan gizi seimbang

Pola makan yang berantakan dan tidak sehat akan sangat mempengaruhi kesehatan. Oleh karena itu, penting mengubah pola makan sehat untuk mengurangi risiko munculnya penyakit.

Meskipun mengubah pola makan sehat tidak mudah, namun dengan memulainya akan membangun kebiasaan baik. Kamu bisa mulai menerapkan pola makan sehat dengan mengikuti tips berikut ini. 

1. Selalu Sarapan

Tidak sedikit orang yang suka melewatkan sarapan, padahal sarapan sangatlah penting untuk tubuh sebelum menjalani aktivitas harian. Sebab, sarapan dapat membantu memenuhi kebutuhan energi untuk melakukan aktivitas. Juga mendukung kesehatan tubuh dan membuat kerja lebih fokus. 

Namun perlu diperhatikan juga, mulailah sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Kamu bisa sarapan dengan nasi, susu, telur, dan kacang-kacangan.

2. Tambahkan Sayuran dalam Menu Makanan

Sayuran memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Idealnya, kamu harus mengonsumsi sayur sebanyak 5 porsi setiap harinya. Namun sayangnya, banyak yang merasa keberatan bahkan tidak sedikit juga yang tidak tidak bisa makan sayur. 

3. Makanan Tinggi Protein

Jika kamu memiliki hobi ngemil, mulai sekarang pilihlah makanan cemilan yang tinggi protein. Sebab, kandungan protein yang tinggi akan membuat lebih kenyang bahkan daripada karbohidrat sekalipun. Kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi protein seperti telur rebus, greek yoghurt, kacang-kacangan, dan ayam tanpa kulit.

Baca Juga: Ini Jumlah Kandungan Protein Dada Ayam Goreng

4. Konsumsi Buah-Buahan

Sama seperti sayuran, buah juga memiliki kandungan nutrisi yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan dengan diolah sebagai jus, smoothie, atau dimakan secara langsung.

5. Penuhi Cairan Tubuh

Selain memperhatikan jenis makanan yang masuk dalam tubuh, penting juga untuk memenuhi asupan cairan tubuh untuk mencegah risiko dehidrasi.

Cairan tubuh yang terpenuhi juga mampu mendukung kerja organ lebih optimal, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan energi untuk beraktivitas.

6. Menentukan Porsi Makan

Penting bagi kamu untuk menentukan porsi saat makan. Jangan sampai sembarangan dalam mengambil porsi makan, misalnya jika terlalu banya kalori, asupan kalori yang berlebihan bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan.

7. Makan Tepat Waktu

Selain dari apa yang kita makan, waktu makan itu sendiri juga termasu dalam tips yang baik untuk menerapkan piramida gizi seimbang. Selain waktu yang tepat, pastikan juga setelah makan tidak langsung tiduran. Berikan jeda waktu sebentar untuk proses metabolisme tubuh supaya bisa bekerja lebih lancar. Dan hindari makan berlebihan pada waktu sebelum tidur. 

8. Pilih Olah Makanan Sehat

Saat ini hampir semua makanan dilakukan melalui proses penggorengan. Namun tahukah kamu, jika makanan yang melalui proses penggorengan kurang sehat? Oleh karena itu, pilihlah olah makanan yang lebih sehat seperti dikukus, panggang atau rebus untuk mengurangi asupan minyak masuk dalam tubuh.

9. Cuci Tangan Sebelum Makan

Sangat disarankan bagi kamu untuk melakukan cuci tangan sebelum makan. Cuci tangan akan menghilangkan kotoran pada tangan sehingga mengurangi risiko bakteri masuk ke dalam tubuh.

10. Rutin Olahraga

Olahraga adalah cara sehat untuk menghindari tubuh dari berbagai macam risiko penyakit. Tidak harus olahraga berat, kamu bisa olahraga ringan seperti berjalan atau bersepeda selama 30 menit. 

Artikel Terkait: Ide Daftar Menu Makan untuk Lansia di Pagi, Siang, dan Malam.

Penuhi Asupan Nutrisi dengan Etawaku Platinum dan Etawaku Junior

Dari penjelasan diatas, kita tahu jika pola makan yang baik dan sehat akan berpengaruh dengan kesehatan. Dan memenuhi kebutuhan asupan nutrisi akan sangat membantu mengoptimalkan kinerja tubuh. Selain menjaga pola makan, kamu bisa memenuhi asupan nutrisi dengan mengonsumsi Susu Etawaku Platinum dan Etawaku Junior.

Etawaku Platinum dan Etawaku Junior merupakan susu yang terbuat dari susu kambing etawa murni yang memiliki nutrisi lebih baik daripada susu sapi. Mulai dari kalsium, protein, vitamin kompleks, dan masih banyak nutrisi baik lainnya yang terdapat dalam susu kambing etawa.

Yuk! terapkan piramida gizi seimbang sebagai acuan kita dalam menjaga pola makan sehat agar tubuh juga sehat!

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar