logo etawaku
Search
Close this search box.

Menu Makanan Lansia Pagi Siang Malam, Nafsu Makan Membaik!

Menyiapkan menu makanan lansia pagi siang malam tak jarang menjadi sebuah tantangan bagi beberapa orang. Bukan hanya dipengaruhi oleh faktor penurunan nafsu makan, namun pemilihan menu tersebut juga tetap harus mempertimbangkan kandungan nutrisi yang dibutuhkan.

Penasaran dengan rekomendasi menu makanan untuk lansia? Mari simak bersama dalam artikel ini!

Sebelum membahas Makanan apa yang bagus untuk lansia, mungkin anda sebaiknya harus mengerti dulu, mengapa memilih menu untuk lansia itu penting sekali.

Pentingnya Memilih Menu Makanan untuk Lansia

Seiring bertambahnya usia, fungsi indra akan mengalami penurunan, termasuk indra penciuman dan perasa yang sangat berpengaruh terhadap nafsu makan.

Pentingnya Memilih Menu Makanan untuk Lansia

Maka dari itu, tak jarang para lansia mengalami kehilangan nafsu makan. Belum lagi kondisi-kondisi lain, seperti gigi lansia yang ompong, tubuh yang sedang sakit, dan sebagainya.

Pemilihan menu makanan yang tepat dengan porsi yang pas untuk lansia menjadi salah satu langkah efektif untuk menghambat perkembangan penyakit degeneratif, sehingga lansia bisa tetap sehat dan terhindar dari kekurangan gizi atau malnutrisi.

Selain lezat dan menggugah selera, menu makanan untuk lansia ini juga harus mempertimbangkan kelengkapan gizi dan nutrisi, ya!

Seperti Apa Makanan yang Baik untuk Lansia?

tips memilih menu makan siang malam lansia

Dikutip dari National Institute of Aging, setidaknya makanan berikut ini wajib ada dalam menu setiap hari:

1. Mengandung Karbohidrat

Makanan dengan sumber karbohidrat ini akan membantu menyediakan energi agar lansia tetap aktif bergerak. Berbagai jenis makanan karbohidrat yakni seperti nasi, gandum, singkong, atau gandum.

Porsi makanan pokok yang disarankan yaitu 150-300 gram dan dibagi menjadi tiga, yaitu untuk sarapan, makan siang, serta makan malam. Jadi, kita bisa menyediakan 100 gram karbohidrat dalam satu porsi makanan ya!

2. Mengandung Serat dan Vitamin

Makanan dengan serat dan vitamin dapat membantu melancarkan sistem pencernaan pada lansia. Sumber makanan seperti itu bisa didapatkan dari buah dan sayuran.

Namun, pastikan jenis buah dan sayur yang dipilih memiliki tekstur lembut agar mudah ditelan, serta tidak memiliki rasa yang asam.

Untuk porsinya, kamu bisa memberikan buah dan sayur sebanyak lima porsi setiap hari, dengan takaran buah sebanyak 150-250 gram dan sayur sebanyak 200-350 gram.

3. Mengandung Protein dan Mineral

Berbagai sumber protein dan mineral juga tidak boleh ketinggalan dalam penyajian menu makanan untuk lansia.

Pemenuhan asupan protein dan mineral bisa membantu mengoptimalkan kekuatan otot lansia.

4. Sedikit Gula, Minyak, dan Garam

Ketika menyiapkan makanan untuk lansia, pastikan kamu memperhatikan jumlah minyak, gula, dan garam yang digunakan.

Hal itu disebabkan karena sebagian besar lansia memiliki masalah kesehatan seperti diabetes atau hipertensi.

Dalam sehari, kamu bisa menggunakan minyak sebanyak 5 sendok makan, gula sebanyak 4 sendok makan, serta garam sebanyak 1 sendok teh. Memasak menu makanan untuk lansia lebih dari jumlah tersebut mungkin bisa menyebabkan dampak yang buruk.

Agar lebih yakin, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya!

Tak hanya itu, porsi dan jam makan lansia juga harus diatur. Kamu bisa memberikan tiga kali makanan utama dan dua kali makanan selingan. Berikan makanan tersebut dalam porsi sedikit demi sedikit namun sering.

Contoh Menu Makanan untuk Lansia Pagi, Siang, dan Malam

Nah, jika kamu masih bingung, kamu bisa meniru menu makanan untuk lansia pagi siang malam berikut ini:

Menu Sarapan Pagi

menu makanan lansia pagi

Untuk memenuhi gizi lansia di pagi hari, kamu bisa siapkan sarapan sehat yang mudah ditelan dengan menu:

  • Semangkuk bubur ayam atau nasi tim ayam sebagai sumber karbohidrat yang mudah ditelan.
  • Satu butir telur rebus sebagai sumber protein, sekaligus bisa mempercepat metabolisme tubuh.
  • Satu buah tomat ukuran sedang yang dihaluskan, sebagai sumber vitamin C yang bisa melawan radikal bebas.
  • Satu buah pepaya berukuran sedang yang dipotong kecil-kecil untuk membantu melancarkan pencernaan.

Menu Makan Siang

menu makanan lansia siang

Kamu bisa menyiapkan menu makan siang untuk lansia dengan gizi seimbang dengan beberapa menu makanan seperti:

  • Nasi sebanyak 150 gram yang dimasak hingga lembek sehingga mudah ditelan
  • Satu potong tempe goreng sebagai sumber protein nabati
  • Satu ekor ikan tulang lunak atau ikan dengan duri sedikit sebagai sumber protein hewani. Kamu bisa memilih jenis ikan bandeng, tongkol, atau ikan kembung berukuran sedang.
  • Semangkuk sayur bayam sebagai sumber zat besi yang baik untuk melancarkan aliran darah dan mencegah anemia.

Agar tidak bosan, kamu juga bisa berkreasi dengan membuat pepes tahu, semur hati ayam, sayur bening, atau berbagai menu lain sesuai selera.

Menu Makan Malam

menu makanan lansia malam

Di malam hari, kamu bisa memberikan menu menarik yang baik untuk lansia berikut ini:

  • Nasi putih atau nasi merah ukuran 100 gram yang dimasak hingga lembut.
  • Satu potong tahu bacem
  • Satu mangkuk kecil sayur asem
  • Satu potong ayam panggang dengan tekstur yang tidak alot
  • Satu buah pisang atau pepaya sebagai makanan pencuci mulut
  • Lengkapi dengan satu gelas susu Etawaku untuk membantu memenuhi nutrisi lansia sekaligus menjaga kesehatan dan kepadatan tulangnya.

Menu Makanan Selingan untuk Lansia

Pagi Hari

Menjelang siang, kamu bisa menyiapkan beberapa pilihan camilan sehat untuk lansia seperti:

  • Satu buah pisang,
  • Satu buah pepaya matang ukuran sedang yang dipotong kecil-kecil,
  • Atau semangkuk bubur kacang hijau yang dimasak sampai lembut. Pastikan gunakan gula dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Pemberian camilan berupa buah-buahan bisa membantu memenuhi kebutuhan serat sehingga bisa membantu melancarkan kerja sistem pencernaan pada lansia.

Sore Hari

Sebagai camilan di sore hari, kamu bisa menyiapkan camilan berupa jagung, singkong, atau ubi rebus. 

Namun, jika lansia sudah tidak memiliki gigi, alangkah baiknya jika menu camilan sore diganti dengan aneka buah-buahan yang mudah dikunyah atau ganti dengan semangkuk yoghurt yang baik untuk pencernaan.

Tips: Jika kamu ingin menyiapkan makanan sehat untuk orang tua tanpa adanya kandungan karbohidrat, kamu bisa pilih beberapa makanan yang tidak mengandung karbohidrat.

Praktek Membuat Menu Makanan Lansia Pagi Siang Malam

Praktek Membuat Menu Makanan Lansia Pagi Siang Malam

Sebagai pelengkap informasi, kamu bisa memasak salah satu resep andalan makanan sehat namun tetap enak untuk dikonsumsi lansia, yaitu menu pepes tahu.

Resep ini memang terkesan sederhana, tapi jangan salah, karena pepes tahu kaya nutrisi dan selalu menggugah selera.

Tak hanya itu, bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah dicari dan langkah membuatnya pun simpel. Penasaran? Yuk simak resepnya berikut ini:

Bahan-bahan:

  • 15 buah tahu, kamu bisa gunakan tahu putih atau tahu kuning sesuai selera.
  • 5 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 6 butir kemiri
  • Cabai sesuai selera
  • Lengkuas 
  • 1-1.5 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kaldu bubuk tanpa MSG
  • 1 batang daun bawang, iris kasar
  • 2 buah tomat yang telah dibuang bijinya, potong kecil-kecil
  • Daun pisang dan tusuk gigi untuk membungkus

Langkah pembuatan:

  1. Ulek bawang merah, bawang putih, cabai, dan kemiri hingga halus. Kamu bisa menggunakan chopper atau blender.
  2. Masukkan tahu ke dalam bumbu, haluskan, dan aduk hingga merata.
  3. Tambahkan daun bawang, tomat, garam, kaldu bubuk, serta lengkuas. Aduk kembali hingga merata dan rasanya enak.
  4. Bersihkan, layukan, lalu potong daun pisang sesuai ukuran yang dikehendaki sebagai pembungkus pepes tahu.
  5. Masukkan adonan tahu ke dalam daun pisang, bungkus menyerupai lontong dan kunci dengan tusuk gigi hingga adonan habis.
  6. Kukus adonan yang telah dibungkus daun pisang tersebut selama 15 menit.
  7. Setelah matang, matikan kompor.
  8. Tunggu hingga dingin dan pepes tahu yang nikmat siap disantap.

Kamu bisa berkreasi dengan cara menambahkan berbagai topping atau campuran dalam bahan utama, seperti telur, jamur, atau ayam agar kandungan gizinya semakin lengkap ya! Selamat mencoba!

Penuhi Nutrisi Lansia dengan Minum Susu Etawaku Platinum

Selain dengan mencoba berbagai resep menu makanan untuk lansia dari pagi, siang, dan malam seperti yang sudah dijelaskan di atas, bagi para lansia disarankan juga untuk menjaga kekuatan tulang sendi.

Masalah tulang dan sendi menjadi salah satu masalah kesehatan yang hampir dialami semua orang dengan lanjut usia. Untuk mengatasi itu, anda bisa mengonsumsi Etawaku Platinum, Susu Tulang untuk Lanjut Usia dengan tinggi kalsium.

Etawaku dapat membantu para Lansia mengatasi masalah pegal, nyeri sendi, linu, mencegah osteoporosis, dan berbagai penyakit tulang sendi lainnya.

Selain manfaatnya, kandungan susunya yang rendah gula membuat Etawaku aman dikonsumsi lansia, bahkan penderita diabetes juga bisa minum!

Itu dia beberapa rekomendasi menu makanan lansia pagi siang malam yang bisa kamu coba. Yuk ikut berkontribusi bersama kami dengan menyebarkan informasi ini ke seluruh sosial media kamu ya!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar