logo etawaku
Search
Close this search box.

15+ Makanan untuk Penderita Diabetes Agar Tidak Lemas, Tapi Enak!

Bicara soal diabetes, tentu saja kamu sudah tidak asing dengan penyakit ini bukan? Salah satu gejala yang ditimbulkan yaitu badan lemas.

Nah, tahukah kamu? Ternyata ada makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas loh! Penasaran apa saja rekomendasi makanannya? Yuk baca faktanya dalam artikel ini!

Diabetes mellitus atau yang lebih dikenal sebagai diabetes adalah sebuah kondisi kronis yang ditandai oleh kadar gula darah tinggi.

Penyakit ini terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif atau tidak menghasilkan cukup insulin. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas dan berperan penting dalam mengatur kadar gula darah.

makanan yang baik untuk penderita diabetes agar tidak lemas

Diabetes mellitus juga bisa disebut sebagai gangguan metabolisme yang mempengaruhi cara tubuh memproses glukosa atau gula darah.

Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, termasuk gangguan jantung, kerusakan saraf, gangguan penglihatan, dan masalah ginjal.

Makanan untuk Penderita Diabetes Agar Tidak Lemas

Bagi penderita diabetes, harus membatasi porsi dan jenis makanan. Sebab, makanan sangat berpotensi meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Meskipun begitu, ada beberapa makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas yaitu:

1. Sayuran Hijau 

Sayuran hijau dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan karena memiliki kandungan protein, vitamin, mineral, dan serat yang tinggi.

Meskipun rendah kalori dan karbohidrat, sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, kubis, pokcoy, dan kale dapat disajikan dalam berbagai bentuk seperti salad, sup, jus, atau ditumis dengan sedikit minyak.

2. Salmon 

Salmon aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena kaya akan omega 3, lemak baik yang membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Mengutip JAMA Internal Medicine yang direferensikan dalam Everyday Health, disarankan untuk mengonsumsi ikan tinggi omega 3 minimal 2 kali seminggu dan dapat dipadukan dengan sayuran rendah karbohidrat.

3. Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian pengganti nasi. Biji-bijian ini memiliki kandungan protein tinggi dan memberikan manfaat yang cukup signifikan dalam mengendalikan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

4. Brokoli

Brokoli merupakan makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas. Sebab brokoli kaya akan serat, vitamin C, dan potasium, direkomendasikan dalam menu diet dengan berbagai olahan seperti dipanggang bersama minyak zaitun untuk memberikan cita rasa yang lebih nikmat. 

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, pistachio, hazelnut, walnut, atau kacang tanah tanpa bumbu, diakui sebagai makanan terbaik untuk diabetes karena mengandung lemak sehat yang aman dan dapat dijadikan camilan yang sehat.

6. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak seperti daging ayam, kalkun, bebek tanpa kulit, serta daging sapi seperti tenderloin atau sirloin merupakan makanan untuk diabetes agar tidak lemas. Sebab daging tanpa lemak adalah sumber protein hewani rendah kalori yang membantu mengontrol lonjakan gula darah.

7. Zucchini

Zucchini adalah sayuran tinggi antioksidan dan serat, magnesium, dan vitamin B kompleks, memberikan kontribusi positif dalam menstabilkan kadar gula darah. Zucchini menjadi rekomendasi makanan untuk penderita diabetes supaya tidak lemas.

8. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang bisa digunakan sebagai pengganti karbohidrat dengan lemak sehat, harus dikonsumsi dengan memperhatikan jumlah asupan karena kandungan kalorinya yang tinggi.

9. Telur

Telur sebagai sumber protein hewani baik, memberikan kontribusi penting bagi penderita diabetes dengan batasan konsumsi yang tepat. Kamu bisa mengonsumsi berbagai macam olahan telur yang enak. 

10. Kembang kol

Kembang kol jeni makanan untuk penderita sakit diabetes agar tidak lemas dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Kembang kol dapat dijadikan pengganti nasi yang aman untuk kadar gula darah.

11. Tahu

Tahu sebagai makanan dari yang terbuat dari kacang kedelai. Tahu dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan menjadi alternatif protein hewani.

12. Tomat

Tomat bisa kamu konsumsi dalam berbagai bentuk seperti jus tanpa gula, toping salad, atau dalam masakan. Tomat memiliki manfaat menurunkan tekanan darah dan mendukung penurunan berat badan.

13. Mie shirataki

Mie shirataki bisa menjadi rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi penderita diabetes agar tidak lemas. Mie ini rendah kalori dan karbohidrat, aman untuk penderita diabetes dan dapat membantu mengontrol berat badan dan kadar gula darah.

14. Seledri 

Seledri sebagai sayuran rendah karbohidrat, dapat dimodifikasi ke dalam berbagai hidangan sayur seperti sup dan salad. Seledri aman dikonsumsi penderita diabetes.

15. Kacang polong

Kacang polong tinggi protein dan karbohidrat baik. Makanan ini efektif menurunkan gula darah dan sering digunakan dalam hidangan salad.

16. Ubi jalar

Ubi jalar dengan kadar indeks glikemik rendah, cocok sebagai pengganti karbohidrat yang diolah dengan cara dipanggang, kukus, atau direbus.

17. Apel

Apel merupakan buah yang ramah bagi penderita diabetes sebab memiliki kandungan serat pada kulitnya. Tak hanya itu saja, apel juga dapat membantu menunda lonjakan kadar gula darah.

Selain memperhatikan soal makanan yang baik, penting juga untuk menghindari makanan yang bisa memicu diabetes. Misalnya ikan, ada beberapa jenis ikan yang tidak boleh dimakan penderita diabetes!

Pencegahan Diabetes

1. Gaya Hidup Sehat

Mengadopsi gaya hidup sehat, termasuk pola makan seimbang dan aktivitas fisik teratur, dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.

2. Pantau Kadar Gula Darah

Penderita diabetes perlu secara teratur memantau kadar gula darah mereka dan menjaga agar tetap dalam batas normal.

3. Manajemen Berat Badan

Menjaga berat badan ideal dan mengurangi kelebihan lemak tubuh dapat membantu mengelola diabetes. Oleh karena itu penting dalam memperhatikan asupan makanan.

4. Obat-Obatan dan Insulin

Penderita diabetes mungkin memerlukan obat-obatan oral, insulin, atau kombinasi keduanya untuk mengontrol kadar gula darah.

5. Konsultasi dengan Dokter

Bagi penderita diabetes penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk pengobatan dan penanganan yang tepat dan efektif.

Minum Susu untuk Atasi Diabetes

Susu Etawa Untuk Diabetes

Kita tahu kalau penderita diabetes kerap kali merasakan lemas dan bisa berisiko terkena penyakit tulang berbahaya (osteoporosis). Untuk itu, jangan pernah biarkan diabetes terus menyerang!

Untuk membantu mengatasinya, kamu bisa rutin minum Susu Kambing yang Bisa untuk Diabetes, Etawaku Platinum.

Etawaku memiliki kandungan nutrisi tinggi yang didapatkan dari kemurnian susu kambing Etawa. Misalnya kalsium, Etawaku lebih tinggi kalsium dibandingkan susu sapi. Jadi cocok banget untuk kamu minum sebagai susu tulang untuk penderita diabetes.

Belum lagi kandungan protein dan berbagai vitamin kompleks yang bisa menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Dan soal gula, Etawaku cukup rendah gula. Membuatnya sangat aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Itulah rekomendasi makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas. Diabetes adalah penyakit serius yang memerlukan perhatian dan manajemen yang baik. Oleh karena itu hindari gaya hidup dan pola makan tidak sehat supaya dapat terhindar dari diabetes!

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar