logo etawaku
Search
Close this search box.

3+ Efek Samping Kencur Bagi Asam Lambung dan Cara Konsumsinya

Kencur menjadi salah satu bahan herbal yang sering digunakan sebagai obat berbagai penyakit, seperti asam lambung. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat kencur dianggap bisa berfungsi sebagai anti inflamasi (memiliki efek anti radang) yang dapat menyehatkan pencernaan dengan menurunkan kadar asam lambung yang naik.

Namun seperti halnya dengan bahan alami lain, ada beberapa efek samping kencur bagi asam lambung yang mungkin bisa terjadi jika tidak dikonsumsi dengan benar atau tidak sesuai.

Konsumsi kencur bagi asam lambung sendiri sebenarnya cukup mudah, bahkan bisa hanya dengan mengunyah langsung. Namun yang paling sering yaitu diolah menjadi jamu, bersamaan dengan bahan herbal lain seperti kunyit.

Cara Konsumsi Kencur untuk Mengatasi Asam Lambung

cara konsumsi kencur bagi asam lambung

Sebelum membahas apa saja efek samping kencur untuk asam lambung, berikut beberapa tips cara membuat kencur untuk mengatasi asam lambung:

1. Mengunyah Kencur

Jika kamu tidak ingin terlalu repot dengan melakukan cara pengolahan tertentu, kamu bisa memilih opsi ini. Ya, cukup kunyah kencur langsung untuk mengatasi asam lambung, kamu hanya perlu memotong kencur, mengupas kulit, dan mengunyahnya.

2. Merebus Kencur

Jika mengunyah terlalu berat bagi kamu, maka menjadikannya minuman dengan cara merebus kencur terlebih dahulu bisa menjadi cara lain untuk mendapatkan manfaat kencur untuk asam lambung. Berikut langkah-langkahnya:

  • Potonglah kencur menjadi beberapa irisan
  • Rebus potongan kencur beberapa menit hingga air kecoklatan
  • Saring rebusan kencur dengan saringan yang halus
  • Minum air rebusan kencur secara wajar (tidak berlebihan)

3. Mencampurkan Kencur dengan Madu

Cara berikutnya untuk membuat ramuan kencur yaitu dengan mencampurkannya dengan madu. Kamu cukup mencampurkan kencur yang sudah dihaluskan, dan campur dengan madu murni. Setelah itu, kamu bisa minum madunya yang sudah tercampur dengan kencur tadi.

Artikel Terkait: Daun Balakacida (Ciri, Manfaat, dan Cara Mengolah untuk Mengatasi Masalah Lambung).

Apa Saja Efek Samping Kencur Bagi Asam Lambung?

apa saja efek kencur bagi asam lambung

Mengetahui manfaat kencur yang baik untuk penderita asam lambung, kamu juga harus menyadari akan efek samping yang mungkin dapat terjadi. Jika dikonsumsi secara berlebihan (tidak sesuai takaran), maka akan menyebabkan beberapa efek samping, seperti:

  • Nafsu Makan Menurun
  • Sering Buang Air Kecil
  • Diare

Catatan: Meskipun kencur dianggap memiliki manfaat luar biasa dalam mengatasi asam lambung, namun hal tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Jadi, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter terkait untuk memastikan langkah yang kamu pilih dengan mengonsumsi kencur untuk menyembuhkan asam lambung kamu! Pastikanlah soal efek samping kencur bagi asam lambung dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan.

Baca Juga Artikel Lainnya: Lengan Kiri Pegal Akibat Asam Lambung.

Mengatasi Asam Lambung dengan Minum Susu

Jika berbagai cara pengolahan kencur yang sudah dijelaskan di atas terlalu rumit untuk kamu lakukan dalam upaya mengatasi asam lambung, kamu bisa beralih dengan pilihan lain yang lebih mudah dan enak.

Susu Etawaku Platinum! Kamu bisa mengatasi masalah pencernaan seperti asam lambung dengan rutin minum Susu Kambing Etawaku. Produk kami memiliki berbagai manfaat, selain manfaat utamanya untuk tulang sendi dan pernapasan, Etawaku juga sangat baik untuk pencernaan tubuh.

Susu kambing bersifat alkali (hampir setara ASI), sehingga susunya lebih mudah dicerna dan tidak memimbulkan alergi. Kamu bisa minum susu kambing untuk asam lambung sebanyak 2 gelas per hari.

Beli Etawaku Hari Ini (Bisa Bayar di Tempat)

Beli Paket 2 Box Susu Etawaku
Box Etawaku Sudah Terjual di Indonesia
0

Silakan Mengisi Form Pembelian Di Bawah (WAJIB) Untuk Beli Susu Etawaku Platinum dengan Harga Promo.

Rekomendasi Artikel Lainnya: Diare Karena Asam Lambung, Apa Mungkin?

Photo of author

EtawakuBrand

Tinggalkan komentar