logo etawaku
Search
Close this search box.

2 Cara Merebus Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol, Praktis!

Tidak sedikit masyarakat yang percaya jika daun salam merupakan pilihan alternatif untuk mengatasi masalah kesehatan seperti asam urat dan kolesterol. Meskipun begitu, ternyata tidak sedikit yang belum paham bagaimana cara mengolahnya.

Lalu, bagaimana cara merebus daun salam untuk asam urat dan kolesterol yang benar? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Apa itu Asam Urat?

Dikutip dari Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, asam urat merupakan hasil pemecahan purin atau produk sisa dalam tubuh. Asam urat dibawa oleh aliran darah menuju ginjal dan akan dikeluarkan bersama dengan urin. 

asam urat

Apabila kadar asam urat dalam darah melebihi batas normal, maka akan menimbulkan masalah serius. Terutama bagi seseorang yang berusia 40 tahun keatas. Kadar asam urat yang tinggi akan menimbulkan penyakit artritis gout. Penyakit ini akan menyebabkan penderitanya merasakan nyeri luar biasa.

Penyebab asam urat sendiri sangat berkaitan dengan pola makan yang tidak seimbang atau yang mengandung tinggi purin. Purin tinggi biasanya terdapat dalam jeroan dan seafood seperti kerang, cumi, udang, ikan teri, dan kepiting.

Apa itu Kolesterol?

Kolesterol merupakan zat yang diproduksi oleh hati dan dibutuhkan oleh tubuh. Sel-sel jaringan dalam tubuh membutuhkan kolesterol untuk proses tumbuh dan berkembang. Namun, jumlah kolesterol yang dapat diterima atau diserap oleh sel tubuh ada batasnya. 

Apabila mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi kolesterol, maka kadar LDL (Low Density Lipoprotein) dalam darah akan terjadi penumpukan pada dinding pembuluh darah arteri. Jika kadar kolesterol berlebih tentunya akan menimbulkan berbagai masalah pada pembuluh darah jantung dan otak. 

Asam urat dan kolesterol merupakan jenis penyakit yang tidak boleh diabaikan. Sebab, kedua penyakit ini akan menimbulkan beberapa gejala seperti kaki bengkak, rasa sakit, dan kepala pusing yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun tahukah kamu? Ternyata kolesterol dan asam urat merupakan dua penyakit yang bisa diatasi dengan menggunakan air rebusan daun salam. Apakah itu benar?

Manfaat Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol

Manfaat Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol

Sebelum ke cara merebus daun salam untuk asam urat dan kolesterol, yuk kenalan dulu dengan daun salam, kenapa sih dianggap bermanfaat untuk mengatasi masalah asam urat maupun kolesterol?

Dikutip dari Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, daun salam merupakan jenis tanaman yang memiliki beberapa kandungan seperti berikut:

  • Flavonoid
  • Saponin
  • Tanin
  • Triterpen
  • Polifenol
  • Alkaloid dan
  • Minyak atsiri.

Dengan kandungan-kandungan di atas, artinya daun salam berguna sebagai anti kolesterol dan mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah. 

Bukan hanya penelitian di atas saja, ada lagi penelitian dalam jurnal Upertis, disebutkan jika zat aktif yang ada pada daun salam dapat memperbaiki profil lipid.


Berikut ini penjelasan dari beberapa kandungan yang ada dalam daun salam seperti di atas:

Alkaloid: menghambat aktivitas enzim lipase pankreas sehingga meningkatkan sekresi lemak melalui feses. Hal inilah yang akan membuat penyerapan lemak oleh hati terhambat dan mustahil diubah menjadi kolesterol.

Saponin: membantu menurunkan kadar kolesterol dan mampu mengurangi penumpukan lemak dalam pembuluh darah.

Flavonoid: sebagai antioksidan sehingga dapat menghambat kerja enzim xantin oksidase. Hal inilah yang membuat pembentukan asam urat menjadi terhambat.

Tak hanya itu saja kandungan senyawa dalam daun salam juga mampu memperbanyak produksi urin sehingga dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. 

Cara Merebus Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol

cara membuat rebusan daun salam untuk asam urat dan kolesterol

Dari penjelasan diatas, kita mengetahui jika daun salam memiliki kandungan senyawa yang bagus untuk mengatasi masalah kolesterol dan asam urat. Lalu bagaimana cara merebus daun salam untuk asam urat dan kolesterol dengan benar?

a. Untuk Mengobati Asam Urat

Manfaat daun salam untuk mengatasi asam urat dapat dilakukan dengan cara merebus daunnya.

  1. Ambil 10 lembar daun salam
  2. Kemudian, rebus dengan 700 cc air atau setara dengan 3,5 gelas.
  3. Rebus air daun salam hingga tersisa kurang lebih untuk satu gelas.
  4. Setelah itu, saring air rebusan dan minum saat masih hangat.

b. Untuk Mengobati Kolesterol

Sedangkan untuk mengobati kolesterol yaitu:

  1. Rebus 10-15 daun salam yang sudah dicuci bersih dengan 3 gelas air
  2. Tunggu hingga rebusan daun salam tersisa satu gelas.
  3. Setelah itu, saring air rebusan dan minum saat masih hangat.
  4. Lakukan secara rutin agar kolesterol cepat sembuh.

Itulah cara merebus daun salam untuk asam urat dan kolesterol. Sebelum diolah, pastikan daun salam lebih baik cuci terlebih dahulu dengan air mengalir supaya bersih. 

Sebagai referensi, untuk penderita asam urat yang bingung mau makan apa karena banyaknya pantangan makanan, kamu bisa contek list menu 1 minggu untuk penderita asam urat.

Efek Samping Minum Rebusan Daun Salam

Meskipun daun salam memiliki manfaat untuk mengatasi asam urat dan kolesterol, daun salam juga memiliki efek samping yang tidak boleh diabaikan. Adapun beberapa efek daun salam yaitu:

  • Gangguan saluran pencernaan
  • Radang akut pada saluran pencernaan
  • Reaksi alergi
  • Infeksi kulit
  • Asma
  • Sesak nafas

Namun tidak semua orang akan merasakan efek samping tersebut. Beberapa orang akan merasa cocok mengonsumsi daun salam, namun ada juga yang kurang cocok.

Dan perlu diperhatikan jika air rebusan daun salam jangan dikonsumsi dalam waktu jangka panjang. Terutama orang dengan beberapa kondisi seperti:

– Penderita Diabetes

Meskipun daun salam sangat dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, namun ternyata jika dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes akan menyebabkan hipoglikemia. Hipoglikemia disebabkan karena terjadinya penurunan kadar gula darah secara berlebihan.

– Ibu Hamil dan Menyusui

Saat sedang hamil atau masa menyusui, tidak disarankan mengonsumsi daun salam. Sebab, hingga saat ini belum ada penelitian yang mengatakan jika daun salam aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

– Pasien yang Akan Melakukan Operasi

Daun salam juga tidak direkomendasikan bagi seseorang yang akan melakukan operasi atau pembedahan dalam waktu dekat. Sebab, daun salam dapat memperlambat kerja sistem saraf dan otak. Hal ini akan mengganggu efek obat anestesi. 

Baca Juga: Titik Bekam Asam Urat di Tangan dan Kaki.

Atasi Asam Urat dengan Susu Kambing Etawaku

Asam urat dan kolesterol merupakan masalah kesehatan yang tidak boleh diabaikan sebab keduanya akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tidak cukup dengan menjaga pola makan, namun juga membutuhkan asupan lainnya seperti Etawaku Platinum.

Etawaku Platinum merupakan produk susu kambing yang terbuat dari susu kambing etawa murni dan memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu mengurangi risiko asam urat. Mengonsumsi Etawaku Platinum akan mencegah penderitanya dari gejala asam urat!

Itulah penjelasan mengenai cara merebus daun salam untuk asam urat dan kolesterol. Sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu lebih lanjut jika memang ingin mengonsumsi daun salam lebih lanjut.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar