logo etawaku
Search
Close this search box.

9 Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda, Jangan Disepelekan!

Meskipun asam urat merupakan salah satu masalah kesehatan yang umumnya terjadi pada orang dewasa. Namun, saat ini tidak sedikit juga anak usia muda yang mengalami asam urat.

Lalu, apa penyebab asam urat tinggi di usia muda? Apa saja ciri-cirinya? Dan bagaimana cara menyembuhkan asam urat? Simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut, ya!

Pengertian Asam Urat

Asam urat merupakan masalah kesehatan yang menimbulkan beberapa gejala seperti rasa sakit, bengkak, kemerahan pada penderitanya. Pengertian lain mengenai asam urat yaitu hasil pemecahan purin atau produk sisa dalam tubuh. Asam urat dibawa oleh aliran darah menuju ginjal dan akan dikeluarkan bersama dengan urin. 

asam urat

Jika disimpulkan, pengertian asam urat yaitu masalah radang sendi yang dapat menyerang siapapun baik wanita maupun laki-laki. Timbulnya asam urat diikuti dengan munculnya gejala lain seperti  nyeri, kemerahan, hingga bengkak yang membuat penderitanya tidak bisa berjalan.

Pada faktanya, asam urat lebih sering menyerang yang usianya sudah berada diatas 30 tahun. Meskipun demikian, ternyata saat ini tidak sedikit anak muda yang mulai mengalami asam urat. Ada beberapa penyebab asam urat tinggi di usia muda. Apa saja itu?

Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda

Asam urat memang sering terjadi pada pria atau wanita dengan usia diatas 30 tahun, namun bukan berarti anak muda tidak bisa mengalami asam urat. Asam urat terjadi pada manusia karena tingginya kadar asam urat dalam tubuhnya. Apabila kadar asam urat menumpuk dalam tubuh, maka akan memicu gejala asam urat. 

Sebagai informasi, tubuh manusia mengandung asam urat yang berfungsi untuk mengurai purin. Setelah asam urat digunakan, maka proses selanjutnya yaitu pembuangan asam urat melalui urin.

Jika terjadi penumpukan asam urat maka akan membentuk kristal urat tajam pada bagian sendi, sehingga menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan rasa sakit.  Hal inilah yang menjadi alasan mengapa anak muda mengalami asam urat.

Ada beberapa penyebab asam urat tinggi di usia muda, yaitu:

1. Gaya Hidup Buruk

Gaya hidup buruk seperti merokok, minum alkohol, dan sering begadang akan sangat mungkin meningkatkan risiko asam urat tinggi. Merokok akan meningkatkan risiko peradangan dan memperburuk kondisi asam urat.

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol akan menghambat pengeluaran asam urat dari dalam tubuh dan meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Begitupun dengan begadang yang akan meningkatkan kadar asam urat.

2. Kondisi Medis Tertentu

Kondisi medis yang dapat memicu munculnya asam urat yaitu diabetes, hipertensi, penyakit ginjal kronis. Diabetes akan mengganggu proses keluarnya asam urat dalam tubuh. Hipertensi dapat menimbulkan kenaikan kadar asam urat, dan penyakit ginjal kronis akan mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mengeluarkan asam urat.

3. Berat Badan Berlebih 

Obesitas atau berat badan berlebih menjadi salah satu penyebab asam urat tinggi di usia muda. Hal ini karena adanya penumpukan lemak akan sangat mempengaruhi metabolisme asam urat dalam tubuh. Sebab, seseorang yang memiliki berat badan berlebih akan mengganggu proses pengeluaran asam urat.

4. Pola Makan yang Salah

pola makan yang salah menjadi penyebab asam urat tinggi di usia muda

Tidak sedikit anak muda yang terkena asam urat disebabkan karena pola makan yang salah. Makanan seperti seafood, jeroan, daging merah, makanan kaleng, kacang-kacangan, adalah contoh makanan yang memiliki kandungan purin cukup tinggi. 

5. Terlalu Banyak Konsumsi Minuman Manis

Saat ini ada banyak varian minuman manis dikalangan anak muda. Rasanya memang enak dan menyegarkan. Namun, jenis minuman seperti itu akan menyebabkan asam urat di usia muda.

Minuman manis memang tidak mengandung purin, namun tinggi fruktosa. Tubuh akan memecah fruktosa dan menghasilkan purin. Hal inilah yang berisiko memicu asam urat. 

6. Kurang Berolahraga

Jarang berolahraga juga dapat menjadi penyebab asam urat tinggi di usia muda. Olahraga atau aktivitas fisik akan berpengaruh pada metabolisme asam urat karena saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan asam urat melalui keringat. Nah, jika olahraga kurang maka akan mempengaruhi metabolisme pada asam urat yang kurang baik.

7. Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Mengonsumsi obat-obatan tertentu akan meningkatkan risiko asam urat. Sebagai contoh obat yang mempengaruhi asam urat yaitu obat diuretik untuk tekanan darah tinggi. Jenis obat ini akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah. 

8. Riwayat Keluarga

Sama dengan beberapa masalah kesehatan lainnya, asam urat juga bisa disebabkan karena genetik. Apabila ada anggota keluarga yang mengalami asam urat, maka besar kemungkinan akan menurun dan rentan terhadap peningkatan kadar asam urat.

9. Mengalami Cedera

Seseorang yang mengalami cedera atau pasca operasi kemungkinan akan mengalami peningkatan kadar asam urat. Hal ini disebabkan karena sel tubuh rusak dan asam urat yang tersimpan masuk ke aliran darah. 

Ciri-Ciri Asam Urat Usia Muda

Sebenarnya, hampir semua ciri-ciri asam urat sama. Adapun ciri-ciri asam urat di usia muda yaitu:

1. Pembengkakan

Ciri paling umum pada penderita asam urat yaitu terjadi pembengkakan pada bagian sendiri yang terkena. Pembengkakan pada area sendi juga diikuti dengan rasa nyeri hingga sulit digunakan untuk berjalan.

2. Nyeri Sendi

Dalam istilah medis, nyeri sendi disebut artritis gout. Gejala ini akan muncul tiba-tiba dan memicu rasa sakit yang luar biasa. Rasa nyeri paling sering terjadi pada area pergelangan kaki, lutut atau jempol kaki. 

3. Batu Ginjal

Kadar asam urat tinggi dalam tubuh akan menyebabkan pembentukan batu ginjal. Kondisi ini akan memicu gejala seperti demam, nyeri pinggang, hingga sulit buang air kecil.

4. Rasa Panas

Pada area sendi yang mengalami pembengkakan akan terasa lebih panas ketika disentuh. Ini merupakan gejala yang akan dirasakan oleh penderita asam urat.

5. Kemerahan dan Gatal

Selain muncul sensasi panas terbakar, sendi yang mengalami pembengkakan akibat asam urat juga akan mengalami kemerahan dan gatal pada kulit. Ini merupakan reaksi peradangan kulit karena asam urat.

Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat

Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat

Selain mengonsumsi obat-obatan, asam urat bisa disembuhkan secara alami dengan cara:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Saat sedang mengalami asam urat, disarankan untuk memperbanyak minum air putih. Sebab, konsumsi cairan seperti air putih dapat merangsang ginjal seseorang untuk mengeluarkan cairan berlebih, sehingga mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat.

2. Kompres Menggunakan Es

Pembengkakan yang disebabkan karena asam urat bisa disembuhkan dengan kompres es pada bagian yang mengalami peradangan. Dengan begitu, bengkak pada sendi akan berkurang. 

3. Kelola Stress

Stres dapat memperburuk gejala asam urat. Oleh karena itu, penting bagi penderita asam urat untuk supaya bisa kelola stress dengan baik. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari stres seperti olahraga, bermeditasi, membaca buku favorit, cuti bekerja, dan istirahat. 

4. Minum Air Lemon

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa menambahkan jus dua buah lemon segar ke dalam 2 liter air setiap hari dapat mengurangi asam urat pada penderita asam urat. Para peneliti menyimpulkan bahwa, air lemon membantu menetralkan asam urat dalam tubuh dan bisa membantu menurunkan kadarnya.

5. Makan Makanan Seimbang

Pola makan seimbang yang mengandung berbagai makanan padat nutrisi dan sedikit proses dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mengurangi risiko seseorang terkena asam urat.

Pola makan nabati yang rendah lemak dan rendah karbohidrat dapat memberikan manfaat khusus bagi penderita asam urat. Banyak buah dan sayur yang kaya akan antioksidan juga dapat membantu mengurangi peradangan.

Sebagai referensi, kamu bisa cek inspirasi menu 1 minggu untuk penderita asam urat.

Selain itu, kamu bisa mencoba bekam untuk mengatasi asam urat (Baca: titik bekam asam urat di tangan atau kaki). Atau bisa mengonsumsi bahan-bahan herbal seperti daun salam yang punya manfaat tersendiri untuk asam urat.

Jika belum tahu cara mengonsumsinya bisa cek artikel cara merebus daun salam untuk asam urat dan kolesterol.

Atasi Asam Urat dengan Susu Kambing Etawaku

Saat masih muda, penting untuk menjaga kesehatan supaya terhindari dari masalah kesehatan seperti asam urat. Selain menjaga gaya hidup dan pola makan, tubuh juga membutuhkan asupan nutrisi lain seperti Etawaku Platinum.

Etawaku Platinum merupakan produk susu kambing perah. Jenis kambing yang digunakan yaitu kambing Etawa sehingga hasil susunya lebih berkualitas. Tak hanya itu, susu Etawaku Platinum juga memiliki komposisi berupa krimer nabati sehingga rasanya lebih nikmat.

Selain rasanya yang enak, Etawaku Platinum juga mengandung nutrisi 3x yang lebih baik dari susu sapi. Oleh karena itu, susu kambing Etawaku Platinum memiliki berbagai manfaat yang bagus untuk kesehatan seperti mencegah risiko asam urat. 

Itulah berbagai penyebab asam urat tinggi di usia muda, sekarang giliran kamu untuk menghindari penyebab yang ada! Demi terhindar dari risiko terkena asam urat di usia muda.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar