logo etawaku
Search
Close this search box.

11+ Buah yang Mengandung Probiotik, Asupan Terbaik untuk Pencernaan!

Dalam setiap tubuh manusia, terdapat mikroorganisme yang sangat banyak untuk mendukung fungsi dan kesehatan tubuh.

Misalnya probiotik, ini termasuk jenis mikroba yang aman dan bisa membantu mengontrol mikroba yang berbahaya bagi tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, bisa dengan mengonsumsi buah yang mengandung probiotik tinggi.

Dikutip dari E-journal UNSRAT, probiotik adalah mikroba hidup yang dapat memberi keuntungan untuk inang dengan cara mengatur keseimbangan mikroba di saluran pencernaan, meningkatkan efisiensi dan pemanfaatan pakan, dan meningkatkan respon imun.

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan jika pengertian probiotik adalah bakteri baik yang ada di dalam tubuh dan memberikan sejumlah manfaat seperti menjaga keseimbangan alami bakteri dalam usus.

Meskipun tubuh secara alami sudah bisa memproduksi probiotik dalam usus, namun kamu juga bisa mendapatkan kandungan probiotik dari sejumlah makanan, minuman dan suplemen.

Jenis-Jenis Probiotik

jenis jenis probiotik

Sebelum mengonsumsi sumber makanan probiotik, kamu mungkin harus memahami dulu jenis-jenis probiotik itu sendiri.

1. Bifidobacteria

Bifidobacteria merupakan probiotik yang terdiri dari 30 jenis bakteri berbeda dan lebih banyak ditemukan pada usus besar. Umumnya, bakteri ini sering ditambahkan pada minuman atau makanan probiotik.

Ada beberapa manfaat bakteri ini yaitu mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu memecah laktosa menjadi nutrisi yang bisa digunakan tubuh, dan mengurangi produksi bakteri berbahaya dalam usus.

2. Lactobacillus

Bakteri ini terdiri dari 30 jenis yang ada pada saluran pencernaan, vagina, dan saluran kemih manusia. Ada beberapa jenis probiotik ini seperti Lactobacillus Acidophilus, yang merupakan probiotik penghasil laktase dengan cara memecah laktosa serta menghasilkan asam laktat. 

Tubuh membutuhkan asam laktat yang digunakan untuk mengendalikan jumlah bakteri jahat serta meningkatkan proses mineral dalam tubuh dan berperan juga sebagai bahan bakar otot. 

3. Saccharomyces Boulardii

Probiotik ini memiliki manfaat yang sangat penting yaitu mencegah dan mengobati diare yang disebabkan karena penggunaan antibiotik atau pada saat berpergian.

Manfaat Probiotik

manfaat probiotik

Dari penjelasan diatas, kita tahu jika probiotik memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat probiotik yang harus kamu ketahui:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat probiotik yang paling umum yaitu menjaga kesehatan usus atau pencernaan. Probiotik dalam usus akan menjaga bakteri baik supaya bisa bekerja dengan optimal. Sering mengonsumsi probiotik akan meningkatkan mikrobioma dalam usus.

Dengan begitu, akan sangat membantu mengurangi gas dan kembung sehingga perut bisa lebih nyaman. 

Selain probiotik, disarankan juga kamu mengonsumsi cukup buah berserat tinggi yang baik untuk pencernaan.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Mengonsumsi probiotik juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Sebab, probiotik berperan dalam semua hal dalam tubuh mulai dari pencernaan, produksi, penyimpanan energi hingga mengatur nafsu makan.

3. Mencegah dan Mengatasi Diare Akibat Antibiotik

Obat dengan kandungan antibiotik berisiko mengakibatkan diare. Sebab, antibiotik membunuh bakteri baik dalam usus dan mengganggu keseimbangan bakteri.

Nah, probiotik dibutuhkan untuk mengatasi diare yang diakibatkan konsumsi antibiotik. Diare sendiri merupakan kondisi yang menyebabkan masalah seperti BAB mencret.

4. Menyehatkan Kulit

Meskipun banyak yang belum mengetahui, namun faktanya probiotik dapat menyehatkan kulit loh. Hal ini disebabkan karena probiotik dapat membantu mikrobioma yang ada di kulit. 

5. Mengurangi Gejala Sindrom Iritasi Usus

Probiotik juga mampu mengurangi gejala iritasi usus. Cara kerjanya yaitu dengan menambah jumlah bakteri baik dalam tubuh menja kembali seimbang.

6. Menjaga Kesehatan Vagina

Tak hanya menjaga usus saja, probiotik juga berperan dalam menjaga kesehatan vagina. Dalam vagina terdapat bakteri baik yang perlu dijaga keseimbangannya. Jenis probiotik strain lactobacillus akan mencegah mikroorganisme bahaya berkembang dalam vagina.

7. Menurunkan Kolesterol

Probiotik juga mampu membantu menurunkan kolesterol jahat dan membantu meningkatkan kolesterol baik pada tubuh. Adapun cara kerjanya yaitu dengan menguraikan empedu yang merupakan cairan dari hati. Cara tersebut mampu mencegah empedu agar tidak terserap usus dan berubah menjadi kolesterol.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Asupan probiotik sangat berpengaruh pada sistem imun. Sebab, probiotik dapat membantu sel-sel kekebalan tubuh untuk melawan bakteri penyebab penyakit dengan cepat.

Buah yang Mengandung Probiotik Tinggi

Supaya kesehatan usus dan pencernaan dapat terjaga, maka diperlukan asupan probiotik untuk sehari-hari. Ada beberapa buah yang mengandung probiotik seperti:

1. Pisang

Buah pisang terkenal sebagai buah yang bagus untuk pencernaan. Selain karena adanya kandungan serat, buah pisang juga mengandung probiotik. Kandungan probiotik pada pisang dapat menenangkan usus, menormalkan fungsi usus, menurunkan kadar kolesterol, dan mengurangi peradangan.

2. Srikaya

Srikaya sebagai sumber antioksidan yang baik. Srikaya juga termasuk buah yang mengandung probiotik. Buah ini dapat membantu mengurangi kolesterol, mendetoksifikasi tubuh, dan mencegah sembelit. Tak hanya itu saja, buah ini mengandung berbagai macam antioksidan seperti vitamin C, flavonoid, dan senyawa fenolik.

3. Semangka

Semangka salah satu buah yang terkenal memiliki kandungan air yang tinggi. Namun, buah ini juga mengandung probiotik tinggi alami. Kandungan probiotik pada buah semangka dapat mendukung kesehatan usus, pencernaan dan hidrasi.

4. Jeruk Bali

Jeruk bali merupakan sumber serat yang baik. Buah ini memiliki kandungan probiotik yang bagus untuk mencegah sembelit, meredakan tekanan darah tinggi, mendukung kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko peradangan.

5. Buah Persik

Buah persik merupakan buah yang mengandung probiotik, serat, vitamin C, dan antioksidan. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi peradangan, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan melancarkan pencernaan.

Baca Juga: Makanan Tinggi Serat untuk Sembelit (Bikin BAB Lancar).

6. Apel

Apel kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Buah apel dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, menjaga berat badan, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan lapisan usus, dan mengontrol nafsu makan.

7. Buah Tin

Buah tin diperkaya dengan potasium dan memiliki banyak manfaat seperti mencegah sembelit, membantu membuang kelebihan natrium dari tubuh, dan mencegah masalah pencernaan. 

8. Cranberry

Buah cranberry membantu mempertahankan populasi mikrobiota usus yang bermanfaat. Buah ini juga membantu memulihkan tingkat bakteri baik kembali ke sistem pencernaan dan membantu kerusakan gigi. 

9. Delima

Sebagai sumber nutrisi yang lezat, buah delima membantu mencegah sakit perut, kram, diare, muntah, dan mual. Delima merupakan buah dengan kandungan probiotik yang dapat mendukung kesehatan mikrobioma usus dan dapat mengurangi peradangan kronis pada saluran pencernaan.

Rekomendasi Artikel: Pengaruh Asam Lambung Terhadap BAB.

10. Anggur

Selain probiotik, anggur juga mengandung polifenol, serat makanan, dan senyawa bioaktif lainnya yang memberikan efek positif pada kesehatan usus. Buah anggur juga meningkatkan keragaman bakteri di usus sekaligus mengurangi asam empedu dan kadar kolesterol.

11. Nanas

Nanas adalah satu-satunya sumber bromelain makanan yang dapat digambarkan sebagai enzim pencernaan yang membantu pemecahan makanan berprotein. Tingginya kandungan air dan serat dapat membantu mencegah sembelit, kembung, dan dehidrasi.

Sebagai sumber magnesium yang kaya, nanas juga membantu mengatur fungsi saraf dan otot, tekanan darah, membantu tidur lebih nyenyak, dan mengangkut potasium dalam tubuh.

Selain probiotik, ada juga prebiotik yang baik untuk kesehatan anak. Untuk mencukupinya, Kamu bisa memberikan anak berbagai makanan yang mengandung prebiotik.

Susu Etawaku Baik untuk Pencernaan

Supaya saluran pencernaan lebih sehat, kamu juga bisa mengonsumsi susu kambing Etawaku Platinum. Kandungan susu Etawaku Platinum dapat mengatasi masalah pencernaan. Sebab, susu kambing lebih mudah dicerna daripada susu sapi. 

Etawaku terbuat dari 80% susu kambing etawa dan 20% krimer nabati dari minyak kelapa yang rendah gula, sehingga aman dikonsumsi untuk semua kalangan. 

Tak hanya itu, susu kambing Etawaku Platinum juga memiliki kandungan nutrisi yang baik seperti protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, selenium, sodium, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan B2 laktoferin. 

Selain memperbanyak konsumsi buah yang mengandung probiotik seperti di atas, Yuk jaga kesehatan saluran pencernaan dengan rutin minum susu etawaku platinum 2 kali sehari!

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar