logo etawaku
Search
Close this search box.

Susu untuk Penderita Anemia: Tips Memilih, Manfaat, dan Produknya

Susu menjadi salah satu makanan yang baik untuk membantu mengatasi anemia. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan zat besi di dalamnya. Penasaran dengan fakta tentang susu untuk penderita anemia, manfaat, serta rekomendasi produknya? Yuk baca sampai akhir!

Anemia merupakan salah satu gangguan yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah sehat, sehingga penderitanya tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Itulah yang menyebabkan penderita anemia terlihat pucat dan mudah lelah. 

Kondisi ini bisa terjadi dalam tingkat keparahan ringan hingga berat, dan secara garis besar, kondisi ini bisa disebabkan oleh ketiga hal berikut:

  1. Kurangnya produksi sel darah merah dalam tubuh
  2. Mengalami kehilangan darah dalam jumlah yang banyak
  3. Kelainan yang menyebabkan sel darah merah hancur dengan cepat

Selain lemas dan pucat, biasanya penderita anemia juga mengalami gejala lain, seperti:

  • Sakit kepala dan pusing
  • Cenderung lebih mudah mengantuk jika dibandingkan dengan orang normal
  • Detak jantung menjadi tidak teratur
  • Napas pendek yang disertai dengan dada yang terasa nyeri
  • Tangan dan kaki terasa dingin
beli susu untuk penderita anemia

Data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, ada sekitar 26,8% anak berusia 5-14 tahun yang mengidap anemia. Sementara di rentang usia 15-24 tahun, jumlah penderitanya mencapai 32%.

Artinya, ada 3 dari 10 orang remaja yang mengalami anemia. Jumlah ini tentunya cukup besar, apalagi jika dirunut dampaknya hingga beberapa tahun ke depan.

Manfaat Susu untuk Penderita Anemia

Selain membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah, ada berbagai manfaat minum Susu untuk Penderita Anemia, seperti:

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Susu memang dikenal sebagai salah satu sumber kalsium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.

Maka dari itu, minum susu untuk penderita anemia juga bisa meningkatkan kesehatan tulang, sehingga terhindar dari risiko osteoporosis.

2. Memenuhi Nutrisi

Selain tinggi akan kalsium dan zat besi, Etawaku Platinum juga memiliki berbagai nutrisi lain yang 3x lebih baik jika dibandingkan dengan susu sapi. 

Sebut saja kalium yang bisa membantu tekanan darah agar tetap stabil sehingga kesehatan jantung tetap terjaga, asam amino triptofan yang bermanfaat dalam memperbaiki kualitas tidur, dan asam lemak esensial sebagai sumber energi bagi tubuh.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Konsumsi susu secara rutin tentu bisa membantu memenuhi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan demikian, tubuh bisa menyerang berbagai mikroorganisme yang menyebabkan penyakit dengan lebih optimal.

Beli Susu untuk Penderita Anemia

infografis susu untuk penderita anemia

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih produk susu untuk penderita anemia, yaitu pastikan memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang tinggi.

Susu Etawaku Platinum merupakan produk yang bisa kamu pertimbangkan, produk susu kambing tinggi kalsium yang memiliki banyak manfaat, seperti untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang sendi, mengatasi masalah pernapasan, dan masih banyak lagi (di mana salah satunya bisa juga untuk penderita anemia atau darah rendah).

Produk susu yang terbuat dari susu kambing etawa asli dan krimer bubuk ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Tak hanya itu, susu Etawaku juga tinggi dengan zat besi.

Tentunya hal ini sangat baik untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah bagi penderita anemia. 

Konsumsi satu gelas susu Etawaku Platinum bisa membantu memenuhi ⅓ asupan kalsium harian tubuh. Sementara itu, kadar zat besi yang terdapat dalam produk ini juga bisa memenuhi sekitar 50% asupan harian kita.

Catatan: jika kamu memiliki kondisi anemia, hindari konsumsi susu sapi segar, ya! Hal itu disebabkan karena susu segar mengandung kalsium dalam kadar yang sangat tinggi namun rendah zat besi.

Selain Minum Susu, Berikut Tips Lain Mengatasi Anemia

Sebelum kondisi ini semakin parah, sebenarnya kamu masih bisa melakukan tindakan pencegahan loh! Nah, berikut ini beberapa langkah tepat untuk mencegah anemia:

  • Konsumsi makanan sumber zat besi, seperti aneka sayuran hijau, daging merah, hati, atau kacang-kacangan.
  • Penuhi asupan vitamin B12 sebagai nutrisi yang penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Beberapa sumber vitamin B12 yaitu susu, ikan, atau daging. 
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan sebagai sumber vitamin C, seperti jeruk, tomat, atau stroberi.
  • Perbanyak konsumsi makanan sumber asam folat seperti sayuran hijau, buah-buahan, serta biji-bijian untuk memperbaiki pertumbuhan sel serta DNA.

Baca Juga: Sayuran Penambah Darah yang Aman untuk Lambung.

Tentu berbagai komplikasi tersebut menjadi mimpi buruk, bukan? Maka dari itu, yuk mulai rutin konsumsi susu Etawaku Platinum, produk susu untuk penderita anemia dengan kualitas terbaik untuk menjaga kesehatan dan mencegah anemia! 

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar