logo etawaku
Search
Close this search box.

Punggung Terasa Berat dan Pegal

Punggung terasa berat dan pegal menjadi kondisi yang sangat membuat tidak nyaman, alasan utamanya karena dapat mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari. Kondisi itu biasanya terjadi pada punggung bawah maupun atas di mana timbul rasa nyeri bahkan terasa hingga kepala pusing.

Terutama bagi seseorang yang setiap harinya mungkin selalu naik motor, biasanya akan mengalami masalah punggung yang terasa berat dan pegal-pegal karena selama perjalanan, punggung terus menekuk (membungkuk) serta tegang.

Penyebab Kenapa Punggung Terasa Berat dan Pegal

Penyebab Punggung Terasa Berat dan Pegal

Untuk penyebab utama mengapa nyeri pada punggung yaitu karena tulang belakang tegang (atau terkilir), hal itu bisa terjadi karena beberapa hal, seperti:

  1. Olahraga berlebihan
  2. Akibat mengangkat benda berat
  3. Kebiasaan yang membuat punggung tegang, misalnya naik motor dalam waktu lama (Membungkuk)
  4. Posisi duduk yang tidak tepat
  5. Melakukan gerakan berulang

Punggung Terasa Berat dan Pegal Bisa Terjadi Pada Siapa?

Punggung Terasa Berat dan Pegal Bisa Terjadi Pada Siapa

Tidak hanya pada pria yang terkenal dengan aktivitasnya yang lebih keras, punggung yang berat juga bisa terjadi pada wanita, ada beberapa faktor risiko siapa saja yang berpotensi lebih untuk mengalami masalah kondisi seperti itu, diantaranya:

  • Sudah berusia tua (30 tahun ke atas)
  • Seseorang dengan berat badan yang berlebih
  • Wanita yang sedang hamil
  • Seseorang yang jarang berolahraga
  • Seseorang yang sering duduk dalam waktu lama, misalnya pekerja kantoran
  • Kebiasaan merokok dan kondisi tertentu (Diabetes, asam urat, dan konsumsi obat-obatan).

Obat Tradisional Punggung Terasa Berat dan Pegal

Obat Tradisional Punggung Terasa Berat dan Pegal

Selain mengonsumsi obat pereda nyeri, untuk mengatasi punggung terasa berat dan pegal, kamu bisa mencoba berbagai obat tradisional sakit punggung, berikut ini beberapa bahan alami yang ampuh untuk itu:

1. Jahe

Untuk membantu meredakan sakit punggung, kamu bisa membuat minuman Jahe. Jahe memiliki sifat anti inflamasi berkat kandungan zingeron yang ada, kandungan tersebut dapat mengurangi sakit serta pembengkakan dan sudah terbukti efektif untuk mengatasi nyeri oto maupun pegal linu.

2. Kunyit

Selain Jahe, Kunyit juga efektif untuk mengobati punggung berat karena mengandung antioksidan, anti rematik, serta anti inflamasi.

3. Susu

Untukmu yang tidak mau repot mengolah bahan alami sendiri, bisa konsumsi saja Susu Etawaku Platinum, Susu yang memiliki banyak manfaat untuk Menjaga Kepadatan dan Kekuatan Tulang, mengobati masalah nyeri pada tulang maupun sendi, pegal, linu, dan lain sebagainya.

Dengan rutin minum Etawaku Platinum, kamu bukan hanya bisa mengatasi masalah tulang punggung yang pegal, tapi juga mencegahnya agar tidak terjadi lagi.

  • Berapa Lama Nyeri Punggung Akan Sembuh?

    Mengenai waktu penyembuhan, mungkin bisa berbeda pada setiap orang, namun biasanya rasa sakit seperti pegal pada punggung akan sembuh dalam 1 sampai 8 minggu.

  • Bagaimana Cara Tidur Saat Punggung Sakit?

    Saat mengalami sakit pada punggung, sebagian orang mungkin akan mengalami juga susah tidur karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan, nah untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba beberapa posisi tidur yang baik saat nyeri punggung, seperti tidur menyamping, telentang, dan pastikan tidak tengkurap.

  • Olahraga Apa yang Bisa Menghilangkan Sakit Punggung?

    Selain mengonsumsi obat atau minuman tertentu, pastikan kamu juga rutin berolahraga ya, ada beberapa olahraga yang bisa membantu untuk menghilangnkan punggung berat dan pegal seperti Yoga, Bersepeda, Berenang, hingga Pilates.

Punggung Terasa Berat Menurut Islam

Meskipun sangat jelas bahwa punggung terasa berat itu memiliki penjelasan secara medis, namun sebagian orang percaya bahwa hal itu ada juga hubungannya dengan faktor lain, seperti spiritual.

Lalu bagaimana Menurut Agama Islam, mengenai kondisi punggung yang berat? Dikutip dari berbagai sumber, jika mengalami punggung berat bisa juga disebabkan karena ketempelan jin, dan untuk mengatasinya maka kamu harus terus beribadah KepadaNya.

Namun kembali lagi, sebaiknya fokus pada penjelasan secara medisnya saja ya, jika perlu, kamu bisa berkonsultasi dengan Dokter apabila memang kondisi punggungnya terus pegal atau semakin parah.

Itulah penjelasan mengenai Punggung Terasa Berat dan Pegal, mulai dari penyebab, faktor risiko, hingga cara mengatasinya dengan obat tradisional. Setelah mengetahuinya, semoga masalah punggung yang kamu alami bisa segera teratasi ya!

Baca Juga Artikel Lainnya: Sakit Pinggang Sebelah Kanan Sampai ke Perut

Photo of author

EtawakuBrand

Tinggalkan komentar