logo etawaku
Search
Close this search box.

Keputihan Cair Seperti Susu: Penyebab dan Tanda Apa Itu?

Keputihan sebenarnya merupakan kondisi yang normal terjadi, namun bagaimana jika keputihan cair seperti susu? Apakah normal juga?

Biasanya banyak orang mengalami kondisi di mana keluar keputihan yang cair atau encer seperti susu, ada yang berbau amis, dan ada juga yang tidak berbau.

Banyak anggapan mengenai hal itu, mulai dari keputihan seperti susu putih, bubur, dan berbagai anggapan lainnya.

Pertanyaannya, apakah keputihan yang cair seperti susu ini normal? yuk kita simak pembahasannya.

Keputihan merupakan salah satu cara tubuh dalam membersihkan organ reproduksi, menjaganya agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Maka dari itu, sebenarnya keputihan bisa menjadi salah satu tanda vagina yang sehat.

Dikutip dari The American College of Obstetricians and Gynecologist, cairan keputihan mulai diproduksi ketika memasuki masa pubertas.

Cairan keputihan ini terdiri dari sebagian besar air dan mikroorganisme. Jumlah serta karakteristik cairan bisa saja berubah-ubah sesuai dengan siklus menstruasi.

Selain berfungsi dalam menjaga kebersihan organ reproduksi, ternyata keputihan juga bisa menjadi indikasi dari beberapa penyakit, loh!

Penyebab Keluar Keputihan Cair Seperti Susu

Keputihan cair seperti susu tanda apa dan apakah berbahaya

Pada dasarnya, keluarnya keputihan yang encer seperti susu merupakan bagian dari siklus menstruasi, biasanya kondisi keputihan seperti itu kerap muncul pada beberapa hari pertama siklus menstruasi.

Namun, keputihan seperti itu ternyata bisa juga menjadi salah satu tanda adanya infeksi vagina atau kehamilan.

Cairan keputihan yang normal bisa ditandai dari warnanya yang bening hingga putih seperti susu. Selain itu, cairan ini juga tidak berbau dan bisa memiliki tekstur yang encer atau lengket.

Jika Bunda mulai menandai adanya perubahan warna, jumlah, bau, maupun konsistensi, segera periksa ke dokter ya!

Hal itu bisa menjadi tanda dari infeksi maupun permasalahan lainnya. Hindari penggunaan semprotan, deodoran, maupun douche untuk mengatasi kondisi seperti itu ya!

Keputihan Cair Seperti Susu Saat Hamil

Keputihan Cair Seperti Susu Apakah Tanda Hamil

Perubahan hormon yang terjadi pada wanita selama masa kehamilan bisa meningkatkan jumlah keputihan.

Karena itulah biasanya ibu hamil akan mengalami kondisi keputihan cair seperti susu. Dalam istilah medis, itu disebut dengan leukorrhea.

Di masa kehamilan, peningkatan jumlah keputihan ini juga berfungsi untuk melindungi janin dari berbagai infeksi eksternal dari vagina hingga uterus dan keputihan seperti itu bisa terus berlanjut dari masa kehamilan hingga melahirkan.

Jadi, bisa dibilang salah satu tanda bunda sedang hamil yaitu keluarnya keputihan cair seperti susu.

manfaat susu kambing untuk ibu hamil

Tips: Bagi bumil khususnya busui yang ingin mengonsumsi susu dengan manfaat yang luar biasa, bisa pilih Susu Etawaku yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

Atau mau baca lebih lanjut terlebih dahulu mengenai apa saja Manfaat Susu Kambing untuk Ibu Hamil.

Contoh Keputihan Tanda Hamil

Contoh Keputihan Tanda Hamil

Bunda bisa mengenali berbagai ciri keputihan tanda hamil seperti berikut:

1. Tekstur

Ciri-ciri keputihan yang dialami oleh setiap wanita bisa saja berbeda. Namun, umumnya keputihan tanda hamil tidak berbau atau memiliki bau yang ringan dan lebih tipis

Ciri ini berbeda dengan keputihan saat menstruasi yang memiliki tekstur kental dan berwarna keruh.

2. Jumlah 

Biasanya, keputihan tanda hamil lebih banyak jika dibandingkan dengan keputihan saat menstruasi.

Seperti yang telah disebutkan di atas, hal itu berguna untuk mencegah infeksi bakteri dari rahim dan vagina, sehingga janin tetap aman.

Seiring dengan pertumbuhan janin dalam kandungan, jumlah keputihan juga akan semakin meningkat. 

3. Warna 

Keputihan tanda hamil memiliki warna putih seperti susu atau tidak berwarna.

Pada beberapa kasus, keputihan saat hamil bisa juga berwarna cokelat atau merah muda yang berasal dari sisa sel telur yang tidak dibuahi.

4. Waktu 

Umumnya, keputihan tanda hamil muncul dalam waktu 1-2 minggu setelah pembuahan.

Bunda perlu waspada jika keputihan berbau busuk, keluar dalam jumlah yang berlebihan, ada perubahan warna menjadi kuning atau kehijauan, menyebabkan rasa nyeri saat buang air kecil, atau muncul sensasi terbakar dan gatal.

Hal itu bisa menjadi salah satu gejala infeksi loh! Maka dari itu, sebaiknya Bunda segera periksa ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat ya!

Itu dia informasi mengenai keputihan cair seperti susu yang menjadi salah satu ciri normal selama masa kehamilan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Jangan lupa sebarkan informasi ini ke semua sosial media Bunda agar manfaatnya bisa dirasakan lebih luas ya! 

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar