logo etawaku
Search
Close this search box.

Manfaat Susu Kambing untuk Kulit Wajah dan Tubuh

Dikenal dengan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, tahukah kamu kalau Susu Kambing juga bagus untuk perawatan? Ada banyak manfaat susu kambing untuk kulit, baik itu kulit badan maupun wajah.

Khususnya untuk kamu para Wanita yang suka perawatan, informasi mengenai khasiat yang ada pada susu kambing pada kulit ini bisa menjadi insight baru untuk kebutuhan kamu dalam merawat kulit.

Penggunaan susu sebagai bahan untuk perawatan sebenarnya bukan hal asing. Misalnya di klinik kecantikan, terkadang ada klinik yang menyediakan pilihan perawatan muka dengan memanfaatkan susu seperti susu kambing.

Kamu juga mungkin sudah sering menemui berbagai produk kecantikan berbahan susu kambing, bukan?

manfaat minum susu kambing untuk kecantikan wajah

Biasanya, produk dengan bahan dasar susu kambing ini memiliki tekstur yang lebih creamy karena kandungan lemaknya yang tinggi.

Produk Susu Kambing biasanya dimanfaatkan untuk diminum demi kesehatan tubuh, lalu bagaimana jika digunakan untuk perawatan kulit? Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Memperbaiki Kulit Kering dan Bersisik

manfaat susu kambing untuk mengatasi kulit kering

Kulit bisa menjadi kering karena kadar air yang terlalu rendah. Kulit yang kering bisa menyebabkan mudah iritasi dan terasa kencang.

Susu kambing ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi permasalahan kulit seperti itu dikarenakan memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga sangat baik untuk memperbaiki kelembapan kulit.

Selain itu, susu kambing ini juga memberikan efek yang lembut sehingga baik untuk mengatasi masalah kulit kering.

Susu kambing juga tinggi akan selenium, mineral yang bisa membantu kita untuk mendapatkan selaput kulit yang sehat, serta memperbaiki masalah psoriasis yang ditandai dengan kulit kering, bersisik, dan kadang terasa gatal.

2. Mencerahkan dan Memutihkan Kulit

Susu kambing bisa membantu mencerahkan warna kulit. Hal itu dikarenakan adanya lactic acid, yang berperan dalam menghambat enzim tirosinase, yaitu enzim yang memicu produksi melanin atau pigmen kulit. 

Semakin tinggi kadar melanin, maka warna kulit kita akan semakin gelap. Dengan menggunakan susu kambing, produksi melanin bisa berkurang dan warna kulit akan semakin cerah.

3. Mencegah Wajah Berjerawat

manfaat susu kambing untuk menghilangkan jerawat wajah

Susu kambing mengandung komponen asam laktat yang bisa mengeksfoliasi kulit. Tentunya, hal ini sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih penyebab jerawat. 

Susu kambing juga bisa menjaga kekuatan skin barrier dalam mencegah infeksi bakteri yang menyebabkan jerawat.

Kandungan alpha-hydroxyl acid (AHA) berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati dan menghilangkan jerawat serta noda.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Lactic acid yang terkandung dalam susu kambing telah terbukti bisa membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga bisa membuat kulit kita semakin bersih dan cerah. 

Perlu diperhatikan, agar hasilnya optimal, kamu bisa menggunakan produk susu kambing dengan kadar lactic acid sekitar 5-20 persen. 

5. Membuat Kulit Kenyal

Kekenyalan kulit dipengaruhi oleh kadar kolagen dalam tubuh.

Semakin tua, produksi kolagen akan semakin menurun, sehingga kulit kita lebih mudah kendur dan keriput yang menyebabkan penuaan dini. Pasti kamu gak mau kan?

Dengan minum susu kambing, kamu bisa mendapatkan manfaat yang sangat baik untuk kecantikan loh!

Susu kambing memiliki kandungan vitamin C yang membantu merangsang produksi kolagen sehingga kulit menjadi kenyal, selain itu juga merupakan salah satu sumber vitamin A yang juga berfungsi sebagai bahan anti penuaan.

Selain mengonsumsinya, kamu juga bisa menggunakan masker wajah yang memiliki bahan dasar susu kambing untuk memberikan manfaat yang sama. 

Itu dia berbagai kegunaan dan manfaat susu kambing untuk kulit yang bisa kamu dapatkan. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Sebagai informasi tambahan, untukmu yang juga ingin memanfaatkan susu kambing untuk dikonsumsi, bisa pilih Susu Kambing Etawa Platinum yang kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Tips Memilih Susu Kambing untuk Kulit

Nah, ada beberapa tips yang perlu kamu tahu sebelum memilih produk susu kambing untuk perawatan kulit agar hasilnya berkualitas:

  • Pastikan produk yang kamu pilih telah terdaftar dalam BPOM.
  • Buat kamu yang memiliki masalah kulit sensitif, sebisa mungkin hindari produk yang memiliki kandungan parfum.
  • Untuk mencegah iritasi kulit, kamu disarankan untuk memilih produk tanpa tambahan deterjen sintetis seperti sodium lauryl sulfate (SLS).

Semoga informasi mengenai manfaat susu kambing untuk kulit ini bermanfaat ya! Jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media kamu agar dampaknya bisa tersebar lebih luas!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar