logo etawaku
Search
Close this search box.

Susu Anak 3 Tahun untuk Kecerdasan Otak, Pastikan Nutrisi Terpenuhi!

Bunda, memperhatikan kebutuhan asupan nutrisi anak merupakan tugas orang tua. Selain dari makanan, susu juga berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak. Misalnya untuk anak yang berusia 3 tahun, Bunda bisa berikan ia susu anak 3 tahun untuk kecerdasan otak. Upaya ini cukup penting untuk mendukung anak berprestasi sejak dini.

Tahukah bunda? Usia dini adalah masa yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, hal itu biasa disebut sebagai periode emas atau golden age. Pada masa ini penting bagi orang tua untuk memperhatikan anak supaya pertumbuhan fisik dan otak berkembang dengan maksimal. 

Peran orang tua menentukan masa golden age pada anak. Sebagai orang tua harus bersikap penuh kasih sayang, responsif, memahami anak, memenuhi kebutuhan anak dan, memberikan stimulasi pada anak dengan mengajak anak bicara, membaca, bermain, menyanyi dan lain-lain.

Pentingnya Susu untuk Anak 3 Tahun

pentingnya susu anak 3 tahun untuk otak

Selain kehadiran orang tua, masa golden age juga dapat dipengaruhi oleh asupan makanan dan minuman. Oleh karena itu, orang tua juga harus memperhatikan asupan gizi anak.

Tidak hanya dari makanan saja, kebutuhan gizi anak juga bisa didapat dari susu. Lalu, apa saja manfaat minum susu untuk anak usia tiga tahun?

1. Mengoptimalkan Daya Pikir

Susu mengandung vitamin B, protein, AA, DHA, kolin, omega 3, omega 6 dan omega 9. Kandungan tersebut memiliki peran penting untuk meningkatkan perkembangan kognitif dan mengoptimalkan perkembangan otak. 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tahukah bunda, mengonsumsi susu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada anak loh. Apabila daya tahan tubuh anak meningkat, maka tubuh akan memiliki kemampuan untuk melindungi diri dari bakteri, virus, dan jamur yang biasanya masuk ke dalam tubuh.

3. Menjadi Sumber Energi 

Susu mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang merupakan sumber kalori. Saat anak berusia tiga tahun, mereka sedang sangat aktif bergerak dan bermain, sehingga membutuhkan karbohidrat yang cukup dalam tubuhnya.

4. Meningkatkan Keterampilan Sosial Emosional

Kekurangan gizi dapat mempengaruhi proses perilaku, produktivitas, dan pola kemampuan berpikir saat memasuki usia sekolah. Tak hanya itu, anak yang gizinya tidak tercukupi juga berisiko mengalami penurunan produksi sel otak, keterlambatan perkembangan kognitif, keterbatasan fungsi otak, dan lain-lain.

Nah, susu mengandung DHA yang dapat menjaga perilaku baik pada anak di usia sekolah. Kandungan Omega 3 juga dapat mengurangi resiko terjadinya perilaku hiperaktif. 

5. Menjaga Berat Badan

Kandungan berbagai macam nutrisi dalam susu dapat menjaga berat badan anak supaya tetap stabil. Kandungan protein dalam susu akan membantu anak merasa kenyang lebih lama dan mengurangi makan secara berlebihan yang dapat menyebabkan diabetes. 

6. Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi 

Sudah bukan rahasia lagi kalau manfaat susu dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak. Dalam susu terdapat kandungan nutrisi seperti kalium, vitamin D, protein, vitamin C, vitamin K2, vitamin B12, dan magnesium yang dapat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi.

7. Menjaga Kesehatan Jantung 

Banyak yang belum tahu jika rutin konsumsi susu dapat menjaga kesehatan jantung. Susu yang mengandung DHA dan asam lemak lainnya akan memberikan manfaat bagi perkembangan jantung.

8. Mengurangi Risiko ADHD

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah gangguan mental yang sering terjadi pada anak usia 1-3 tahun yang menyebabkan anak menjadi susah fokus, membaca, konsentrasi, bahkan membuat perilaku anak sulit dikontrol. Asam lemak dalam susu seperti omega 3 dan omega 6 dapat meminimalisir anak terkena ADHD.

9. Bantu Lengkapi Gizi Anak

Selain dari makanan, nutrisi yang dibutuhkan anak juga berasal dari susu. Susu mengandung vitamin serta mineral yang dapat membantu melengkapi kebutuhan gizi anak setiap hari. 

10. Membantu Tidur Nyenyak

Kandungan nutrisi lengkap dalam susu tidak hanya bagus untuk menjaga kesehatan tubuh si kecil, namun juga mampu membantu anak tidur lebih nyenyak. Kandungan senyawa kimia yang disebut triptofan dapat merangsang hormon melatonin untuk memicu rasa ngantuk pada anak.

Kandungan Nutrisi Susu Anak 3 Tahun untuk Kecerdasan Otak

Kandungan Nutrisi Susu Anak 3 Tahun untuk Kecerdasan Otak

Selain untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi, dalam susu terdapat kandungan yang mendukung kecerdasan otak anak. Apa saja kandungan tersebut?

1. Omega 3

Hampir semua susu mengandung omega 3. Asam lemak omega 3 termasuk lemak tak jenuh yang berfungsi untuk perkembangan otak dan kesehatan mental. Sebenarnya tidak hanya untuk anak, namun omega 3 juga bagus untuk menjaga membran sel otak.

2. Omega 6

Omega 6 juga termasuk asam lemak esensial yang dibutuhkan manusia. Tidak jauh berbeda dengan omega 3, omega 6 juga memiliki peran penting untuk kecerdasan otak. Tak hanya itu, omega 6 juga merangsang pertumbuhan kulit dan rambut.

3. Kolin

Kolin menghasilkan asetilkolin dan neurotransmitter yang berfungsi untuk mengatur suasana hati, memori, dan kecerdasan otak. Kolin juga dapat meningkatkan fungsi otak pada anak. 

4. DHA dan AA 

Susu anak 3 tahun untuk kecerdasan otak biasanya mengandung DHA dan AA. DHA dan AA berperan penting dalam perkembangan otak manusia terutama anak kecil. Kandungan DHA berperan dalam menjaga kesehatan otak, sedangkan kandungan AA berperan penting untuk pertumbuhan otak. 

5. Alfa Laktalbumin

Alfa laktalbumin memiliki peran penting bagi anak yaitu membantu perkembangan kecerdasan otak anak. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari alfa laktalbumin yaitu meningkatkan memori visual, meningkatkan konsentrasi, dan mempercepat proses pemahaman anak terhadap sesuatu.

Susu Etawaku Junior untuk Kecerdasan Otak Anak

Etawaku Junior adalah produk susu kambing yang dikhususkan untuk anak-anak, mulai dari usia 1 tahun hingga 12 tahun. Tentunya, Etawaku bisa menjadi pilihan terbaik untuk anak berusia 3 tahun.

Hal itu karena Etawaku Junior diperkaya dengan kandungan Omega 3 dan DHA, asupan yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan menjaga daya tahan tubuh agar lebih optimal. 

Tak hanya itu, Etawaku Junior mengandung Prebiotik (Inulin & FOS) untuk menjaga kesehatan dan melancarkan pencernaan anak. Terdapat 10 vitamin dan 7 mineral untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan anak secara menyeluruh. Serta kandungan nutrisi baik lainnya seperti protein dan kalsium.

Susu Etawaku Junior juga rendah kasein dan laktosa jika dibandingkan dengan susu sapi, sehingga tidak menyebabkan reaksi alergi susu maupun intoleransi laktosa.

Bunda, rutin konsumsi susu Etawaku Junior akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak anak sehingga siap menggapai masa depan yang cemerlang!

Baca Juga Artikel Lainnya: Susu Penambah Berat Badan Anak 2 Tahun.

Itulah kandungan susu anak 3 tahun untuk kecerdasan otak. Pastikan juga bunda untuk memperhatikan makanan serta waktu istirahat anak supaya pertumbuhan dan perkembangan lebih optimal.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar