logo etawaku
Search
Close this search box.

Pembelajaran Steam: Pengertian, 10+ Manfaat, dan Penerapannya

Pendidikan merupakan kebutuhan yang harus orang tua berikan pada anak. Selain melalui pendidikan formal, bunda dan ayah juga bisa memberikan pendidikan awal di rumah salah satunya dengan menerapkan pembelajaran steam.

Lalu apa itu pembelajaran metode steam? Apa saja manfaatnya bagi anak? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak artikel ini hingga selesai, ya!

Pengertian Pembelajaran STEAM

STEAM merupakan singkatan dari Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics.

Pengertian pembelajaran STEAM yaitu pendekatan pembelajaran sains, teknik, seni dan matematika sebagai wadah untuk mengembangkan aktivitas kemampuan komunikasi, aktivitas penyelidikan, dan pemikiran kritis (metode pendidikan dengan pendekatan kolaborasi).

Metode pembelajaran ini dianggap dapat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan serta keterampilan yang dibutuhkan di masa depan.

Manfaat Pembelajaran STEAM

Manfaat Pembelajaran STEAM

Bunda dan ayah bisa mulai memberikan pendidikan non formal dengan menggunakan metode STEAM. Ada beberapa manfaat metode pembelajaran ini untuk anak, yaitu:

1. Mendorong Anak Berpikir Kritis

Dengan menerapkan metode pembelajaran STEAM, maka anak tidak hanya akan diminta untuk menghafal saja. Tujuan utama dari metode ini yaitu agar anak mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Dengan begitu, anak akan belajar memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

2. Mengasah Keterampilan Problem Solving

Penerapan pembelajaran dengan metode STEAM juga mampu meningkatkan kreativitas pada anak. Sebab dalam penerapannya, anak akan didorong menggunakan akalnya untuk memecahkan masalah. Hal inilah yang membuat si kecil menggunakan imajinasinya untuk menyelesaikan masalah.

3. Memahami Teknologi

Metode STEAM tidak hanya memahami dari sudut pandang sains namun juga teknologi. Memperkenalkan anak dengan teknologi nantinya anak akan mampu mempelajari software atau kebutuhan teknologi lainnya. 

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Metode pembelajaran ini dapat meningkatkan rasa percaya diri anak dengan sendirinya. Anak akan lebih merasa percaya diri untuk memimpin dan menyampaikan pendapat, juga memiliki keinginan untuk berkontribusi yang lebih saat melakukan aktivitas. 

5. Mendorong Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik tidak dimiliki oleh semua orang. Namun dengan metode belajar STEAM, akan mendorong kemampuan komunikasi di depan umum. Tak hanya itu, si kecil pun nantinya akan menjadi pendengar yang baik dan menerima ide orang lain. 

6. Meningkatkan Rasa Ingin Tahu

Dengan metode pembelajaran ini, anak menjadi memiliki rasa ingin tahu terhadap sesuatu. Metode belajar STEAM diasah untuk meningkatkan rasa penasaran anak sehingga membuat si kecil ingin bertanya banyak.

Artikel Lainna: Pretend Play Adalah? Dan Manfaatnya untuk Anak.

7. Melatih Kerjasama

Dibandingkan bersaing, metode ini justru akan melatih anak bekerja sama dengan teman-teman yang lain. Dengan begitu, si kecil dapat berdiskusi banyak hal seperti bakat, pengetahuan, dan keterampilan supaya bisa mencapai tujuan bersama.

8. Mendorong Kemampuan Anak Bersosialisasi

Metode belajar STEAM juga menerapkan pendekatan kolaboratif. Hal ini tentunya mampu membantu si kecil meningkatkan kemampuannya dalam bersosialisasi. Pendekatan kolaboratif ini juga dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak. 

9. Meningkatkan Kreativitas

Metode STEAM terdapat metode ART atau seni. Oleh karena itu, salah satu manfaat dari belajar metode STEAM yaitu mendorong kreativitas dan imajinatif. Komponen seni memberikan ruang anak untuk mengekspresikan idenya melalui musik, tarian, video, dan drama.

10. Memperluas Sudut Pandang

Pembelajaran ini menggunakan pendekatan interdisipliner, yang artinya anak akan memecahkan masalah dengan berbagai sudut pandang ilmu. Sebab, pembelajaran ini berpedoman jika pemecahan masalah tidak hanya melibatkan satu ilmu saja. 

Contoh Penerapan Pembelajaran STEAM

Contoh Penerapan Pembelajaran STEAM

1. Pembelajaran Proyek Rekayasa

Karena metode STEAM menggunakan ilmu pengetahuan teknologi dan sains, maka penerapan pembelajaran metode ini yaitu proyek rekayasa. Seperti membuat robot sederhana dengan bahan-bahan yang mendukung untuk membuat robot.

2. Pembelajaran Berbasis Masalah

Anak bisa menerapkan hasil belajar metode STEAM dengan menemukan solusi dari masalah yang sedang dihadapi baik masalah internal maupun eksternal.

3. Kegiatan Eksperimen

Karena mempelajari tentang sains, anak bisa menerapkan ilmu yang mereka miliki pada kegiatan eksperimen. Seperti contohnya anak menggambarkan proses terjadinya gunung meletus melalui video.

4. Kegiatan Seni

Anak bisa mengimplementasikan ilmu yang mereka miliki dengan membuat film pendek atau video keseharian mereka. Hal ini juga dapat melatih si kecil percaya diri berada di depan kamera.

Penerapan Metode STEAM di Rumah

Mungkin masih banyak orang tua yang belum paham bagaimana cara penerapan metode STEAM. Untuk itu, pahami penerapan metode pembelajaran STEAM berikut ini:

1. Sering Memberikan Anak Pertanyaan

Langkah awal menerapkan metode pembelajaran STEAM yaitu dengan sering memberikan pertanyaan pada anak. Bunda dan ayah bisa mengajukan pertanyaan setiap melakukan percakapan atau kegiatan.

2. Melibatkan Anak dalam Kegiatan sehari-Hari

Bunda dan ayah bisa mengajak anak dalam kegiatan sehari-hari seperti mengajak anak untuk ikut menyapu rumah, mengajak anak dalam menakar bahan-bahan yang digunakan untuk memasak, dan lain sebagainya.

3. Jelajah Alam

Supaya anak bisa lebih mengeksplorasi hal baru, ajaklah si kecil menjelajah alam. Saat sedang jelajah alam, bunda dan ayah bisa tanya apapun ke anak.

Seperti apa warna bunga itu dan lain-lain. Jika anak bertanya kepada ayah dan bunda, maka bisa jawab dengan bahasa yang dimengerti si kecil. 

Bicara soal pendidikan di rumah, Bunda dan Ayah juga bisa menerapkan soal jadwal belajar efektif di rumah untuk anak.

Dukung Masa Pembelajaran Anak dengan Etawaku Junior

Saat proses belajar, sudah seharusnya orang tua mendampingi anak. Orang tua memberikan fasilitas dan waktu untuk anak mengeksplor sesuatu untuk meningkatkan kecerdasan otak. Tak hanya itu, orang tua juga harus mendukung asupan nutrisinya.

Salah satu minuman dengan asupan gizi yang lengkap adalah Etawaku Junior, produk susu kambing yang dikhususkan untuk anak-anak.

Susu Etawaku Junior diperkaya dengan kandungan Omega 3 dan DHA, Prebiotik (Inulin & FOS), 10 Vitamin, 7 Mineral, Kalsium, dan Zinc. Kandungan tersebut sangat penting untuk mendukung kecerdasan otak anak!

Baca Juga Artikel Lainnya: Preschool Adalah?

Itulah pengertian dari pembelajaran STEAM dan manfaatnya untuk anak. Bunda dan ayah juga bisa menerapkan metode belajar ini di rumah.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar