logo etawaku
Search
Close this search box.

20 Makanan yang Tidak Mengandung Karbohidrat: Tetap Sehat dan Bernutrisi!

Makanan yang tidak mengandung karbohidrat sering kali digunakan orang-orang untuk menerapkan program diet supaya mendapat hasil yang maksimal. Selain itu, tidak sedikit juga masyarakat yang mengonsumsi makanan tanpa kandungan karbohidrat untuk  menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah tinggi.

Namun sebelum itu, bolehkan kita mengurangi konsumsi karbohidrat untuk jangka panjang? Untuk menjawabnya, kamu bisa pahami dulu tentang manfaat dari karbohidrat itu sendiri.

Manfaat Karbohidrat

Karbohidrat merupakan nutrisi yang berperan sebagai sumber energi karena mengandung kalori. Karbohidrat dibutuhkan tubuh karena baik untuk menggerakan tubuh saat melakukan aktivitas maupun untuk kerja organ dalam tubuh. 

Kebutuhan karbohidrat setiap orang berbeda-beda berdasarkan jenis kelamin, usia, aktivitas fisik serta kondisi medis tertentu.

Bagi orang dewasa, umumnya membutuhkan asupan karbohidrat sekitar 220-300 gram per hari. Namun bagi orang-orang yang sedang dalam program diet dan ingin menurunkan berat badan, membutuhkan asupan karbohidrat hanya sekitar 50-150 gram per harinya.

Karbohidrat sangat diperlukan oleh tubuh karena memiliki manfaat penting seperti:

1. Mengendalikan Berat Badan

Tidak sedikit masyarakat yang percaya jika karbohidrat dapat menaikkan berat badan. Namun pada faktanya, fungsi karbohidrat sesungguhnya dapat berfungsi dalam mengendalikan berat badan. Dengan catatan, hal tersebut harus diimbangi dengan makanan yang tinggi serat juga.

2. Menjaga Saluran Pencernaan

Selain nasi, karbohidrat juga bisa kamu temukan dari buah-buahan, sayuran-sayuran, dan kacangan- kacangan. Konsumsi jenis makanan tersebut dapat mencegah masalah pada saluran pencernaan dan menjaganya supaya tetap sehat.

3. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Manfaat karbohidrat yang bagus untuk tubuh yaitu dapat mengoptimalkan kinerja dan fungsi otak. Sebab, otak manusia membutuhkan glukosa yang digunakan sebagai bahan bakar utama supaya dapat berfungsi secara optimal.

4. Mengatur Keseimbangan Protein

Karbohidrat yang masuk dalam tubuh akan digunakan sebagai energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari, sehingga tidak perlu menggunakan protein untuk menggantikan protein. Dengan begitu, protein dalam tubuh dapat membangun dan memelihara jaringan tubuh yang rusak.

Meskipun karbohidrat memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh, namun perlu diketahui jika gula dari karbohidrat nantinya akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak (apabila tidak segera digunakan).

Maka dari itu, mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak akan membuat lemak dalam tubuh bertambah dan meningkatkan risiko berbagai macam penyakit seperti obesitas, diabetes, dan jantung.

Tentu saja, kekurangan kandungan karbohidrat juga tidak baik. Sebab, tubuh yang kekurangan karbohidrat akan menjadi lemas dan memecah protein serta lemak sebagai energi. Proses pemecahan lemak akan menyebabkan penumpukan keton dalam darah. 

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang tidak mengandung karbohidrat atau yang rendah karbohidrat sebagai pengganti nasi. Untuk apa saja makanannya, bisa simak ulasan di bawah.

Makanan yang Tidak Mengandung Karbohidrat

contoh makanan yang tidak mengandung karbohidrat adalah

Apabila kamu memiliki masalah kesehatan seperti obesitas, gula darah, kolesterol, dan tekanan darah tinggi, maka perlu mengurangi konsumsi karbohidrat karena dapat efektif dalam menurunkan risiko penyakit tersebut. 

Nasi memiliki kandungan karbohidrat terbanyak. Oleh karena itu, jika memiliki berbagai masalah kesehatan seperti di atas, bisa mengurangi konsumsi nasi sebagai asupan karbohidrat.

Catatan: Makanan yang tidak mengandung karbohidrat di bawah ini ada yang sama sekali tidak mengandung karbohidrat, ada juga yang rendah (tidak semuanya daftar makanan tanpa karbohidrat sama sekali).

1. Telur

Telur adalah salah satu makanan yang rendah kalori. Dua butir telur hanya mengandung 0,7 gram karbohidrat. Namun, telur memiliki nutrisi lainnya seperti protein, vitamin A, vitamin B, vitamin D, dan mineral. Kandungan tersebut dapat membentuk massa otot dan menjaga kesehatan mata.

2. Ikan Sarden

Ikan sarden memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Dalam 100 gram ikan sarden, hanya terdapat 3,4 gram karbohidrat saja. Namun, ikan sarden memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti asam lemak omega 3, kalsium, mineral, vitamin B12, dan vitamin D.

3. Daging Ayam

Tahukah kamu? Ternyata daging ayam salah satu makanan yang tidak mengandung karbohidrat loh. Bagian dada ayam tanpa kulit lebih sehat dan bergizi karena kaya akan protein. Daging dada ayam bahkan makanan yang mengandung 0 karbohidrat. 

4. Daging Sapi

Daging sapi merupakan makanan yang rendah karbohidrat namun tinggi protein. Makanan ini memiliki kandungan lain seperti vitamin B12 dan zat besi. Selain memiliki kandungan nutrisi yang baik, daging sapi juga memiliki rasa yang enak sehingga cocok sebagai lauk saat proses diet.

5. Ikan Tuna

Ikan tuna juga masuk dalam kategori makanan yang tidak banyak mengandung karbohidrat. Ikan tuna merupakan sumber asam lemak omega 3 yang bagus untuk tubuh. Mengonsumsi ikan tuna akan membuat perut terasa lebih kenyang dan berenergi.

6. Ikan Salmon

Ikan salmon menjadi makanan favorit hampir semua orang. Selain rasanya yang enak, kandungan nutrisi ikan salmon juga baik seperti asam lemak omega 3, vitamin B12, dan vitamin D3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

7. Kembang Kol

Kembang kol merupakan jenis makanan rendah karbohidrat. Dalam takaran 100 gram kembang kol, hanya terdapat kandungan karbohidrat 5 gram. Namun, sayuran ini memiliki nutrisi lain seperti folat, vitamin C, dan vitamin K.

Tidak sedikit orang-orang yang menjadikan kembang kol sebagai pengganti nasi. Namun untuk rasa lebih enak, kamu bisa mengolahnya menjadi masakan seperti tumisan atau sop. 

8. Tomat

Dalam takaran 100 gram tomat, hanya mengandung 4 gram karbohidrat. Artinya, tomat merupakan makanan dengan kandungan karbohidrat yang rendah. Tomat memiliki kandungan yang cukup banyak seperti vitamin C dan kalium.

Mengonsumsi tomat sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, tomat juga dipercaya mampu melindungi kulit dari sinar UV jika dikonsumsi secara teratur. 

9. Asparagus

Asparagus merupakan makanan yang rendah karbohidrat dan gula. Dalam takaran 100 gram asparagus hanya mengandung 4 gram karbohidrat saja. Namun, jenis sayuran ini memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin C, folat, dan antioksidan karoten.

10. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran hijau yang rendah kandungan karbohidrat. Dalam takaran 100 gram brokoli hanya mengandung sekitar 7 gram karbohidrat saja. Namun, sayuran ini mengandung nutrisi lainnya seperti serat, vitamin K, vitamin C, dan senyawa lain yang dapat mencegah kanker.

Baca Juga: Inspirasi Menu Makan Lansia dari Pagi, Siang, dan Malam.

11. Jamur

Jamur merupakan makanan yang sangat rendah karbohidrat. Dalam takaran 100 gram jamur putih hanya mengandung 3 gram karbohidrat saja. Namun, jamur memiliki kandungan kalium dan beberapa jenis vitamin lainnya yang cukup tinggi.

12. Mentimun

Mentimun salah satu sayuran yang sering dijumpai dalam lalapan. Sayuran ini bisa dikonsumsi secara langsung atau ditambahkan ke beberapa makanan.

Namun tahukah kamu? mentimun memiliki kandungan karbohidrat yang rendah loh. Dalam 100 gram mentimun hanya mengandung 4 gram karbohidrat saja.

13. Stroberi

Stroberi mengandung vitamin C, mangan, dan berbagai antioksidan. Meskipun memiliki banyak nutrisi, namun buah yang satu ini hanya mengandung 8 gram karbohidrat untuk takaran 100 gram. Oleh karena itu, buah ini cocok sebagai cemilan saat diet.

14. Alpukat

Buah alpukat menjadi favorit hampir semua orang. Selain enak dimakan langsung, buah ini juga segar jika diolah menjadi jus. Alpukat salah satu buah yang memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Dalam 100 gram alpukat memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 1,83 gram. Bahkan, buah ini memiliki lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh.

15. Melon

Melon seringkali digunakan sebagai buah untuk cemilan saat diet karena rendah kalori. Dalam 100 gram buah melon, hanya mengandung sekitar 7,26 gram karbohidrat. Buah melon juga dikenal sebagai buah rendah fruktosa yaitu gula alami yang terdapat pada buah.

16. Aprikot

Aprikot masuk dalam kategori makanan yang rendah karbohidrat. Hal ini karena dalam 100 gram buah aprikot hanya mengandung sekitar 11 gram. Buah ini juga mengandung banyak vitamin C dan kalium yang bagus untuk tubuh.

17. Greek Yogurt

Greek yogurt mengandung tinggi protein dan rendah karbohidrat. Dalam takaran 100 gram greek yogurt, hanya mengandung 4 gram karbohidrat. Kamu bisa mengonsumsi greek yogurt saat masa diet dengan menyantap langsung atau dicampur dengan buah lainnya.

18. Umbi-Umbian

Umbi-umbian bisa kamu gunakan sebagai pengganti nasi karena memiliki kadar karbohidrat yang rendah. Jenis karbohidrat dalam umbi-umbian lebih sehat dibandingkan dengan nasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan kamu.

19. Seafood

Tahukah kamu? Jika hampir semua seafood tidak mengandung karbohidrat loh. Seafood juga terkenal sebagai makanan yang tinggi protein dan bernutrisi. Namun tetap saja, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi seafood terlalu banyak mengingat dapat menyebabkan kolesterol.

20. Kacang-Kacangan

Kacangan-kacangan salah satu makanan sehat. Kandungan karbohidrat juga rendah bahkan hampir nol sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari. Contoh kacang yang bisa kamu konsumsi seperti kacang almond, mete, hazelnut, kacang tanah, dan macadamia.

Rekomendasi Artikel: Ini Dia Piramida Gizi Seimbang Menurut Kemenkes.

Nutrisi Baik Susu Etawaku Platinum untuk Tubuh

Bicara soal nutrisi, salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh adalah protein dan kalsium. Nah, Etawaku Platinum sangat cocok untuk kamu konsumsi karena mengandung tinggi nutrisi seperti protein, kalsium, dan berbagai nutrisi baik lainnya.

Susu Etawaku Platinum adalah produk susu kambing etawa murni dengan kombinasi krimer nabati yang rendah gula dan terdapat juga berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, dan B2. 

Oleh karena itu, susu kambing Etawaku Platinum memiliki banyak manfaat yang bagus untuk tubuh seperti menguatkan kepadatan tulang sendi, baik untuk mengatasi masalah pernapasan, menjaga fungsi kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi.

Itulah 20 lebih makanan yang tidak mengandung karbohidrat, jika kamu ingin menerapkan cara ini dalam hal diet ataupun tujuan lainnya, disarankan untuk berkonsultasi langsung dengan ahli nutrisi agar tidak berefek buruk jika salah dalam pemilihan cara.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar