logo etawaku
Search
Close this search box.

Kecerdasan Musikal Adalah: Pengertian, Contoh dan 5 Cara Stimulasi

Setiap potensi pada anak menunjukan jenis kecerdasan yang dimilikinya. Ada berbagai macam jenis kecerdasan pada anak, salah satunya yaitu kecerdasan musikal. Lalu pengertian kecerdasan musikal adalah apa? Yuk Bunda, simak pembahasannya sampai akhir!

Untuk pengertiannya sendiri, ada beberapa versi penjelasan mengenai kecerdasan musikal, yakni:


Menurut Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini mengatakan, kecerdasan musikal adalah kecerdasan pada seseorang dalam mengolah atau memanfaatkan segala sesuatu yang berkaitan dengan nada, suara, dan irama. 

Menurut M. Hari Wijaya, kecerdasan musikal adalah kecerdasan dimana musik dapat menstimulasi kecerdasan otak anak. Dengan memperkenalkan musik pada anak dapat membantu perkembangan daya dengarnya. 

Menurut Mahmudah & Rohmah, kecerdasan musikal berhubungan dengan mengubah, merasakan hingga membeda-bedakan format musik atau nada, memiliki sensitivitas dalam merasakan ritme, tinggi rendah dan warna nada. 


Kecerdasan musikal mencakup kepekaan anak terhadap tinggi rendahnya suara, ritme, perbedaan nada suara, serta kemampuan anak dalam membuat lagu. Jenis kecerdasan ini melibatkan kemampuan mengingat melodi musik, menyanyikan lagu, kepekaan terhadap irama.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan, kecerdasan musikal adalah kemampuan seseorang seseorang dalam mengekspresikan aktivitasnya terhadap musik dan kemampuannya dalam mengingat rangkaian nada serta irama.

Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Menurut Howard Gardner

Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Menurut Howard Gardner

Howard Gardner, seorang psikologi asal Harvard University mengungkapkan, kecerdasan musikal adalah kemampuan mengenai bentuk-bentuk musikal yang dilakukan dengan mempersepsi (penikmat musik), membedakan (kritikus musik), mengubah (komposer), dan mengekspresikan (menyanyi). 

Kecerdasan musikal sendiri dikembangkan oleh Howard Gardner, salah satu perkembangan Multiple Intelegensi yang penting untuk dikembangkan saat anak usia dini. 

Ciri-Ciri Anak yang Memiliki Kecerdasan Musikal

Suyadi mengungkapkan, terdapat setidaknya 6 ciri anak yang memiliki kecerdasan musikal, yaitu:

Ciri Berdasarkan Usia

  • Pada saat anak memasuki usia satu tahun, suka mendengarkan musik dan bertepuk tangan
  • Pada usia 1-2 tahun: anak suka mendengarkan musik, mengikuti irama musik dan bertepuk tangan sesuai dengan irama
  • Usia 2-3 tahun: anak suka mendengar musik, mengikuti irama musik, bertepuk tangan secara variasi, memukul benda dengan membentuk irama serta hobi bernyanyi dan menari. 
  • Usia 3-4 tahun: anak senang menggerakan tangan apabila mendengar musik, mampu menyanyikan lagu sesuai irama, bertepuk tangan membentuk irama, memukul benda sesuai irama 
  • Usia 4-5 tahun: anak sudah bisa mengenal, menyebut nama lagu populer, sering menggerakan badan sesuai irama musik, bisa bernyanyi lagu sesuai irama, mampu memainkan alat musik tertentu dan mulai bisa melukis dengan alat yang bervariasi
  • Usia 5-6 tahun: anak sudah bisa bernyanyi secara berkelompok, bisa mengikuti tari dari lagu, bernyanyi dengan iringan musik dan kemampuan melukis dengan alat dan bahan yang bervariasi

Ciri Umum

Selain itu, ada juga beberapa ciri umum seorang anak dengan kecerdasan musikal:

  • Anak memiliki hobi bernyanyi dan tertarik memainkan alat musik
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi melalui musik
  • Dapat dengan mudah mengenal serta memahami nada dan pola ritme
  • Memiliki pemahaman tentang struktur ritme, nada, dan musik
  • Lebih tertarik untuk mendengarkan instruksi secara lisan daripada tertulis
  • Suka tampil dalam suatu acara
  • Mampu membuat suasana lebih baik
  • Menjadikan musik untuk membangkitkan kepuasan dan pikiran rasional
  • Memiliki kemampuan menulis musik dengan baik
  • Mampu membedakan genre musik

Baca Juga: Ciri Ciri Orang Ber IQ Tinggi.

Anak yang memiliki kecerdasan musikal akan berprofesi sesuai dengan bakatnya ini. Profesi yang cocok seperti guru musik, penyanyi, musisi, komposer, insinyur musik, pemain band, konduktor musik, penari, pembuat alat musik, produser rekaman, direktur paduan suara, penulis lagu, dan lain-lain.

Cara Mengembangkan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini

Cara Mengembangkan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini

Saat bunda melihat ketertarikan anak terhadap musik, maka sangat memungkinkan jika anak memiliki kecerdasan musikal. Untuk mengembangkan minat dan bakatnya tersebut, bunda bisa melakukan:

1. Mengajak ke Pertunjukan Seni

Jika bunda peka terhadap minat anak terhadap seni, bunda dan ayah bisa mengajaknya ke pertunjukan seni seperti konser musik dan paduan suara anak-anak. Dengan begitu, anak bisa mendapat inspirasi dalam mengembangkan bakat mereka.

2. Mendaftarkan Kursus Musik

Supaya bakat anak semakin terasah, bunda bisa mendaftarkan anak ke kursus musik. Hal ini bertujuan agar si kecil belajar mengenai teknik musik langsung dengan ahlinya. Selain itu, juga dapat membantu anak melatih konsentrasi, disiplin, menguatkan memori, dan rasa percaya diri.

3. Menyediakan Alat Musik

Untuk mengembangkan kemampuan anak dalam bidang musik, bunda bisa memberikan fasilitas musik kepada anak. Berikanlah alat musik yang dapat dimainkan setiap hari.

4. Ajak Bernyanyi Bersama

Anak dengan kecerdasan musikal adalah anak yang tertarik dengan musik. Salah satu ciri-cirinya anak cenderung suka bernyanyi. Saat anak mulai bernyanyi, bunda dan ayah bisa ikut bernyanyi bersama. Hal ini menunjukan jika bunda dan ayah tertarik dengan hal yang disukai si kecil.

5. Mendukung Secara Emosional

Dukungan emosional lebih penting daripada dukungan materi. Meskipun sebagai orang tua sudah memberikan berbagai macam fasilitas untuk mendukung minatnya, namun kurang berharga jika anak tidak mendapatkan dukungan secara emosional.

Dukungan emosional bisa bunda dan ayah berikan dengan memuji hasil karyanya, menghadiri pertunjukan seni yang anak ikuti, mendukung si kecil supaya semakin giat belajar, dan menghargai penampilannya.

Etawaku Junior untuk Dukung Kecerdasan Anak

Kelebihan dan kemampuan yang dimiliki anak sudah seharusnya didukung penuh oleh orang tua. Selain memberikan stimulasi yang baik dan tepat, orang tua juga harus memberikan asupan nutrisi yang baik untuk anak. Untuk itu, berikan ia asupan nutrisi dari Susu Etawaku Junior.

Etawaku Junior adalah produk susu kambing yang dikhususkan untuk anak-anak. Etawaku Junior diperkaya dengan kandungan Omega 3 dan DHA, asupan yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan mendukung kecerdasan anak.  

Tak hanya itu, Etawaku Junior juga mengandung Prebiotik (Inulin & FOS) untuk menjaga kesehatan dan melancarkan pencernaan anak. Terdapat 10 vitamin dan 7 mineral untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan anak secara menyeluruh.

Itulah pengertian kecerdasan musikal adalah apa, ciri-ciri, contoh dan cara mengembangkannya. Yuk, Dukung tumbuh kembang dan kecerdasan si kecil demi masa depan cerahnya!

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar