logo etawaku
Search
Close this search box.

Jadwal Pumping Agar ASI Banyak, Jangan Sampai Kehabisan Stok!

Menjaga kualitas ASI merupakan hal penting yang harus bunda perhatikan. Sebab, nutrisi pada ASI akan sangat membantu tumbuh kembang si kecil. Tak hanya itu, bunda juga harus pintar membuat jadwal pumping agar ASI banyak stok untuk anak. Sehingga, kebutuhan nutrisi anak dapat tercukupi dengan baik. 

ASI merupakan nutrisi yang dibutuhkan bayi karena memiliki segudang manfaat. Oleh karena itu, diwajibkan bagi ibu untuk memberikan ASI pada anak dari sejak lahir hingga usia 2 tahun.

Tentu saja, pemberian ASI eksklusif tidak hanya dilakukan langsung dari bunda ke bayi saja. Bunda tetap bisa memberikan si kecil ASI eksklusif dengan cara pompa.

Perlukah Memompa ASI?

Selain bertujuan untuk memenuhi kebutuhan si kecil, pompa ASI juga dilakukan untuk kesehatan bunda. Sebab, bunda harus rutin mengeluarkan ASI supaya tidak terjadi pembengkakan pada payudara.

Tak hanya itu, dengan memompa ASI juga akan mencegah payudara kencang dan mengeras dimana hal itu justru bisa menghambat ASI keluar.

Mengeluarkan atau memompa ASI tidak harus menunggu si kecil minta minum. Bunda bisa memompa ASI saat payudara terasa penuh. Dengan begitu, bunda memiliki stok ASI yang bisa bunda berikan pada si kecil meskipun sedang berada di luar rumah. 

Dari penjelasan di atas, kita jadi mengetahui jika memompa ASI itu penting bagi anak dan ibu. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi bunda untuk membuat jadwal agar ASI banyak untuk stok si kecil. Lalu bagaimana cara menentukan jadwal pumping ASI?

Jadwal Pumping Agar ASI Banyak

jadwal pumping untuk ibu rumah tangga agar ASI banyak

Seperti yang bunda ketahui, ASI merupakan sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan bayi.

Bunda bisa mengawalinya dengan membuat jadwal pumping agar ASI banyak untuk persediaan si kecil. Berikut ini rekomendasi jadwal pumping ASI yang bisa diikuti baik ibu rumah tangga atau pun yang bekerja.

1. Jadwal Pumping ASI Pagi Hari

Produksi ASI di pagi hari biasanya cukup deras karena ASI sedang diproduksi oleh hormon tubuh. Bunda bisa memanfaatkan waktu ini untuk memompa ASI sehingga bisa stok banyak untuk si kecil. Untuk jamnya bisa menyesuaikan (di 60 menit sebelum menyusui atau 30-60 menit setelah menyusui)

2. Jadwal Pumping ASI untuk New Born

Jika bunda baru saja melahirkan anak, maka sangat disarankan untuk rutin melakukan pumping ASI sebanyak 8-12 kali dalam 24 jam. Bunda bisa mengikuti jadwal pumping ASI sebagai berikut:

  • – Pukul 07.00
  • – Pukul 09.00
  • – Pukul 11.00
  • – Pukul 13.00
  • – Pukul 15.00
  • – Pukul 17.00
  • – Pukul 19.00
  • – Pukul 22.00
  • – Pukul 03.00
  • – Pukul 05.00

Selain bertujuan untuk stok ASI, memompa ASI pada ibu yang baru melahirkan juga dapat mencegah masalah pada payudara. Sebab, setelah melahirkan maka produksi ASI cukup deras. Sehingga saat payudara terasa penuh, harus segera dikosongkan. 

3. Jadwal Pumping untuk Bayi MPASI

Bayi yang berusia 6 bulan ke atas sudah waktunya diberikan makanan pendamping ASI atau disebut MPASI. Meskipun frekuensi menyusui berkurang, namun pada fase ini si kecil masih harus diberikan asupan nutrisi ASI. Bunda bisa mengikuti jadwal pumping ASI sebagai berikut:

  • – Pukul 07.00
  • – Pukul 09.00
  • – Pukul 14.00
  • – Pukul 17.00
  • – Pukul 20.00
  • – Pukul 23.00
  • – Pukul 05.00

Baca Juga: Jenis Ikan yang Bagus untuk MPASI.

Berapa Jam Sekali Pompa ASI?

Mungkin tidak sedikit bunda yang belum mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk pompa ASI. Namun, dari penjelasan mengenai jadwal pumping ASI di atas, bunda bisa menarik kesimpulan jika memompa ASI bisa dilakukan setiap dua jam sekali

Yang jelas, pada dasarnya kembali lagi dengan kebutuhan. Sebab, produksi ASI setiap ibu berbeda-beda.

Bunda bisa mulai memompa ASI jika merasa payudara sudah penuh. Hal ini sebaiknya tidak ditunda. Sebab, produksi ASI akan terus berlangsung meskipun payudara sudah terisi penuh dengan ASI. Apabila dibiarkan maka sangat berisiko terjadi pembengkakan pada payudara.

Berapa Lama Pompa ASI?

Tahukah bunda? Memompa ASI ternyata tidak memerlukan waktu yang lama hingga berjam-jam loh. Umumnya, memompa ASI bisa dilakukan selama 15-20 menit. Namun bunda juga bisa menerapkan teknik power pumping. Adapun cara power pumping sebagai berikut:

  • Cara pertama dengan memerah kedua payudara selama 20 menit. Setelah itu istirahat 10 menit
  • Kemudian pompa payudara lagi selama 10 menit. Istirahat selama 10 menit.
  • Setelah itu, perah kembali kedua payudara dan istirahat lagi selama 10 menit.

Tips Memompa ASI Agar Melimpah

Tips Memompa ASI Agar Melimpah

1. Membuat Jadwal Pumping

Atur jadwal pumping agar ASI banyak memang benar faktanya loh. Sebab, memompa ASI dapat merangsang produksi menjadi lebih banyak. Setelah membuat jadwal, bunda harus menerapkan jadwal tersebut dengan tepat waktu ya. Jika terlalu sering melewatkan waktu pompa ASI maka akan berpengaruh pada produksi ASI yang mungkin berkurang.

2. Pijat Payudara

Jika bunda ingin produksi ASI melimpah, maka seringlah melakukan pijat payudara. Memijat payudara dapat menstimulasi kelenjar payudara sehingga membantu untuk memproduksi ASI lebih banyak. 

Pijat payudara bisa dilakukan dengan cara ibu jari berada di atas dan empat jari lainnya berada di bawah payudara. Pijat payudara searah dengan jalan keluar ASI ke puting. Lakukan gerakan pijat dengan benar supaya memberikan efek yang baik bagi ASI.

3. Hindari Stres

Ibu menyusui penting untuk mengelola emosi. Hindari stres berlebih karena akan mempengaruhi produksi ASI. Emosi yang tidak stabil nantinya akan membuat produksi ASI sedikit.

4. Jaga Kesehatan

Saat sedang menyusui, bunda harus menjaga kesehatan sebaik mungkin. Sebab, ibu yang sehat maka anak juga akan sehat. Tak hanya itu, kondisi kesehatan bunda juga dapat mempengaruhi kualitas dan produksi ASI. Kurangilah aktivitas fisik yang berat dan perbanyak istirahat.

5. Perbanyak Minum Air Putih 

Kondisi bunda saat menyusui harus stabil dan jangan sampai terkena dehidrasi. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air putih dan hindari berbagai macam minuman yang meningkatkan risiko iritasi seperti soda dan kopi.

6. Makananan Berprotein 

Tahukah bunda? Asupan makanan yang masuk dalam tubuh dapat mempengaruhi produksi ASI loh.

Oleh karena itu, saat fase menyusui sangat disarankan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi protein, seperti ikan, telur, ayam, kacang-kacangan, tahu, dan lain-lain. Makanan dengan kandungan tinggi protein juga dapat membangun dan memperbaiki jaringan kelenjar susu.

Etawaku Platinum Sebagai Booster ASI

ASI merupakan asupan nutrisi yang penting untuk si kecil. Untuk menjaga kualitas serta produksi ASI melimpah, bunda bisa menerapkan gaya hidup sehat dan mengonsumsi asupan bergizi seperti Etawaku Platinum.

Susu Etawaku Platinum adalah produk susu kambing etawa murni dengan kombinasi krimer nabati yang memiliki nutrisi 3x lebih baik dari susu sapi, sehingga kaya akan manfaat. Salah satu manfaat susu kambing Etawaku Platinum yaitu dapat meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

Rutin mengonsumsi susu Etawaku Platinum 2 sendok makan sebanyak 3x sehari, dapat memberikan pengaruh untuk produksi ASI menjadi lebih banyak. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi si kecil akan terpenuhi setiap harinya.

Tak hanya itu saja, susu Etawaku Platinum juga memberikan manfaat lainnya seperti meningkatkan kepadatan tulang sendi, mengatasi masalah pernapasan, menambah stamina, dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Baca Juga: Susu Tulang untuk Ibu Menyusui.

Setelah memahami jadwal pumping agar asi banyak, bagi Bunda yang juga memberikan susu formula untuk anak, Bunda bisa baca penjelasan penting seputar berapa lama susu formula bertahan.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar