logo etawaku
Search
Close this search box.

10+ Jenis Ikan yang Bagus untuk MPASI, Bunda Harus Coba!

Ikan merupakan salah satu makanan yang apabila dikonsumsi memiliki banyak manfaat, tak terkecuali bagi anak. Tidak harus jenis ikan yang mahal, namun ikan murah yang ada di pasar pun memiliki kandungan nutrisi tinggi.

Nah, sebagai orang tua, bunda bisa memberikan ikan sebagai asupan makan sejak usia 6 bulan (sebagai MPASi). Lalu, apa jenis ikan yang bagus untuk mpasi ya? Simak artikel ini sampai selesai ya.

Memiliki anak yang masih dalam masa pertumbuhan memang harus diperhatikan asupan nutrisinya. Asupan nutrisi dan gizi yang seimbang nantinya dapat mendukung tumbuh kembang si kecil.

Kenapa Harus Ikan Untuk MPASI?

Tahukah bunda, kalau ikan memiliki nutrisi lengkap seperti tinggi protein, asam lemak tak jenuh, omega, zat besi, magnesium, zinc, dan nutrisi lainnya yang bagus untuk pertumbuhan anak? Dari kandungan tersebut, ikan memiliki banyak manfaat yang baik untuk anak seperti:

1. Memelihara Fungsi dan Kesehatan Otak

Ikan mengandung omega 3 yang berfungsi memelihara dan menjaga kesehatan otak.  Oleh karena itu, rutin mengonsumsi ikan dapat membantu mencerdaskan otak anak, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan kemampuan berpikirnya.

Selain itu, rutin konsumsi ikan juga dapat terhindar dari penyakit demensia yang disebabkan karena daya ingat menurun. 

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Saat anak berada pada fase pertumbuhan tentunya akan lebih aktif dan suka mengeksplor sesuatu yang baru di sekitarnya. Supaya anak bisa tetap aktif tanpa sakit, maka butuh asupan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Ikan salah satu asupan yang dibutuhkan anak saat berada pada masa pertumbuhan, sebab mengandung tinggi protein dan kaya akan vitamin yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, si kecil tidak akan mudah sakit.

3. Memelihara Kesehatan Mata

Ikan mengandung vitamin A yang bagus untuk memelihara kesehatan mata. Tidak hanya itu, kandungan vitamin A pada ikan juga dapat mencegah risiko gangguan penglihatan dini seperti mata rabun. 

4. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidak sedikit bunda yang mengeluhkan soal kualitas tidur anak. Apabila kualitas tidur anak tidak baik, maka dapat menyebabkan si kecil sulit berkonsentrasi saat belajar hingga mampu menurunkan daya ingat. 

Oleh karena itu, bunda perlu memberikan ikan untuk dikonsumsi anak karena dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Mengapa demikian? Sebab, ikan mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi yang berfungsi untuk mengembangkan fungsi kognitif dan memperbaiki kualitas tidur si kecil.

5. Sumber Vitamin D untuk Pertumbuhan Tulang

Saat masa pertumbuhan, anak memerlukan sumber vitamin D yang mampu membantu pertumbuhan tulangnya. Mengonsumsi ikan dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan dan membantu pembentukan tulang dan gigi.

Melihat manfaat diatas, tentunya bunda menjadi paham jika ikan memiliki banyak manfaat untuk anak saat masa pertumbuhan. Oleh karena itu, bunda bisa mulai memberikan ikan sebagai asupan makanan sejak usia 6 bulan pada masa MPASI. Tetapi boleh gak si memberikan MPASI ikan setiap hari pada anak?

Bolehkah MPASI Ikan Setiap Hari?

Bolehkah MPASI Ikan Setiap Hari

Mengenalkan ikan pada anak seharusnya dilakukan sejak dini atau saat MPASI. Namun perlu bunda ingat, memberikan ikan boleh dilakukan setelah mengenalkan anak kepada beberapa jenis makanan yang tidak menimbulkan alergi seperti buah dan sayur. 

Sebelum mengonsumsi ikan, bunda juga harus memastikan jika si kecil tidak memiliki alergi apapun. Apabila bunda merasa si kecil tidak memiliki alergi, maka bunda boleh memberikan ikan saat MPASI.

Lalu boleh tidak anak mengonsumsi ikan setiap hari?

Bunda boleh memberikan ikan sebagai asupan makanan setiap hari asal jenis ikan yang dipilih aman. Beberapa sumber mengatakan jika konsumsi ikan setiap hari lebih sehat daripada mengonsumsi daging.

Namun tetap saja, bunda harus memperhatikan kelengkapan nutrisi anak dengan makanan lainnya. Supaya anak mendapat gizi lengkap, bunda bisa memberikan anak ikan dan sayur di waktu yang bersamaan. 

Meskipun ikan aman dikonsumsi untuk anak kecil, namun pastikan anak makan ikan dengan porsi yang tepat supaya mendapat manfaat yang tepat juga. Dilihat dari faktor usia, berikut porsi anak makan ikan yang bisa dijadikan panduan:

  • Usia 6-8 bulan sekitar 30-45 gram 
  • Usia 9-11 bulan sekitar 45-60 gram
  • Usia 1-3 tahun sekitar 100 gram
  • Usia 4-7 tahun sekitar 200 gram
  • Usia 8-10 tahun sekitar 300 gram 

Sebagai orang tua, pasti bunda merasa bingung juga memilih ikan yang bagus untuk MPASI. Lalu jenis ikan apa saja yang direkomendasikan untuk anak?

Jenis Ikan yang Bagus untuk MPASI

Apabila bunda bingung memilih jenis ikan yang bagus untuk MPASI, berikut ini rekomendasi yang bisa bunda pilih.

1. Salmon

Salom memiliki kandungan lemak tak jenuh omega 3 yang baik untuk perkembangan otak bayi. Bunda bisa menyajikan salmon beberapa kali dalam seminggu. Perlu diketahui dalam 100 gram ikan salmon mengandung: 

  • Energi: 142 kalori
  • Protein: 19,8 gram
  • Lemak: 6,34 gram
  • Kalsium: 12 mg
  • Kalium: 490 mg
  • Fosfor: 200 mg

2. Tuna

Tuna mengandung omega 3 yaitu asam docosahexaenoic (DHA) yang cukup tinggi. Tak hanya itu, tuna memiliki kandungan lainnya. Dalam 100 gram ikan tuna mengandung:

  • Energi: 85 kalori
  • Protein: 19 gram
  • Lemak: 0,94 gram
  • Karbohidrat: 0,08 gram
  • Kalsium: 18 mg
  • Kalium: 176 mg
  • Fosfor: 137 mg
  • Zat besi: 1,67 mg

Kandungan omega 3 pada ikan tuna dapat membantu perkembangan otak bayi serta mampu melindungi kesehatan jantung dengan menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

3. Sarden

Ikan Sarden memiliki kandungan omega 3 yang bagus untuk untuk kembang si kecil. Dalam 100 gram ikan sarden mengandung:

  • Energi: 109 kalori
  • Protein: 19,9 gram
  • Lemak: 1,8 gram
  • Karbohidrat: 3,4 gram
  • Kalsium:95 mg
  • Kalium: 227 mg
  • Fosfor:597 mg
  • Zat besi: 1,3 mg

Namun, disarankan untuk tidak memberikan ikan sarden kalengan karena berisiko terpapar Bisphenol A (BPA). 

4. Ikan Dori

Ikan dori atau yang lebih dikenal ikan patin adalah salah satu ikan yang harus masuk dalam menu MPASI. Dalam 100 gram ikan dori mengandung:

  • Energi: 132 kalori
  • Protein: 17 gram
  • Lemak:6,6 gram
  • Karbohidrat: 1,1 gram
  • Kalsium: 31 mg
  • Kalium: 346 mg
  • Fosfor: 173 mg
  • Zat besi: 1,6 mg

Meskipun ikan dori tidak memiliki kandungan omega 3, namun mengandung protein yang tinggi. Kandungan protein ini bermanfaat dalam mendukung tumbuh kembang si kecil.

5. Ikan Lele

Ikan lele salah satu ikan yang mudah ditemukan dengan harga yang sangat terjangkau. Meskipun begitu, lele menjadi ikan yang memiliki banyak nutrisi. Dalam 100 gram lele mengandung:

  • Energi: 372 kalori
  • Protein: 7,8 gram
  • Lemak: 36,3 gram
  • Karbohidrat: 3,5 gram
  • Kalsium: 289 mg
  • Fosfor: 295 mg
  • Zat besi: 5,3 mg

Protein dan lemak yang tinggi pada ikan lele sangat bagus untuk si kecil. Oleh karena itu, bunda perlu memasukan ikan lele pada menu MPASI si kecil.

6. Ikan Gabus

Rekomendasi selanjutnya yaitu ikan gabus. Ikan ini memiliki beberapa kandungan nutrisi yang bagus untuk tumbuh kembang anak. Dalam 100 gram ikan gabus mengandung:

  • Energi: 80 kalori
  • Protein: 16,2 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Karbohidrat: 2,6 gram
  • Kalsium: 170 mg
  • Kalium: 254 mg
  • Fosfor: 139 mg
  • Seng: 0,4 mg

Kandungan nutrisi di atas juga bermanfaat untuk kesehatan saraf dan otak. Tak hanya itu, albumin pada ikan gabus membantu pembentukan sel darah putih yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Dampak Pemberian ASI Diselingi Susu Formula, Bahayakah?

7. Ikan Teri

Meskipun kecil dan rasanya asin, namun ikan teri memiliki banyak nutrisi. Dalam 100 gram ikan teri mengandung: 

  • Energi: 74 kalori
  • Protein: 10,3 gram
  • Lemak: 1,4 gram
  • Karbohidrat: 4,1 gram
  • Kalsium: 972 mg
  • Kalium: 126,1 mg
  • Fosfor: 253 mg
  • Zat besi: 3,9 mg

Bunda bisa menjadikan ikan teri sebagai penambah asin pada makanan. Apabila menurut bunda rasanya masih terlalu asin, sebelum diolah rendam dulu menggunakan air hangat.

8. Ikan Bandeng

Ikan bandeng memiliki daging yang cukup tebal dan rasa yang enak. Tak hanya itu, ikan bandeng juga memiliki banyak nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan. Dalam 100 gram ikan bandeng mengandung:

  • Energi: 123 kalori
  • Protein: 20 gram
  • Lemak:4,8 gram
  • Kalsium: 20 mg
  • Kalium: 271,1 mg
  • Fosfor: 150 mg
  • Zat besi: 2 mg

Ikan bandeng cocok dijadikan menu MPASI anak karena memiliki nutrisi yang dapat membantu perkembangan otak bayi dan pertumbuhan otot.

9. Ikan Mas

Ikan ini memiliki duri yang halus dan banyak. Walaupun begitu, ikan mas memiliki banyak kandungan yang bermanfaat. Dalam 100 gram ikan mas mengandung:

  • Energi: 86 kalori
  • Protein: 16 gram
  • Lemak: 2 gram
  • Kalsium: 20 mg
  • Kalium: 276,7 mg
  • Fosfor: 150 mg
  • Zat besi: 2 mg

Bunda bisa menjadikan ikan mas sebagai pilihan menu untuk MPASI anak. Namun pastikan mengolahnya dengan benar supaya aman dikonsumsi si kecil.

10. Ikan Kembung

Ikan kembung kaya akan omega 3 yang bagus untuk anak. Dalam 100 gram ikan kembung mengandung:

  • Energi: 125 kalori
  • Protein: 21,3 gram
  • Lemak: 3,4 gram
  • Karbohidrat: 2,2 gram
  • Kalsium:136 mg
  • Kalium: 245 mg
  • Fosfor: 68 mg
  • Zat besi: 0,8 mg

Dengan kandungan di atas, ikan kembung memiliki banyak manfaat untuk perkembangan otak anak, meningkatkan pertumbuhan mata dan tulang, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Rekomendasi Artikel: Tabel Menu MPASI 4 Bintang untuk Si Kecil.

11. Ikan Tongkol

Dengan harga yang murah, bunda bisa membantu memenuhi kebutuhan si kecil dengan menu ikan tongkol. Dalam 100 gram ikan tongkol mengandung:

  • Energi: 100 kalori
  • Protein: 13,7 gram
  • Lemak: 1,5 gram
  • Karbohidrat: 8,0 gram
  • Kalsium: 92 mg
  • Kalium: 227,0 mg
  • Fosfor: 606 mg
  • Zat besi: 1,7 mg

Ikan tongkol bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi. Tak hanya itu, kandungan kalsium yang tinggi juga mampu menjaga kesehatan tulang si kecil. 

Penuhi Asupan Nutrisi Anak dengan Etawaku Junior

Untuk memenuhi asupan nutrisi si kecil, bunda bisa menyediakan berbagai macam makanan dari sayur, buah, daging, dan ikan. Selain itu, bunda juga bisa memberikan susu Etawaku Junior untuk melengkapi gizi anak.

Etawaku Junior adalah produk susu anak yang terbuat dari susu kambing etawa. Susu ini dikombinasikan dengan rasa vanila sehingga menghasilkan rasa yang enak untuk anak.

Tak hanya itu, kandungan nutrisi Etawaku Junior juga lengkap. Etawaku Junior diperkaya kandungan Kalsium, Zinc, Prebiotik (Inulin & FOS), 10 Vitamin, 7 Mineral, Omega 3, dan DHA untuk mendukung perkembangan otak dan pertumbuhan anak.

Selain mengetahui apa saja jenis ikan yang bagus untuk MPASI, pastikan Bunda mengolahnya dengan benar. Biasanya, karakteristik ASI seperti tekstur dapat berbeda sesuai umurnya.

Artikel berikut mungkin bisa membantu Bunda:

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar