logo etawaku
Search
Close this search box.

16+ Ciri Ciri Orang Ber IQ Tinggi, Apakah Ada Pada Anak Bunda?

Tahukah Bunda, kalau kemampuan atau kebiasaan tertentu yang dilakukan si kecil bisa menjadi ciri ciri orang ber IQ tinggi? Oleh karena itu, Bunda wajib paham agar bisa mengenali dan bisa mendukungnya dengan mengasah kemampuan tersebut sejak kecil.

IQ merupakan singkatan dari Intelligence Quotient, artinya standar angka yang bertujuan untuk menilai kecerdasan mental serta intelegensi seseorang. 

Berapa IQ Dikatakan Tinggi?

Setiap orang memiliki skor kecerdasan yang berbeda-beda, berikut indikator skor untuk menggambarkan tingkat kecerdasan seseorang:

IQ < 70Rendah atau kecenderungan disabilitas intelektual (intelegensi di bawah rata-rata)
IQ 70-84Rendah namun masuk kategori normal (dull normal)
IQ 85-114Kecerdasan normal atau rata-rata
IQ 115-129Kecerdasan normal sedikit di atas rata-rata (bright normal)
IQ 130-144Kemampuan kecerdasan di atas rata-rata (gifted)
IQ > 144Jenius (highly gifted)

Dari gambaran indikator di atas, seseorang dapat dikatakan memiliki IQ tinggi apabila memiliki skor IQ > 130.

Jika melihat indikator skor IQ diatas, kita jadi mengetahui jika IQ normal anak ada pada angka 85-114.

Ciri Ciri Orang Ber IQ Tinggi

tanda tanda orang dengan IQ tinggi

Tidak hanya dilihat dari skor IQ, ternyata perilaku atau kebiasaan anak juga bisa menunjukan kemampuan kecerdasannya loh. Anak yang memiliki IQ tinggi akan memperlihatkan kemampuan yang luar biasa dan berbeda dengan anak lainnya. Lalu apa saja ciri-ciri orang ber IQ tinggi?

1. Idealis Tinggi

Anak-anak yang memiliki IQ tinggi secara alamiah memiliki sifat idealis. Meskipun masih kecil, namun anak-anak dengan IQ tinggi sudah memiliki pandangan hidup yang jelas. Bahkan, si kecil sudah bisa membayangkan tentang cita-cita yang ia mau dan memahami tentang bagaimana cara mencapainya.

Meskipun usianya yang masih dini, namun anak yang cerdas sudah memiliki naluri untuk menalar dan memunculkan ide-ide secara alamiah. 

2. Memiliki Pengendalian yang Sangat Baik

Dalam sebuah penelitian, jika anak dengan IQ tinggi memiliki kemampuan mengelola dan mengendalikan diri sendiri yang lebih baik dibandingkan dengan rata-rata anak di usianya. 

Kemampuan pengendalian diri yang baik akan mempengaruhi motivasi tinggi si kecil dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Motivasi yang tinggi juga mampu membuat si kecil lebih berkonsentrasi yang lebih baik. 

3. Perfeksionis

Selain memiliki sifat yang idealis, anak dengan IQ tinggi biasanya juga memiliki sifat perfeksionis. Namun, sifat si kecil yang idealis dan perfeksionis dapat membuat anak terlalu memforsir dirinya untuk mencapai hal yang diinginkan.

Oleh karena itu, penting bagi bunda dan ayah untuk mendampingi si kecil dan memberikan pengertian pada anak untuk tidak perlu memaksakan diri. 

4. Cara Berkomunikasi yang Baik

Anak yang memiliki kecerdasan tinggi cenderung memiliki cara komunikasi yang baik dengan orang lain. Hal ini bisa dilihat dari cara si kecil berinteraksi, berargumen, dan menerima informasi yang lebih baik dari pada anak seumurannya. 

5. Memiliki Moral yang Baik

Anak dengan IQ tinggi sudah bisa memilah mana yang baik dan buruk. Apabila ada sesuatu yang tidak sesuai dengan pedoman hidupnya, ia akan menanyakannya ke orang tua.

Namun, dengan prinsip yang dimiliki si kecil, dapat membuatnya berpikir dua kali sebelum bertindak atau berbicara agar tidak melukai perasaan orang lain.

6. Memiliki Empati Tinggi

Biasanya anak yang memiliki IQ tinggi memiliki empati yang tinggi. Anak memiliki rasa kepekaan terhadap diri sendiri maupun orang lain. Sifat empati anak akan membentuknya menjadi pribadi yang tidak merugikan orang lain.

7. Selalu Berhati-Hati

Karena sifat empatinya yang tinggi, si kecil juga menjadi orang yang selalu berhati-hati dalam melakukan tindakan. Ia memiliki kemampuan untuk mengatur emosi dan tindakannya agar tidak menyakiti orang lain serta merugikannya di kemudian hari.

8. Daya Ingat Tinggi

Anak yang memiliki IQ tinggi biasanya juga memiliki daya ingat yang bagus. Hal inilah yang membuat si kecil mampu mempelajari berbagai macam hal baru lebih cepat daripada anak seusianya. 

Di usianya yang masih kecil, anak sudah mampu menangkap poin penting dari pembicaraan atau informasi yang didapat.

Selain itu, kemampuan daya ingat yang tinggi membuat anak mudah mengingat tanpa harus mempelajari kembali hal yang sudah dipelajari.

9. Memiliki Atensi Tinggi

Ciri ciri orang ber IQ tinggi selanjutnya yaitu atensi tinggi. Berbeda dengan anak yang lainnya, apabila si kecil ber IQ tinggi, cenderung memiliki atensi yang tinggi pada bidang yang ia minati. 

10. Berpikir Logis

Meskipun usianya masih kecil, namun anak dengan IQ tinggi sudah mampu berpikir logis dan penalaran yang baik terhadap sesuatu yang abstrak, seperti emosi, waktu, dan lain-lain. 

11. Lancar Berbicara

Daya ingat serta konsentrasi yang baik membuat si kecil mampu menampung banyak kosakata di usianya. Bahkan, ia sudah bisa menyusun kalimat yang baik dibandingkan dengan teman se-usianya. 

Tidak hanya lancar berbicara saja, namun anak dengan IQ tinggi biasanya memiliki kemampuan dalam bercerita, mendiskusikan masalah, serta menjelaskan ide-ide kreatif yang mereka miliki.

12. Selera Humor Tinggi

Karena kemampuan berbicara serta berbahasanya yang baik dibandingkan dengan anak-anak lain, sehingga si kecil memiliki selera humor yang tinggi dan memahami humor aneh seperti orang dewasa.

13. Cepat Bosan dan Individualis

Si kecil cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga ia akan fokus dengan masalah tersebut dan berusaha mencari jawaban yang dicari. Namun di satu sisi, si kecil juga cepat bosan, sebab mampu memecahkan masalahnya sendiri.

14. Suka Berteman dengan yang Lebih Tua

Orang ber IQ tinggi juga bisa dilihat dari caranya berteman. Kecerdasan yang dimiliki si kecil dapat mempengaruhi cara bertemannya. Ia cenderung akan lebih suka berteman dengan yang lebih tua dibandingkan dengan teman sebayanya. 

15. Hobi Membaca

Dibandingkan dengan bermain, orang ber IQ tinggi akan lebih suka membaca buku. Si kecil tertarik dengan berbagai bacaan dan akan meluangkan waktu untuk membaca dibandingkan dengan bermain. 

16. Mampu Menguasai Bahasa Asing

Dengan daya ingat serta kemampuan yang baik dalam memahami sesuatu, anak dengan IQ tinggi akan lebih cepat menguasai bahasa asing. Maka dari itu, Bunda sebagai orang tua bisa mulai mengenalkan bahasa saat usia dini. 

Baca Juga: Kecerdasan Visual Spasial.

Kebiasaan Orang Ber IQ Tinggi

Kebiasaan Orang Ber IQ Tinggi

Meskipun IQ tinggi menggambarkan seseorang yang hobi belajar, rapi, dan perfeksionis, namun ternyata mereka juga memiliki kebiasaan yang sama dengan orang sebayanya, seperti:

1. Berantakan

Faktanya tidak sedikit juga orang dengan kecerdasan diatas rata-rata memiliki kebiasaan berantakan. 

2. Sering Begadang

Orang dengan IQ juga tidak memiliki jam tidur yang banyak. Mereka suka dengan suasana malam untuk melakukan hal produktif. Tidak heran mereka sangat sering begadang.

3. Berbicara Sendiri

Kebiasan lain yang sering dilakukan oleh anak dengan IQ tinggi yaitu berbicara sendiri. Tidak hanya berbicara secara lisan, namun juga berbicara sendiri dalam hati. 


Rekomendasi untuk Bunda: Mengenal Preschool untuk Mendukung Pendidikan Anak.

Bagaimana Cara Mengetahui IQ Diri Sendiri?

Untuk mengetahui berapa skor IQ yang kita miliki, maka harus mengikuti tes IQ melalui psikologi. Ada beberapa situs yang bisa digunakan untuk melakukan tes IQ, namun biasanya kurang akurat.

Apabila ingin hasil yang pasti lengkap dengan penjelasan yang mudah dipahami, maka lebih baik mengikuti tes IQ melalui psikologi.

Tapi perlu diketahui, jika skor IQ bukanlah patokan kecerdasan seseorang. Masih ada banyak yang memengaruhi.

Etawaku Junior untuk Kecerdasan Anak

Kelebihan dan kemampuan yang dimiliki anak sudah seharusnya didukung penuh oleh orang tua. Selain memberikan stimulasi yang baik dan tepat, orang tua juga harus memberikan asupan nutrisi yang baik untuk anak. Salah satunya dengan memberikan ia Susu Etawaku Junior.

Etawaku Junior adalah produk susu kambing yang dikhususkan untuk anak-anak. Kandungan nutrisi pada susu kambing Etawaku Junior lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi biasanya.

Salah satu nutrisi penting yang ada dalam Etawaku Junior yakni adanya Omega 3 dan DHA, asupan yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan menjaga daya tahan tubuh agar lebih optimal.

Itulah ciri ciri orang ber IQ tinggi yang belum banyak orang tahu. Jika bunda menyadari si kecil memiliki kecerdasan yang lebih dibandingkan dengan anak lain, maka berikan stimulasi dan bantu kembangkan kemampuan anak.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar